7 Kiat Ampuh Meningkatkan Penjualan Toko Baju

maksimalkan penjualan dengan program kasir toko baju

Kiat Ampuh Meningkatkan Penjualan Toko Baju

Bagaimana meningkatkan penjualan di toko? Salah satunya dengan membuat pelanggan puas berbelanja di toko baju Anda. Selain itu, masih ada beberapa cara ampuh meningkatkan penjualan dan omzet bisnis fashion. Cek caranya di artikel ini, yuk.

7 Cara Meningkatkan Penjualan dan Bikin Omzet Toko Baju Meroket

1. Mix and Match Model Pakaian

Mix and match baju penting Anda lakukan sesuai dengan tren terkini. Terutama, ketika Anda memajang koleksi pakaian di toko. Misalnya, memasukan rok panjang dengan knit sweater untuk ke kantor saat musim penghujan. Kalau pelanggan Anda banyak dari kalangan generasi milenial, bisa juga mengikuti tren pakaian Korea terkini.

2. Sediakan Layanan Penjualan Online

Saat ini, gaya belanja masyarakat sudah mulai berubah. Dari yang sebelumnya berbelanja secara langsung datang ke toko dengan belanja secara online. Nah, Anda harus memanfaatkan peluang penjualan online yang bisa menjangkau pasar lebih luas. Apalagi kalau toko Anda menyediakan penjualan baju dengan gratis ongkos kirim. Caranya: buka saja toko online di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

Jualan di Media Sosial 

3. Jualan di Media Sosial

Memanfaatkan media sosial juga penting Anda lakukan, karena hampir semua orang memiliki media sosial dan sudah terbiasa berbelanja secara online. Pilih satu atau dua media sosial yang sesuai dengan karakter pelanggan Anda, misalnya Instagram atau TikTok. Lengkapi dan selalu perbaharui katalog produk baju di media sosial. Jika perlu, gunakan paid promote (promosi berbayar di media sosial) untuk menarik lebih banyak pelanggan baru.

4. Bangun Brand Image yang Kuat

Pernahkah Anda mendengar nama Kak Jill yang lagi jual gorden atau Bunda Corla di TikTok? Mereka memiliki brand image yang sangat kuat sehingga dikenal pengguna TikTok begitu luas. Ini salah satu contoh brand image yang kuat.

Anda juga bisa lho membangun brand image toko pakaian Anda dengan menciptakan meningkatkan (value) dari bisnis Anda, membuat bisnis dipercaya pelanggan, atau membuat jingle/tagline yang mudah diingat pelanggan. Ingat, brand image yang kuat tidak berarti menjual dengan harga terendah ya. Sebab, ini hanya membuat Anda bisa mengalami kerugian.

5. Buat Pelanggan Puas

Sering yang terjadi, pemilik bisnis lupa betapa pentingnya mengelola pelanggan sehingga tidak selalu memberikan layanan terbaik. Padahal, pelanggan yang puas bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Sebab, pelanggan tersebut akan dengan senang hati mempromosikan toko Anda kepada orang lain di jaringan pertemanan mereka.

Layanan pelanggan yang baik juga membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Apalagi kalau Anda juga selalu menjaga kualitas produk, menciptakan hubungan yang nyaman dengan pelanggan, dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Buat Program Menarik

6. Kelola dan Rawat Pelanggan Setia dengan Program Menarik

Lalu untuk membuat pelanggan selalu berkunjung dan membeli baju lagi di toko Anda, buat pula program-program yang menarik. Seperti promo diskon dan potongan harga untuk pembelian berikutnya, member get member, satu postingan review produk di media sosial mendapatkan voucher diskon, dan sebagainya.

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan bisa pula dengan sesekali menanyakan kabar dan mengajak mereka mengobrol (jika pelanggan datang langsung ke toko baju Anda). Sementara untuk pelanggan online, Anda bisa mengirimi mereka dengan info menarik seputar promosi sekalian mengirimi mereka voucher diskon, misalnya.

7. Menggunakan Program Kasir Toko yang Memudahkan Layanan Pelanggan

Hal penting yang perlu Anda miliki untuk bisa meningkatkan penjualan dan omzet toko baju, sekaligus bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, adalah menggunakan program kasir toko yang tepat. Salah satu pilihan program kasir toko, misalnya program kasir toko iReap POS.

Mengapa pemilik bisnis toko baju perlu menggunakan program kasir toko iReap POS? Ini alasannya:

  • Anda bisa mengelola stok barang dengan mudah. Bahkan, Anda bisa memantau persediaan barang dengan lebih cepat sehingga tidak sampai kehabisan barang yang lagi laris.
  • Pencatatan transaksi lebih praktis dan Anda bisa mencetak bukti transaksi (cetak nota). Biasanya, pelanggan sudah tentu menginginkan bukti transaksi begitu mereka selesai melakukan pembayaran.
  • Memudahkan proses pembuatan laporan keuangan. Jadi setiap pencatatan transaksi yang Anda buat menggunakan program kasir toko akan otomatis masuk dalam catatan laporan keuangan.
  • Memungkinkan Anda memiliki database pelanggan dan mengelompokkan pelanggan berdasarkan loyalitas mereka berbelanja di toko Anda. Jangan lupa, beri hadiah untuk pelanggan loyal Anda, ya.

Dari 7 kiat ampuh meningkatkan penjualan toko baju di atas, mana yang sudah Anda lakukan? Jika belum, yuk segera coba tips meningkatkan penjualan di atas. Agar penjualan toko baju Anda meningkat dan mendatangkan lebih banyak pelanggan, baca juga Tips Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Android ini.

Banner-ireap-lite-free

contact whatsapp ireap pos