Cara Menghitung Biaya Operasional

cara-menghitung-biaya-operasional

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Operasional?

Cara menghitung biaya operasional adalah menambahkan biaya produksi dengan semua pengeluaran operasional. Untuk lebih jelasnya, simak yuk cara menghitung biaya operasional beserta contohnya berikut ini.

Penjelasan Singkat Tentang Biaya Operasional

Dalam satu periode usaha, misalnya dalam waktu satu tahun, perusahaan akan mengeluarkan berbagai biaya yang berkaitan dengan kegiatan operasional usaha.

Misalnya, biaya untuk memproduksi barang untuk dijual, biaya tenaga kerja, biaya promosi, dan sebagainya. Itulah sebabnya, semua biaya yang mendukung operasional perusahaan dikenal dengan bama biaya operasional.

Penjelasan Biaya Operasional

Rumus Biaya Operasional

Biaya Operasional = Seluruh Biaya Produksi + Total Pengeluaran Operasional

Keterangan:

  • Biaya operasional adalah semua biaya yang berkaitan dengan operasional perusahaan.
  • Biaya produksi adalah semua biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi, dari bahan mentah/setengah jadi menjadi barang jadi. Contohnya: biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya perbaikan alat, dan biaya utilitas. Penjelasan lengkap mengenai biaya produksi, bisa Anda baca lagi di sini: Biaya Produksi, Jenis, dan Contoh Menghitungnya.
  • Total pengeluaran operasional adalah seluruh biaya/pengeluaran yang berhubungan dengan kegiatan harian perusahaan. Contoh: biaya administrasi, biaya umum, biaya pemasaran. Jika ingin tahu biaya apa saja yang masuk dalam kategori ini, Anda bisa membaca kembali pembahasan mengenai Jenis Biaya Operasional yang Mempengaruhi Untung Rugi Usaha.
Rumus Biaya Operasional

Cara Menghitung Biaya Operasional

Setelah tahu rumus biaya operasional di atas, maka agar perhitungan biaya operasional Anda bisa detail, maka lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Hitung semua hasil pencatatan biaya produksi dalam satu periode. Misalnya biaya produksi di bulan Desember 2022.
  2. Hitung total pengeluaran operasional yang sudah dicatat sebelumnya di pembukuan untuk periode bulan Desember 2022.
  3. Jumlahkan biaya produksi dan seluruh pengeluaran operasional, sehingga Anda menemukan total biaya operasional. Biasanya, biaya operasional ini nantinya juga masuk dalam laporan rugi laba.

Contoh Perhitungan Biaya Operasional

Contoh Perhitungan Biaya Operasional

Setelah mengetahui seberapa besar sih biaya operasional yang perusahaan keluarkan dalam satu periode, Anda bisa melihat bagaimana pengelolaan biaya operasional.

Apakah sudah efektif atau belum? Agar tidak ada pemborosan biaya, Anda bisa menerapkan Cara Mengelola Biaya Operasional yang Efektif.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp