Home » Tips Bisnis » Tips Bikin Kedai Kopi Ramai Pengunjung dengan Desain Ruangan yang Unik

Tips Bikin Kedai Kopi Ramai Pengunjung dengan Desain Ruangan yang Unik

sukses-buka-usaha-kedai-kopi-dengan-desain-ruangan-unik

Desain Ruangan Usaha Kedai Kopi yang Unik dan Menarik

Jika ingin kedai kopi ramai pengunjung, coba buat desain kedai kopi sederhana outdoor dan indoor yang unik dan menarik. Sebab, cukup banyak pengunjung yang senang mengunjungi kedai kopi yang memiliki desain ruangan yang unik dan instagramable.

Mereka tidak lagi hanya sekadar menikmati kopi yang enak, tetapi juga mencari suasana yang nyaman dan bisa meredakan stres yang mereka rasakan. Apakah Anda sedang mencari desain kedai kopi sederhana outdoor dan indoor yang unik dan bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung? Cek di sini tipsnya, yuk

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Desain Kedai Kopi Sederhana Outdoor dan Indoor yang Unik

Kebanyakan orang mengunjungi kedai kopi tak hanya untuk menikmati kopi, namun untuk berkumpul bersama teman, bersosialisasi, membangun jejaring, dan bahkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern.

Itu sebabnya, ketika hendak memutuskan mengunjungi suatu kedai kopi, mereka tidak cuma mempertimbangkan varian rasa kopi yang akan mereka dapatkan, tetapi juga melihat desain kedai kopi outdoor maupun indoor yang unik, menyenangkan, serta cakep ketika di foto untuk diupload di media sosial.

Jika Anda berencana membuat desain kedai kopi yang menarik agar ada lebih banyak pengunjung yang datang ke kedai kopi Anda, maka perhatikan beberapa hal berikut:

1. Menentukan Penempatan Area Ruangan

Penempatan ruangan menjadi salah satu hal utama yang perlu Anda pertimbangkan, apakah ada ruang outdoor, apakah hanya indoor, atau mau menyediakan keduanya.

Jika mau menyediakan ruang outdoor, pilihlah konsep taman yang teduh, asri, dan membuat betah orang berlama-lama duduk di sana.

Sementara saat menentukan ruang indoor, tata ruangan yang menarik lengkap dengan pilihan perabotan yang sesuai dengan konsep ruangan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pemilihan warna ruang dan perabotan sebaiknya senada dan tidak terlalu bertabrakan warnanya.

2. Menentukan Tema Desain

Biasanya tema desain ditentukan pada tahap awal, namun jika Anda belum menentukannya, maka inilah saatnya Anda harus memilih dan menentukan tema desain ruangan yang mau Anda gunakan.

Ada banyak pilihan konsep desain ruangan yang bisa Anda pilih, misalnya bernuansa alam, memilih gaya modern, dan lain sebagainya.

Pemilihan tema kedai kopi sebaiknya juga disesuaikan dengan target pasar. Jika ingin menjangkau lebih banyak anak muda, maka bisa menggunakan tema modern yang kekinian.

Sementara kalau ingin menjangkau pasar profesional, maka pastikan tema, pemilihan perabotan, bahkan fasilitas yang ada di ruangan juga harus sesuai dan mendukung para profesional untuk datang ke kedai Anda.

Menentukan Tema Desain

3. Gunakan Furniture yang Sesuai Tema

Membuat konsep dekorasi ruangan kurang lengkap rasanya jika tidak menambahkan furniture dengan tema yang sama. Selain furniture, Anda juga bisa melengkapi dengan berbagai dekorasi tambahan, seperti lukisan, warna dinding yang sama dengan temanya, dll. Hal ini bisa menjadikan ruangan kedai kopi Anda semakin menarik.

Dalam memilih furniture, jangan hanya sesuai dengan konsep tema dekorasi saja, tetapi pertimbangkan juga kualitasnya. Mengingat bisnis kedai kopi bisa bertahan untuk waktu yang lama sehingga harapannya perabotan yang Anda gunakan pun bertahan lama.

