Aplikasi Kasir Gratis untuk Toko Kelontong dan Warung

Aplikasi Kasir Gratis untuk Toko Kelontong dan Warung

Aplikasi Kasir Gratis untuk Toko Kelontong dan Warung

Apakah Anda memiliki toko kelontong atau warung dan ingin meningkatkan keuntungan? Jika iya, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir gratis. Cari tahu di artikel ini bagaimana menggunakan aplikasi kasir gratis untuk meningkatkan keuntungan toko kelontong dan warung, yuk.

7 Cara Meningkatkan Keuntungan Toko Kelontong dan Warung Menggunakan Aplikasi Kasir Gratis

1. Proses Melayani Pelanggan Harus Cepat Tanpa Antri

Agar toko kelontong atau warung bisa mendapatkan banyak untung, Anda perlu memastikan pelayanan terhadap pelanggan bagus dan cepat.

Jadi, pelanggan tinggal melakukan pembelian, bayar di kasir tanpa antri, dan proses transaksi selesai.

Ketika pelanggan merasa senang dengan layanan yang didapatkan di toko kelontong atau warung Anda, besok-besok ia bisa saja kembali. Bahkan, ia tak segan merekomendasikan toko Anda kepada orang lain.

Cara tercepat untuk melayani pelanggan dan bisa mencegah terjadinya antrian ya dengan menggunakan aplikasi kasir gratis. Aplikasi ini membantu Anda menghitung penjualan dengan lebih efisien sekaligus bisa meminimalkan terjadinya salah hitung.

Fungsi Aplikasi Kasir

2. Mencatat Semua Transaksi dan Mengelola Stok

Aplikasi kasir akan membantu Anda mencatat semua transaksi, mulai dari transaksi penjualan setiap hari, transaksi pembelian barang dari supplier, persediaan barang (jumlah stok barang), dan sebagainya.

Bahkan, Anda bisa mencatat harga modal per produk dan harga jualnya sekaligus. Dengan pencatatan yang detail dan terperinci, Anda jadi lebih mudah mengetahui kondisi keuangan bisnis, apakah selama ini sudah untung atau rugi.

3. Mengetahui Perbedaan Satuan Barang (UOM) dalam Penjualan

Pada aplikasi kasir terdapat product set yang dirancang untuk menghitung secara otomatis dan real time atas barang keluar karena adanya penjualan.

Artinya, setiap terjadi transaksi penjualan, jumlah stok barang akan langsung berkurang sesuai jumlah barang yang keluar.

4. Discount Quantity untuk Mendorong Lebih Banyak Penjualan

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di aplikasi kasir gratis, yaitu fitur discount quantity (kuantitas diskon). Anda tinggal melakukan pengaturan nominal diskon untuk jumlah barang tertentu.

Nanti saat terjadi transaksi, aplikasi kasir akan secara otomatis mencantumkan jumlah diskon yang didapatkan pelanggan. Cara ini cukup ampuh untuk mendorong pembeli melakukan lebih banyak pembelian sehingga keuntungan Anda pun jadi bertambah.

5. Evaluasi Barang Laku dan Stok Barang

Memantau ketersediaan stok barang laris juga bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Pastikan barang yang laris selalu tersedia sehingga kapanpun pelanggan membutuhkannya, mereka bisa langsung mendapatkannya.

Sementara barang yang kurang laris, segera habiskan dengan cara melakukan promosi atau menjual dengan harga diskon. Tujuannya, agar perputaran arus kas bisa lancar dan uang Anda tidak berdiam lama dalam bentuk barang.

Selain itu, jangan sampai juga Anda mengalami kerugian akibat barang rusak atau expired gara-gara disimpan terlalu lama dan tidak ada yang beli.

Evaluasi Stok Barang Dengan Aplikasi Kasir

6. Otomatisasi untuk Pembuatan Laporan Keuangan

Jika Anda terbiasa melakukan perhitungan transaksi harian, maka penggunaan aplikasi kasir gratis bisa secara otomatis menampilkan laporan transaksi secara real time kapanpun Anda butuh melihatnya.

Laporan transaksi tersebut bahkan dapat menampilkan jumlah transaksi yang terjadi, nominal uang yang didapatkan, baik secara tunai maupun non tunai, bahkan besar diskon yang diberikan kepada pelanggan.

Di akhir bulan, seluruh laporan keuangan secara lengkap beserta data laba rugi juga bisa Anda dapatkan dari data transaksi yang tercatat di aplikasi kasir. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot lagi membuat laporan keuangan secara manual.

7. Menambah Produk Baru

Penambahan produk baru, apalagi yang sedang tren banyak dicari pelanggan, juga dapat meningkatkan keuntungan toko kelontong atau warung. Namun jika baru pertama, sediakan dalam jumlah yang tak terlalu banyak dulu sembari Anda melakukan tes pasar.

Kalau sudah terbukti barang tersebut memang laris, baru Anda sediakan dalam jumlah banyak. Semakin banyak penjualan yang terjadi, sudah tentu keuntungan usaha yang Anda dapatkan juga akan bertambah.

Apakah Anda pemilik toko kelontong atau pemilik warung yang ingin meningkatkan keuntungan usaha?Jika iya, terapkan 7 cara di atas. Jangan lupa, gunakan aplikasi kasir gratis untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efektif. Cari tahu lebih banyak tentang aplikasi kasir untuk toko kelontong dan warung, atau jika Anda punya bisnis online, bisa pula membaca artikel berikut: Tips Ampuh Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp