Sukses Buka Usaha Kedai Kopi Dengan Desain Ruangan yang Unik dan Menarik

coffee shop business

Sukses Buka Usaha Kedai Kopi Dengan Desain Ruangan yang Unik dan Menarik

Ada banyak bisnis yang kini bisa dilakukan oleh masyarakat. Salah satu bisnis yang semakin marak dan memang dibutuhkan oleh masyarakat adalah usaha kedai kopi.

Minuman yang terbuat dari kopi ini sekarang sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Mulai dari remaja, hingga orang dewasa banyak yang membutuhkan asupan kopi setiap harinya.

Tidak heran jika saat ini usaha membuka tempat jualan kopi juga semakin banyak ditemukan di berbagai tempat. Tentunya tidak hanya menjual minuman kopi saja, melainkan juga menjual nilai seni dari desain ruangan tempat kopi ini.

Sebagian besar pengunjung memang memanfaatkan desain ruangan tempat ngopi yang menarik untuk bertemu dengan teman, bersua foto dan aktivitas lainnya.

Pemula Wajib Tahu, Inilah Tips Membuka Usaha Kedai Kopi

Tips Membuka Usaha Kedai Kopi

Saat ini kopi menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat. Akibat perubahan gaya hidup masyarakat, kini banyak dijumpai kedai kopi terdekat maupun jauh.

Mulai dari di pinggir jalan, kawasan padat penduduk, mall dan di tempat yang lainnya. Bahkan kini kopi memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera masyarakat.

Kopi menjadi salah satu minuman yang bisa menghilangkan kantuk dan bisa diminum setiap hari, layaknya minuman pada umumnya. Biasanya kopi menjadi minuman favorit bagi karyawan, mahasiswa atau memang pecinta kopi.

Setiap tahun konsumsi kopi kini kian meningkat dan jumlahnya akan semakin bertambah.

Hal ini bisa menjadi salah satu peluang yang bagus bagi Anda yang ingin mencoba membuka usaha kedai kopi. Namun yang menjadi salah satu permasalahan adalah banyaknya tingkat persaingan bisnis franchise kopi di berbagai tempat.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Banyaknya pecinta kopi menjadikan semakin banyak pula penjual kopi yang bahkan bisa ditemukan dengan mudah di sekitar lingkungan Anda.

Untuk itu Anda harus bisa membuka usaha kedai kopi dengan cara yang tepat dan perlu meningkatkan promosi. Hal ini menjadi salah satu kunci penting agar Anda bisa bersaing dengan penjual kopi yang lainnya.

Baca juga: Contoh Bisnis Model Kanvas Usaha Kedai Kopi

Berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Anda lakukan saat membuka usaha kedai kopi.

1. Persiapkan Modal Membuka Usaha Kedai Kopi

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan modal terlebih dahulu. Tanpa adanya modal, tentu saja Anda tidak dapat membuka kedai kopi.

Anda juga perlu memperkirakan apa saja kebutuhan saat akan membuka kedai. Mulai dari membayar tempat sewa, mesin pembuat kopi, dekorasi, kemasan kopi dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda menghitung biaya yang perlu dikeluarkan dengan detail. Hal ini dilakukan agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Untuk modal yang Anda miliki bisa berasal dari tabungan pribadi, hasil patungan bersama teman ataupun dengan mencari investor.

2. Tentukan Target Pasar

Setelah mempersiapkan dana dan menghitungnya, maka Anda perlu menentukan target pasarnya. Setiap bisnis sudah pasti memiliki target pasar tersendiri. Hal ini tentunya berlaku saat Anda akan membuka usaha kedai kopi. Untuk menentukan target pasar, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai target yang akan ditentukan.

Misalnya Anda ingin menjadikan mahasiswa sebagai target pasar. Maka perlu mencari tahu siapa saja mahasiswa yang nantinya memiliki minat paling besar dengan kedai kopi yang Anda bangun.

Mulai dari gendernya, usia, minat, wilayah, gaya hidup dan masih banyak lagi. Tentunya riset seperti ini perlu dilakukan tidak boleh secara sembarangan.

3. Mencari Lokasi yang Tepat

Apabila Anda sudah menentukan target pasarnya, maka langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat. Lokasi yang Anda pilih haruslah sesuai dengan target pasar yang sebelumnya sudah Anda tentukan. Selain itu pastikan juga Anda memilih lokasi sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Jika Anda menyewa sebuah tempat, maka Anda juga perlu memperhatikan kelayakan dari tempat tersebut. Pilihlah tempat yang memang masih layak dan tidak memerlukan banyak renovasi. Hal seperti ini sudah pasti bisa menekan budget Anda.

4. Tentukan Konsep Kedai

Konsep kedai kopi menjadi salah satu hal yang perlu Anda pikirkan dengan matang. Tidak hanya memperhatikan soal kenyamanan saja, melainkan juga dekorasi ruangan. Apalagi jika target pasar Anda adalah anak muda. Sudah pasti Anda perlu membuat konsep desain ruangan yang kekinian.

Sebagian besar anak muda memang menyukai cafe outdoor yang instagramable. Pilihlah konsep desain yang berbeda dengan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Ada banyak konsep desain ruangan yang bisa Anda terapkan untuk usaha kedai kopi. Misalnya gaya retro, minimalis, monokrom dan masih banyak lagi.

5. Pilih Supplier yang Tepat

Memastikan semua bahan baku tersedia dengan baik adalah hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Anda perlu mencari supplier yang tepat agar mendapatkan bahan baku yang berkualitas.

Mulai dari mencari supplier untuk perabotan, bahan baku kopi dan lain sebagainya. Pada saat mencari supplier, pastikan Anda telah melakukan uji coba terlebih dahulu.

Hal ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan supplier yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mencari supplier, bisa dengan mendapatkan rekomendasi dari kerabat terdekat Anda, atau mencari informasi melalui media online.

6. Melakukan Promosi

Tips terakhir yang sangat penting untuk Anda lakukan setelah semua persiapan telah selesai adalah dengan melakukan promosi. Jika tidak melakukan promosi, maka masyarakat kurang mengenali kedai kopi Anda.

Saat ini media sosial menjadi salah satu cara yang paling cepat untuk menyebarkan informasi. Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi.

Baca juga: Contoh Kumpulan Kata-Kata Promosi Jualan Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum membuka usaha kedai kopi. Apabila Anda telah mempersiapkan hal di atas dengan baik, maka Anda bisa membuka usaha.

Pastikan untuk melakukan promosi secara terus menerus, agar banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi kedai Anda.

Agar Anda lebih mudah melayani pelanggan saat membeli kopi, maka bisa menggunakan aplikasi kasir iReap POS. Kini Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi kasir android ini dan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan dari mana saja.

Lakukan Hal Ini Sebelum Memilih Desain Kedai Kopi yang Sederhana

Desain Kedai Kopi yang Sederhana

Membuka usaha kedai kopi menjadi salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan pada saat ini. Bagaimana tidak? Hampir semua orang mulai saat ini menjadikan kopi sebagai gaya hidup yang sulit untuk dilepaskan.

Pecinta kopi tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja, melainkan para remaja saat ini juga menjadikan kopi sebagai gaya hidup.

Biasanya tempat penjual kopi yang sering dikunjungi oleh orang yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup adalah tempat yang memiliki desain menarik seperti kedai kopi kulo.

Tidak heran jika saat ini pengusaha tempat kopi berlomba-lomba memberikan desain ruangan yang unik dan menarik. Memang sebagian besar pengunjung akan menyempatkan untuk melakukan foto.

Untuk itu desain ruangan perlu dibuat semenarik mungkin dan tidak sedikit desain kedai kopi mempunyai nilai seni tinggi. Masyarakat akan menyukai tempat yang unik dan berbeda dari lainnya. Selain itu juga memiliki spot foto yang bagus untuk diupload di sosial media.