4. Pastikan Ruangan Memiliki Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan ruangan merupakan faktor yang paling penting bagi pengunjung kedai kopi. Terlebih lagi jika tema dekorasi yang Anda pilih adalah modern yang kekinian.

Saat berada di kedai kopi dengan suasana ruangan yang estetik, banyak pengunjung yang senang berfoto, kemudian mengunggah fotonya ke media sosial.

Tampilan foto yang cerah dan jelas karena pencahayaan ruangan yang cukup membuat foto di media sosial jadi bagus. Akhirnya, pengguna media sosial lain yang melihat foto tersebut ikut tertarik berkunjung ke kedai kopi Anda.

Desain Kedai Kopi Sederhana Outdoor dan Indoor yang Unik dengan Lukisan Dinding

Melukis dengan media dinding bukanlah hal baru. Bahkan banyak lukisan dinding malah memilih nilai estetik yang tinggi, mengingat proses melukisnya juga tidak mudah. Ada banyak tantangan saat melukis di dinding. Selain membutuhkan peralatan yang memadai, kreativitas Anda juga akan diuji saat melukis dengan media dinding.

Jika ingin kedai kopi memiliki konsep dan suasana ruangan yang unik, coba terapkan lukisan dinding di kedai kopi Anda alih-alih menggunakan wallpaper. Caranya bisa mengikuti langkah berikut:

1. Bersihkan Dinding

Bersihkan dulu permukaan dinding dari berbagai kotoran dan debu yang menempel. Kemudian Anda bisa cuci dinding menggunakan air hangat yang sudah bercampur dengan deterjen. Usap cairan ini menggunakan spon ke dinding secara merata dan tunggu hingga kering.

2. Siapkan Kanvas Lukisan

Letakkan lembaran kanvas di atas lantai sebagai alas agar kotor terkena percikan cat selama proses melukis di dinding. Pastikan lembaran kanvas tersebut menutupi semua lantai. Agar tetap aman, beri perekat pada lebaran kanvas supaya tidak bergerak. Selain itu, tutup stop kontak listrik dengan cara menempelkan pita perekat di atasnya.

Mulai Menggambar Sketsa

3. Mulai Menggambar Sketsa

Persiapan selanjutnya adalah mulai menggambar sketsa di dinding. Bisa menggunakan pensil terlebih dahulu supaya kalau terjadi kesalahan masih bisa dihapus dengan penghapus karet. Hal terpenting, Anda sudah memiliki gambaran sketsa seperti apa yang mau Anda buat agar proses menggambar bisa dilakukan lebih cepat.

4. Siapkan Peralatannya

Apabila sudah menggambar sketsa di dinding, selanjutnya mulailah menyiapkan cat dan kuas untuk melukis. Pastikan semua peralatan untuk kebutuhan melukis sudah Anda persiapkan dengan baik. Hal ini dilakukan agar Anda tidak lagi kesulitan mencari peralatan saat proses melukis dilakukan.

5. Mulai Melukis

Setelah semua persiapan selesai, Anda bisa mulai untuk melukis. Mulailah dengan melukis objek dari sketsa yang sebelumnya sudah Anda buat menggunakan kuas kecil. Kemudian, lanjutkan dengan memberi warna.

Pastikan saat melukis, keadaan di kedai kopi sedang sepi. Lebih baik lagi kalau proses mendesain dinding ruang kedai dilakukan pada saat bisnis diliburkan dulu selama waktu tertentu.

Membuat konsep desain yang bagus untuk usaha kopi yang Anda jalankan memang menjadi hal yang penting. Karena desain ruangan menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke kedai kopi Anda lebih sering. Tak sekadar menikmati kopi, namun juga menikmati suasana kedai yang menyenangkan dan membuat betah.

Jika butuh rekomendasi desain kedai kopi outdoor, cek di sini: Ini Beberapa Contoh Konsep Cafe Outdoor Instagramable.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos