Home » Tips Bisnis » Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Kedai Kopi dan Perhitungannya

Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Kedai Kopi dan Perhitungannya

persiapan dan modal untuk buka kedai kopi

Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Kedai Kopi

Modal buka usaha kedai kopi beragam tergantung konsep kedai kopi yang mau Anda buka. Jika harus sewa tempat dan membeli peralatan kopi tentu modal yang dibutuhkan antara Rp20 juta hingga lebih dari Rp200 juta.

Bagaimana jika modalnya terbatas? Anda bisa membuka usaha warung kopi sederhana. Modal usaha warung kopi sederhana mulai dari Rp5 juta tanpa termasuk sewa tempat dan biaya operasional, seperti gaji karyawan, listrik, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Artikel ini akan mengulas secara lengkap mengenai kebutuhan apa saja untuk membuka kedai kopi serta perhitungan modalnya. Yuk, baca.

Kebutuhan yang Wajib Anda Siapkan untuk Buka Usaha Kedai Kopi

1. Lokasi Usaha

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tempat dan lokasi usaha. Pemilihan lokasi yang tepat akan menentukan cepat tidaknya kedai kopi Anda berkembang.

Jika memilih daerah yang ramai, seperti dekat pusat perbelanjaan, kampus, atau di pinggir jalan besar, kedai kopi berpotensi untuk didatangi lebih banyak pelanggan.

Tetapi di daerah yang lebih sepi pun sebenarnya tetap berpotensi menguntungkan, asalkan Anda mampu mempromosikannya dengan baik.

2. Tempat Usaha

Anda bisa menyewa atau membeli tempat usaha, tergantung pada budget yang Anda miliki. Jika memilih menyewa, Anda perlu menyiapkan uang untuk membayar deposit dan beberapa bulan sewa di awal. Biaya sewa tempat bervariasi tergantung pada lokasi.

Semakin strategis lokasi tempat usaha, biaya sewa akan semakin mahal, sebaliknya kalau ingin biaya sewa tempat yang lebih murah, Anda bisa membuka kedai kopi di tempat yang lebih sepi, misalnya di perumahan, pinggir kota, atau di daerah yang masih asri dengan pemandangan perbukitan.

Sementara kalau ingin langsung membeli tempat usaha karena sudah yakin lokasinya potensial dan cukup ramai, maka Anda harus mempersiapkan uang tunai lebih banyak atau membelinya secara kredit.

Banner-ireap

3. Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum menghitung modal usaha, Anda perlu tahu dulu peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.
Karena namanya kedai kopi, sudah tentu Anda butuh peralatan yang berkaitan dengan pembuatan dan penyajian kopi, seperti mesin kopi, penggiling kopi, freezer, dan gelas, cangkir, sendok, dan peralatan makan/minum lainnya.

Sementara perlengkapan yang perlu pula Anda siapkan, antara lain meja, kursi, daftar menu, meja kasir, aplikasi kasir untuk mempercepat proses transaksi, etalase untuk memajang makanan, dan sebagainya.

Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

4. Bahan Baku

Bahan baku juga merupakan hal yang penting dalam usaha kedai kopi. Bahan baku yang harus Anda siapkan, antara lain biji kopi pilihan dan berkualitas bagus, susu, sirup, krim, dll. Anda bisa membeli bahan baku ini di toko khusus atau distributor biji kopi.

5. Fasilitas dan Operasional

Pada awal perencanaan, Anda juga sudah harus memikirkan fasilitas apa saja yang harus tersedia di kedai kopi untuk membuat pelanggan merasa betah, lalu bagaimana dengan operasionalnya?

Beberapa fasilitas yang perlu ada, seperti pendingin ruangan (AC), WiFi, tempat parkir, bahkan toilet pun perlu ada. Sementara untuk operasional kedai kopi yang perlu dihitung, antara lain gaji karyawan, biaya listrik dan air, langganan internet, dan lainnya.

Berapa Modal Buka Usaha Kedai Kopi?

Modal adalah uang yang dibutuhkan untuk membeli peralatan, menyewa tempat, membayar karyawan, dll, serta menjadi faktor penting yang harus ada pada awal memulai usaha. Untuk buka usaha kedai kopi sederhana, berikut contoh perhitungannya.

Berapa Modal Buka Usaha Kedai Kopi?

Biaya Tetap

Biaya tetap adalah biaya yang harus dibayar setiap bulannya dan tidak tergantung pada jumlah produk atau layanan yang dijual. Biaya tetap untuk membuka usaha kedai kopi, misalnya:

Sewa tempat usaha: Rp 10.000.000,- per tahun atau Rp 833.333,- per bulan.
Listrik, air, dan gas: Rp 1.000.000,- per bulan.
Internet dan telepon: Rp 500.000,- per bulan.
Biaya operasional lainnya (gaji pegawai, pajak, asuransi, dll): Rp 4.000.000,- per bulan.

Total biaya tetap Rp6.333.333,-

Biaya Variabel

Biaya variabel adalah biaya yang tergantung pada jumlah produk atau layanan yang dijual. Biaya variabel untuk membuka usaha kedai kopi, misalnya:

Bahan baku: Rp 3.000.000,- per bulan.
Kemasan: Rp 500.000,- per bulan.
Biaya pengiriman: Rp 1.000.000,- per bulan.

Total biaya variabel: Rp4.500.000,-

Pembelian Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan usaha bisa berupa freezer/kulkas, gelas, sendok, cangkir, blender, grinder, milk steamer, milk jug, mesin kopi, dan lainnya. Kemudian perlengkapan usaha tentu saja dekorasi ruang, meja dan kursi.

Karena baru memulai bisnis kedai kopi, Anda bisa memilih peralatan yang ekonomis dulu, misalnya:

Mesin kopi, grinder, dll: Rp10.000.000,-
Gelas, cangkir, timbangan, piring, dll: Rp3.000.000,-
Dekorasi ruang/renovasi: Rp10.000.000,-
4 set meja dan kursi @Rp200.000: Rp800.000,-
Alat kebersihan dan CCTV: Rp500.000,-
Meja kasir: Rp200.000,-
Aplikasi kasir: GRATIS jika pakai aplikasi kasir iReap POS.
Printer cetak struk/cash drawer: Rp1.000.000,-
Perizinan Rp1.000.000,-

Total Peralatan dan Perlengkapan: Rp26.500.000,- (satu kali pembayaran di awal).

Total Modal yang Dibutuhkan untuk Membuka Usaha Kedai Kopi

Total modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kedai kopi adalah sebagai berikut:

Biaya tetap: Rp6.333.333,- per bulan
Biaya variabel: Rp4.500.000,- per bulan.
Biaya perlengkapan dan peralatan: Rp26.500.000,-

Total modal: Rp10.833.333,- yang harus disediakan setiap bulan + Rp26.500.000,- untuk satu kali pembayaran di awal usaha.

Dari perhitungan di atas, maka minimal Anda membutuhkan modal kurang lebih Rp37.000.000,- sebelum mulai membuka kedai kopi.

Bagaimana jika modalnya sangat terbatas, tetapi tetap ingin buka usaha yang berkaitan dengan kopi? Ya, Anda bisa membuka warung kopi di rumah.

Berapa Modal Usaha Warung Kopi Sederhana?

Modal usaha warung kopi sederhana antara Rp5 juta hingga Rp10 juta, asalkan Anda tidak perlu menyewa tempat usaha atau mendekorasi ruangan. Selain itu, cukup gunakan peralatan yang ada di rumah, memanfaatkan ruang kosong di rumah untuk tempat usaha, serta membeli mesin kopi dan penggilingan kopi yang sederhana dulu.

Contoh perhitungan modal usaha warung kopi sederhana, misalnya:

4 set meja dan kursi @Rp200.000: Rp800.000,-
Alat pembuat kopi dan bahan baku: Rp3.000.000,-
Printer cetak struk: Rp500.000,- (Asalkan menggunakan aplikasi kasir gratis iReap, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk mesin kasir).
Listrik, air, internet: Rp500.000,-
Lain-lain: Rp200.000,-

Total modal usaha warung kopi yang dibuka di rumah Rp5.000.000,-

Perhitungan modal di atas hanyalah estimasi dan contoh. Kalau Anda rajin untuk berkeliling dan membandingkan harga, bisa jadi Anda malah dapat semua peralatan dan perlengkapan kedai kopi yang jauh lebih murah. Prinsipnya, berapa pun modal yang Anda miliki jangan menghalangi niat untuk memiliki usaha sendiri ya.

Kalau sudah tahu apa saja yang dibutuhkan untuk buka kedai kopi dan perhitungan modalnya, cari tahu lebih lanjut cara memulai bisnisnya dengan baca artikel ini: 9 Cara Cepat Memulai Usaha Kedai Kopi.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos