Aplikasi Kasir Gratis untuk Toko Kelontong dan Warung

aplikasi kasir untuk toko kelontong dan warung

Aplikasi Kasir Gratis untuk Toko Kelontong dan Warung

Kesuksesan bisnis terletak pada bagaimana Anda mengelola, mengatur, bahkan melakukan pencatatan keuangan yang detail. Tanpa adanya laporan keuangan, terutama laporan transaksi penjualan dan catatan keluar masuk barang, akan sulit mengetahui bisnis Anda sebenarnya untung atau rugi. Nah, bagaimana cara praktis mengelola bisnis? Apa fungsi aplikasi kasir untuk toko kelontong dan warung? Cari tahu jawaban lengkapnya di artikel ini.

Cara Praktis Mengelola Bisnis

Jika Anda adalah pemilik toko kelontong atau pemilik warung dan ingin mengelola usaha dengan lebih mudah, maka sudah waktunya Anda menggunakan aplikasi kasir.

“Saya gaptek, nggak paham teknologi.”
“Saya belum ngerti yang digital-digital.”

Mungkin dua kalimat di atas sering Anda ucapkan saat mendengar tentang penggunaan aplikasi untuk mengelola toko kelontong atau warung. Tapi itu dulu, kan? Sekarang sudah banyak kok aplikasi kasir yang bisa digunakan cukup melalui smartphone android. Cara menggunakannya juga mudah karena begitu Anda unduh, aplikasi kasir bisa langsung Anda gunakan.

Fungsi Aplikasi Kasir untuk Toko Kelontong dan Warung

Fungsi Aplikasi Kasir

1. Mencatat Semua Transaksi

Aplikasi kasir akan membantu Anda mencatat semua transaksi, mulai dari transaksi penjualan setiap hari, transaksi pembelian barang dari supplier, persediaan barang (jumlah stok barang), dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa mencatat harga modal per produk dan harga jualnya sekaligus. Dengan pencatatan yang detail dan terperinci, tentu memudahkan Anda mengetahui semua laporan transaksi untuk melihat keuntungan maupun kerugian yang terjadi...

2. Mengetahui Perbedaan Satuan Barang (UOM) dalam Penjualan

Pada aplikasi kasir terdapat product set yang dirancang untuk menghitung secara otomatis dan real time atas barang keluar karena adanya penjualan. Artinya, setiap terjadi transaksi penjualan, jumlah stok barang akan langsung berkurang sesuai jumlah barang yang keluar.

3. Discount Quantity untuk Mendorong Lebih Banyak Penjualan

Salah satu fitur dalam aplikasi kasir yang bisa membantu Anda mendorong terjadinya penjualan yang lebih banyak adalah fitur discount quantity (kuantitas diskon). Anda tinggal melakukan pengaturan nominal diskon untuk jumlah barang tertentu. Nanti saat terjadi transaksi, aplikasi kasir akan secara otomatis mencantumkan jumlah diskon yang didapatkan pelanggan. Cara ini cukup ampuh untuk mendorong pembeli melakukan pembelian lebih banyak. Anda pun jadi bisa meningkatkan lebih banyak penjualan.

4. Transaksi Lebih Cepat dengan Dukungan Barcode Scanner

Akan merepotkan jika setiap ada pelanggan yang melakukan pembelian, lalu Anda harus mencari dulu harga produk, memasukkan nama produk, atau malah menghitung dulu secara manual jumlah barang yang tersedia. Supaya lebih efisien dan cepat, aplikasi kasir sudah didukung penggunaan barcode scanner. Anda tinggal scan barcode, maka nama produk, harga produk, bahkan diskon, bisa langsung tercantum pada nota transaksi. Kemudian, Anda tinggal cetak nota penjualan.

5. Evaluasi Barang Laku dan Stok Barang

Aplikasi kasir memungkinkan pemilik usaha mencari tahu barang apa saja yang paling sering dibeli pelanggan dan barang mana saja yang tidak. Selain itu, jumlah sisa barang yang tersedia di gudang juga bisa langsung diketahui dari data yang tercatat di aplikasi kasir tanpa Anda harus datang sendiri ke gudang.

Evaluasi Stok Barang Dengan Aplikasi Kasir

6. Otomatisasi untuk Pembuatan Laporan Keuangan

Jika Anda terbiasa melakukan perhitungan atas transaksi harian yang terjadi, maka aplikasi kasir bisa secara otomatis menampilkan jumlah transaksi yang terjadi, nominal uang yang didapatkan baik secara tunai maupun non tunai, bahkan besar diskon yang diberikan kepada pelanggan. Di akhir bulan, seluruh laporan keuangan secara lengkap beserta data laba rugi juga bisa Anda dapatkan dari data transaksi yang tercatat di aplikasi kasir. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot lagi membuat laporan keuangan secara manual.

7. Mencatat dan Mengelola Data Karyawan

Pengelolaan data karyawan menggunakan aplikasi kasir tidak hanya mencatat identitas diri atau pembuatan akun kasir saja. Aplikasi kasir juga bisa membantu Anda melakukan pengawasan terhadap operasional toko, pencatatan penjualan yang dilakukan karyawan, bahkan mencatat absensi dan kehadiran karyawan.

Apakah Anda pemilik toko kelontong atau pemilik warung yang seringkali kewalahan melakukan pencatatan dan perhitungan transaksi usaha? Jika iya, sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kasir. Cari tahu lebih banyak tentang aplikasi kasir untuk toko kelontong dan warung, lalu langsung cobain sendiri dengan mengunduh aplikasi kasir gratis di sini ya.

Banner-ireap-lite-free