Tentu saja Anda juga perlu membuat desain ruangan yang bagus untuk menarik pembeli agar mau berkunjung di kedai kopi Anda. Jangan khawatir, Anda bisa membuat desain ruangan yang unik dengan mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

1. Tentukan Penempatan Area Ruangan

Penempatan ruangan menjadi salah satu hal utama yang perlu Anda pertimbnagkan. Anda bisa memilih ruangan outdoor ataupun indoor, bisa saja menggabungkan keduanya.

Untuk ruangan outdoor Anda bisa memilih dengan tema yang lebih asri agar banyak pengunjung yang tertarik untuk menggunakan ruangan tersebut.

Sedangkan untuk penempatan ruangan indoor, bisa menggunakan desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan Anda membuat ruangan yang nyaman dengan adanya perabotan yang memadai.

2. Menentukan Tema Desain

Apabila Anda sudah memutuskan bagaimana penempatan ruangan yang Anda inginkan. Selanjutnya Anda bisa menentukan tema desain ruangan tersebut.

Ada banyak pilihan konsep desain ruangan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih tema sesuai dengan hobi Anda, mengusung nuansa alam, memilih gaya modern dan lain sebagainya.

Pemilihan tema kedai kopi ini juga bisa Anda sesuaikan dengan target pasar. Jika target pasarnya adalah anak muda, maka bisa menggunakan tema modern yang kekinian.

Tentunya pemilihan tema ini jangan dilakukan secara sembarangan begitu pula dengan logo kedai kopi. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan konsep dekorasi terbaik.

3. Gunakan Furniture yang Sesuai Tema

Membuat konsep dekorasi ruangan kurang lengkap rasanya jika tidak ditambahkan dengan furniture dengan tema yang sama. Selain furniture, Anda juga bisa melengkapi dengan berbagai dekorasi tambahan seperti adanya lukisan, warna dinding yang sama dengan temanya. Hal ini bisa menjadikan ruangan kedai kopi Anda semakin menarik.

Tentunya dalam memilih furniture, jangan hanya sesuai dengan konsep tema dekorasi saja. Melainkan juga pertimbangkan kualitasnya. Apalagi bisnis yang Anda tekuni ini bisa bertahan hingga waktu yang lama.

Sudah pasti furniture yang digunakan harus memiliki kualitas terbaik agar bisa awet hingga jangka waktu yang relatif lama.

4. Perhatikan Pencahayaannya

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan agar dekorasi kedai kopi semakin bagus adalah mengenai pencahayaannya. Pencahayaan ruangan merupakan faktor yang paling penting bagi pengunjung.

Terlebih lagi jika tema dekorasi yang Anda pilih adalah modern yang kekinian. Sudah pasti akan banyak pengunjung yang berfoto di sekitar ruangan.

Jika tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup, maka hasil foto tersebut kurang bagus. Hal ini bisa menjadikan ketertarikan pengunjung untuk datang ke tempat Anda semakin menurun.

Selain itu pencahayaan yang tepat bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi pengunjung saat menikmati kopi.

Desain kedai kopi memang menjadi salah satu alasan paling utama pembeli mengunjungi tempat Anda. Untuk itu pilihlah konsep desain yang cantik dan unik agar bisa menarik pengunjung.

Pastikan juga mempertimbangkan kenyamanan pelanggan saat berada di tempat Anda. Bagaimanapun juga, kenyamanan pelanggan adalah hal yang penting.

Jadikan Kedai Kopi Semakin Menarik Dengan Lukisan Dinding

Melukis dengan media dinding bukan menjadi hal yang baru lagi. Bahkan hal ini sudah dilakukan sejak lama dan memiliki tingkat seni yang tinggi. Melukis memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan media dinding yang jauh lebih besar dibandingkan saat melukis di atas kertas.

