Berniat Memulai Waralaba Minuman 🥤🧉? Simak Tips Berikut Ini!

Tips for Starting a Beverage Franchise


Berniat Memulai Waralaba Minuman? Simak Tips Berikut Ini!

Bersama makanan, bisnis waralaba minuman diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Apalagi sekarang kreativitas dalam menciptakan minuman menarik, enak, sekaligus murah sudah semakin mudah dilakukan. Jadi, Anda yang belajar mengelola bisnis tak akan menemukan banyak kesulitan besar.

Bukan hanya itu, waralaba adalah jenis usaha yang bersahabat dengan pemula dengan bujet terbatas. Namun, Anda juga harus teliti sebelum mengembangkannya untuk mengurangi risiko dengan mengikuti beberapa tips berikut.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Tips Memulai Bisnis Waralaba Minuman

  1. Mempelajari Profil Franchisor

    Sebagai pemberi hak usaha, franchisor yang Anda pilih harus mempunyai reputasi bagus dan tepercaya. Pemula disarankan memilih franchisor yang sudah berpengalaman mengurus waralaba minuman untuk menghindari ketidak pastian. Namun, Anda yang tertarik dengan jenis minuman dari franchisor baru dan merasa profil mereka bersih tak ada salahnya untuk menjalin kerja sama.

    Baca juga: 8 Alasan Mengapa Waralaba Populer di Indonesia

  2. Merancang Pendanaan untuk Bisnis

    Masing-masing usaha waralaba mempunyai pendanaan berbeda. Namun, tingkat besaran yang dikeluarkan harus selalu berbanding lurus dengan kelebihan. Anda yang akan mengelola franchise minuman biasanya akan diberikan resep dan perlengkapan untuk membantu pengolahan. Akan tetapi, Anda juga perlu menyiapkan dana tambahan untuk keperluan-keperluan mendadak.

  3. Bangun Sistem Operasional Memadai

    Sistem operasional merupakan bagian inti dalam menjalankan waralaba. Hal-hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan dalam sistem ini adalah kepegawaian, keuangan, dan strategi lain untuk mengembangkan usaha. Sejumlah franchisor tak jarang menyediakan pelatihan bagi franchisee baru supaya Anda terlatih menangani sistem operasional.

    Download iREAP POS Lite

  4. Susun Strategi Pemasaran

    Walau franchisor akan membagikan strategi pemasaran yang sudah lama diterapkan, Anda selaku rekan kerja pun harus menyiapkan rencana sendiri. Misalnya dengan membuat akun di media sosial khusus di lokasi Anda berjualan. Langkah ini memudahkan target konsumen untuk memesan atau memantau update seputar menu minuman terbaru.

  5. Jalankan Bisnis Secara Telaten

    Sudah menemukan franchisor dan jenis minuman yang sesuai, langkah apa lagi yang harus Anda lakukan? Jalankan usaha secara telaten dan seserius bisnis lainnya. Anda mungkin mempunyai keunggulan dari segi perlengkapan, modal awal, hingga target pasar. Akan tetapi, ada persaingan ketat yang harus dihadapi karena maraknya waralaba minuman yang beredar.

Baca juga: Pengertian Waralaba dan Kendala Akibat Covid-19

Jenis Waralaba Minuman yang Potensial dijadikan Franchise

Masih membutuhkan rekomendasi minuman yang pas untuk dijadikan produk franchise? Berikut empat jenis waralaba minuman yang dapat Anda pertimbangkan!

  1. Waralaba Minuman Boba

    Sampai sekarang, popularitas boba tampak belum menurun. Harganya yang terjangkau dengan menu yang kian beragam membuat minuman tersebut menjadi jaminan bagi pemula yang ingin mendapatkan profit besar dalam waktu cepat. Anda dapat menjual boba standar yang memakai brown sugar atau gula palem. Ada pula boba yang sudah menggunakan bahan-bahan bervariasi seperti potongan buah.

  2. Waralaba Minuman Kopi Susu Literan

    Seperti boba, kopi susu juga diprediksi masih laku keras di pasaran. Uniknya, masyarakat mulai mengincar kopi susu literan yang dibanderol dengan harga lebih murah dan praktis di masa pandemi. Peluang tersebut lantas dimanfaatkan para franchisor yang dulunya hanya menjual kopi susu dalam konsep cup atau gelas. Anda pun bisa menambahkan rasa lain supaya konsumen dapat memilih kopi susu literan sesuai selera.

  3. Waralaba Minuman Jus Cold Pressed

    Waralaba jus cold pressed memang membutuhkan biaya yang lumayan tinggi, karena jenis blender yang digunakan berbeda dari yang biasa. Namun, Anda tak akan lama-lama mencari konsumen, sebab target pasar minuman tersebut datang dari berbagai kalangan. Sebut saja anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Jus cold pressed juga tak hanya menawarkan kesegaran, melainkan juga benefit menyehatkan untuk tubuh Anda.

  4. Waralaba Minuman Peach Gum

    Terakhir ada peach gum yang semakin dicari di masa pandemi untuk menjaga kesehatan. Minuman ini terbuat dari getah pohon persik yang menghasilkan rasa manis alami, sehingga tak perlu Anda tambahkan gula. Sejumlah manfaat yang akan dirasakan setelah mengonsumsi peach gum adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, hingga mengurangi risiko penyakit serius seperti diabetes.

Baca juga: 7 Waralaba Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Demikian tips memulai usaha waralaba minuman beserta rekomendasi produk yang bisa Anda jual. Selamat mengembangkan bisnis sampai mencapai tujuan yang Anda targetkan dengan matang!

Aplikasi Bisnis Waralaba