Aplikasi POS: Pengertian, Penggunaan, dan Contohnya

understanding pos application and examples

Aplikasi POS

Apa Itu Aplikasi POS?

Aplikasi POS atau Point of Sales adalah aplikasi yang bisa membantu pemilik usaha dan bisnis ritel melakukan kegiatan transaksi jual beli dengan lebih mudah. Biasanya, aplikasi POS disebut juga aplikasi kasir atau aplikasi kasir POS.

Sederhananya, aplikasi POS atau Point of Sales menjadi alat yang memudahkan pelanggan melakukan pembayaran kepada Anda sebagai pemilik usaha, terutama jika bisnis Anda bergerak di bidang ritel.

Mengapa Bisnis Ritel Perlu Menggunakan Aplikasi POS?

Jika selama ini bisnis dijalankan menggunakan sistem pencatatan manual atau menggunakan mesin kasir konvensional, maka sudah waktunya sekarang Anda menggunakan aplikasi POS. Terutama, kalau toko ritel yang Anda kelola sudah mulai berkembang, memiliki banyak pelanggan, memiliki jumlah produk ratusan hingga ribuan, dan jumlah transaksi harian sudah banyak.

Mengapa toko ritel perlu menggunakan sistem POS atau aplikasi POS? Alasannya tentu saja berhubungan dengan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional bisnis. Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan kalau menggunakan aplikasi kasir atau aplikasi POS, antara lain:

  • Efektif dan cepat dalam menyimpan harga produk/barang.
  • Proses mencatat pendapatan, pengeluaran dan laba lebih terperinci dan lengkap.
  • Aplikasi POS akan secara otomatis mencatat barang yang masuk dan keluar, sehingga data mengenai stok barang jadi lebih akurat.
  • Menghemat budget karena Anda tidak perlu merekrut tim atau karyawan khusus untuk mengelola 3 poin di atas secara manual. Sebab, aplikasi POS ini bisa Anda kerjakan dan atur sendiri cara kerjanya.

Jenis Bisnis Ritel dan Usaha Kecil Menengah yang Perlu Menggunakan Aplikasi POS

Jika Anda bertanya, jenis bisnis ritel dan usaha kecil menengah apa saja yang memerlukan aplikasi POS untuk meningkatkan produktivitas bisnis? Nah, ini beberapa jenis bisnis ritel yang sebaiknya menggunakan aplikasi POS atau aplikasi kasir:

  • Mini market, warung atau toko kelontong, juga toko online yang biasanya memiliki jumlah dan jenis produk beragam.
  • Kedai kopi, warung makan, restoran cepat saji, depot kuliner, franchise kuliner, toko roti, toko kue.
  • Toko ritel dengan produk fashion, toko baju, toko sepatu, kacamata, dan jenis toko ritel fashion lainnya.
  • Barber shop, klinik, salon, dan layanan kecantikan juga membutuhkan aplikasi kasir.
  • Jasa profesional: fotografer, jasa digital marketing, jasa content writer, dan sebagainya.

Tips Memilih Aplikasi POS untuk Bisnis Ritel

Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi POS untuk bisnis ritel yang Anda kelola, maka pastikan Anda mengikuti tips memilih aplikasi POS berkualitas berikut ini:

1. Pilih Aplikasi POS Murah dan Berkualitas

Harga murah belum tentu murahan dan berkualitas buruk. Di era transformasi digital seperti sekarang, ada banyak pengembang aplikasi yang bisa memberikan produk aplikasi berkualitas dengan harga terjangkau. Untuk itu, pastikan Anda memilih aplikasi POS yang sesuai kebutuhan, harga aplikasi murah dan bisa sekaligus mengelola toko dengan banyak cabang.

Selain itu, pastikan aplikasi yang Anda beli memiliki garansi dan layanan after sales (bantuan dalam instalasi dan pemasangan aplikasi, peningkatan software, dan bimbingan penggunaan aplikasi untuk pelanggan baru).

2. Kelengkapan Fitur dan Dukungan Teknis

Ketika memilih aplikasi kasir atau aplikasi POS yang mau Anda gunakan, cari tahu sebanyak mungkin mengenai kelengkapan fitur dalam aplikasi kasir, seperti:

  • Manajemen dan pengelolaan stok barang/persediaan barang.
  • Pengelolaan database pelanggan (manajemen pelanggan).
  • Pengelolaan/manajemen karyawan.
  • Pencatatan transaksi penjualan.
  • Kemampuan aplikasi dalam menyediakan laporan keuangan yang detail, termasuk data terkait untung rugi dari bisnis Anda.
  • Bisa tidaknya aplikasi kasir bekerja secara multi cabang (jika bisnis Anda punya beberapa cabang di lokasi berbeda).
  • Integrasi aplikasi kasir dengan aplikasi pendukung lainnya.

Hal berikutnya yang juga penting, Anda perlu memastikan adanya dukungan teknis yang siap membantu Anda saat terjadi kendala. Maksud adanya kendala di sini, misalnya, terjadi kesalahan pengaturan pada aplikasi, kerusakan, data error, dan sebagainya. Dukungan teknis (layanan after sales atau customer service) harus mudah dihubungi dan bisa memberi rasa aman serta nyaman kepada pengguna aplikasi kasir.

3. Aplikasi POS yang Ramah Pengguna dan Mudah Digunakan

Jika Anda masih baru pertama kali menggunakan aplikasi POS, ya wajar kalau Anda bingung dan butuh pelatihan intensif maupun latihan secara mandiri. Artinya, Anda (dan karyawan Anda) perlu belajar menggunakan aplikasi dengan baik. Supaya proses adaptasi penggunaan aplikasi kasir lebih cepat, pilih aplikasi kasir atau aplikasi POS yang ramah pengguna dan mudah digunakan.

4. Bisa Bekerja Secara Online (Cloud) maupun Offline

Dalam menjalankan bisnis, pelanggan bisa datang kapan saja dengan waktu kedatangan yang belum tentu bisa Anda prediksi. Maka, aplikasi POS yang bisa bekerja secara online maupun offline menjadi pilihan tepat untuk mendukung kelancaran operasional usaha.

Aplikasi POS yang bekerja secara online mempermudah Anda sebagai pemilik bisnis melakukan pemeriksaan laporan penjualan dari beberapa lokasi toko tanpa harus datang langsung ke setiap tokonya.

5. Proses Penyediaan Laporan Keuangan yang Otomatis

Saat memilih aplikasi kasir maupun sistem POS (aplikasi POS), pastikan aplikasinya sudah mampu secara otomatis menyediakan laporan keuangan secara detail dan lengkap. Hal ini akan membuat kerja Anda lebih efisien dalam menjalankan usaha. Anda tidak perlu repot lagi meluangkan waktu dan tenaga hanya untuk merekap penjualan atau menghitung stok barang secara manual setiap malam.

Contoh Aplikasi POS

Adakah aplikasi POS yang punya berbagai keuntungan dan kemudahan seperti yang sudah Anda baca di atas? Tentunya ada, dong. Anda bisa menggunakan aplikasi kasir atau aplikasi POS iREAP atau iREAP POS.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Apa yang dimaksud dengan aplikasi kasir iREAP POS? Jadi, iREAP merupakan singkatan dari Integrated Retail Application. iREAP adalah aplikasi yang bisa membantu Anda mengatur dan menjalankan operasional bisnis ritel maupun toko menggunakan sistem POS (Point of Sales) atau sistem kasir, sekaligus juga memiliki kemampuan dalam mengelola stok barang serta melakukan pencatatan transaksi.

Fitur Unggulan Aplikasi Kasir iREAP POS

Fitur unggulan yang sudah tersedia pada aplikasi kasir iREAP POS, bisa Anda lihat pada infografis di bawah ini:

keuntungan menggunakan aplikasi kasir ireap

Sudah banyak pebisnis yang terbantu dengan adanya aplikasi iREAP POS, baik menggunakan iREAP POS Lite atau aplikasi kasir gratis, maupun menggunakan versi berbayar dengan harga Rp 41.000,-/bulan.

Beberapa testimoni dari pebisnis ritel yang sudah menggunakan iREAP POS:

Regina Shoes

“Aplikasi Kasir Android iReap Pro ini sungguh membantu saya dan para staff di Regina Shoe untuk update penjualan dan stok juga mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja staff kami. Yang dulunya manual memerlukan waktu 1 bulan untuk restock barang, sekarang kami bisa melakukan real-time restock barang di cabang-cabang kami.”

Kedai Sutan Mangkuto

“Aplikasi Kasir Android iReap Pro membantu pencatatan di kasir realtime. Saya dapat memonitor bahan baku yang dipakai saat memasak di dapur. Dengan iREAP saya dapat memantau restoran tidak hanya saat di dalam kedai, tetapi saat tidak berada di kedai saya tetap dapat melakukan hasil penjualan bahkan sampai tutup toko secara realtime”

Spex Symbol

“Aplikasi Kasir Android Mobile iREAP POS PRO sangat membantu dalam bisnis ritel modern karena memberikan Kecepatan, Ketepatan dan Kemudahan.”

Rakuni

“IREAP POS membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan dengan optimalisasi stok. Kami dengan mudah melakukan monitoring lebih dari 10 toko kami yang tersebar. Laporan penjualan realtime dan stok barang up to date, membuat pengambilan keputusan cepat dan akurat.”

Aplikasi POS atau aplikasi kasir berguna sekali untuk mendukung kelancaran operasional bagi bisnis ritel. Sudahkah Anda menggunakan aplikasi POS? Jika belum, Anda bisa mencobanya dengan mengunduh aplikasi POS di sini.

Banner-ireap-pro