Ada banyak tantangan tersendiri saat melukis di dinding. Selain membutuhkan peralatan yang memadai, kreativitas Anda juga akan diuji saat melukis dengan media dinding.

Keindahan yang dihasilkan dari seni melukis di dinding ini akan lebih menarik dibandingkan dengan wallpaper dinding yang saat ini menjadi alternatif mudahnya.

Lukisan dinding memang memiliki nilai estetika yang mampu menciptakan kesan indah tersendiri. Tidak heran jika kini sudah banyak usaha kedai kopi yang memperindah ruangan dengan lukisan dinding.

Bagi Anda yang menginginkan hal ini, maka bisa mencoba membuat lukisan dinding kedai kopi di tempat usaha Anda. Begini persiapan yang perlu Anda lakukan.

  1. Membersihkan Dinding
    Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan membersihkan dinding. Bersihkan permukaan dinding dari berbagai kotoran dan debu yang menempel.

    Kemudian Anda bisa cuci dinding menggunakan air hangat yang sudah tercampur dengan deterjen. Usap cairan ini menggunakan spon ke dinding secara merata dan tunggu hingga kering.

  2. Siapkan Kanvas Lukisan
    Letakkan lembaran kanvas di atas lantai, hal ini dilakukan agar lantai tidak kotor apabila terkena cat saat proses melukis. Pastikan lembaran kanvas tersebut telah menutupi semua lantai.

    Agar tetap aman, maka berikan perkat pada lebaran kanvas suapay tidak bergerak. Selain itu tutup stop kontak listrik dengan cara menempelkan pita perkeat di atasnya.

  3. Mulai Menggambar Sketsa
    Persiapan selanjutnya adalah mulai menggambar sketsa di dinding. Anda bisa menggunakan pensil untuk membuat sketsa di dinding.

    Apabila terjadi suatu kesalahan, maka Anda bisa menghapusnya dengan mudah menggunakan penghapus karet. Pastikan Anda sudah memiliki gambaran sketsa agar proses menggambar bisa dilakukan lebih cepat.

  4. Persiapkan Peralatannya
    Apabila Anda sudah menggambar sketsa di dinding, maka Anda perlu mempersiapkan peralatan untuk melukis. Mulai dari mempersiapkan cat, kuas untuk melukis dan lain sebagainya.

    Pastikan semua peralatan untuk kebutuhan melukis sudah Anda persiapkan dengan baik. Hal ini dilakukan agar Anda tidak lagi kesulitan mencari peralatan saat proses melukis dilakukan.

  5. Mulai Melukis
    Setelah semua persiapan telah dilakukan, maka Anda bisa mulai untuk melukis. Mulailah dengan melukis objek dari sketsa yang sebelumnya sudah Anda buat menggunakan kuas kecil. Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan memberikan warna-warna sesuai keinginan Anda.

    Pastikan saat Anda melukis, keadaan di kedai kopi Anda dalam suasana yang tenang. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi Anda saat proses melukis.

Membuat konsep desain yang bagus untuk usaha kopi yang Anda jalankan memang menjadi hal yang penting. Karena memang desain ruangan menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk menikmati sajian kopi Anda.

Berikan konsep desain yang unik dan menarik agar pengunjung bisa betah berada di tempat Anda.

Sebagai pelaku usaha tidak hanya membutuhkan tempat untuk membuka usaha. Melainkan juga membutuhkan adanya aplikasi kasir saat untuk mempermudah saat melakukan transaksi pembayaran.

Untuk itu sangatlah penting memiliki aplikasi kasir yang bisa dengan mudah memonitoring penjualan, keuntungan dan juga stok.

Hal ini bisa dengan mudah Anda dapatkan saat menggunakan iReap POS. Kunjungi website kami di www.ireappos.com untuk mendapatkan berbagai layanan menarik dan dapat memudahkan usaha kedai kopi milik Anda.

Tunggu apalagi? Segera hubungi kami melalui nomor yang sudah tertera di website sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya. Selamat mencoba!

Banner-ireap