Usaha Warung Makan Untung Banyak, Begini Cara Memulainya!

profitable restaurant business


usaha warung makan untung banyak

Usaha warung makan menjadi jenis bisnis yang tak tergerus perubahan zaman. Begini caranya agar bisnis kuliner tersebut jadi menguntungkan.

Kuliner menjadi bisnis yang tidak tergerus perubahan zaman, sebut saja usaha warung makan. Bukan tanpa alasan, jenis bisnis ini menjadi sektor yang penting karena termasuk ke dalam kebutuhan primer masyarakat. Konsepnya pun terbilang beragam, mulai dari usaha warung makan prasmanan, warteg, hingga lesehan.

Sayangnya, membuka dan menjalani bisnis kuliner rumah makan ini bisa dikatakan tidak mudah. Anda membutuhkan banyak persiapan agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan, terlebih jika sudah menyangkut modal.

Tak ketinggalan pula, pastikan Anda memilih bisnis yang memang sesuai dengan minat atau keinginan sehingga proses pelaksanaannya pun akan lebih nyaman. Jangan sampai nekat berbisnis hanya karena ikut-ikutan karena kerugian siap menanti tanpa dibekali strategi.

Cara Memulai Usaha Warung Makan dengan Mudah

cara memulai usaha warung makan

Cita rasa mungkin menjadi penentu utama kesuksesan bisnis kuliner warung makan. Namun, di balik hal tersebut, masih banyak lagi aspek penting lain yang tidak boleh Anda lupakan.

Nah, jika Anda berminat untuk memulai usaha warung makan, coba simak caranya berikut ini:

1. Tentukan Jenis Makanan yang Dijual

Pertama, tentukan dahulu jenis makanan yang ingin Anda jual pada konsumen, apakah masakan rumahan, masakan padang, pecel ayam, warteg, makanan timur tengah, atau Chinese food. Jadi, bisnis Anda akan lebih terarah nantinya karena Anda jadi lebih mudah untuk membuat daftar menu.

Dampaknya tentu saja Anda tidak akan kehilangan pelanggan loyal karena memiliki banyak menu. Tak sedikit pembeli yang berkunjung pada warung makan lain hanya karena tak ada pilihan menu lainnya.

Baca juga: Tips Agar Restoran Ramai Pengunjung

2. Lakukan Riset Pasar

Selanjutnya, lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan atau kegemaran mereka akan jenis kuliner tertentu. Pastikan Anda mendapatkan banyak informasi penting yang berkaitan dengan usaha warung makan sederhana yang hendak dijalani.

Melakukan pengamatan sebelum memulai suatu bisnis tentu memiliki banyak manfaat. Misalnya, Anda bisa memulai dan menentukan strategi bisnis yang tepat, mampu melihat peluang dengan lebih seksama, dan tak kalah pentingnya, mengetahui apa yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh kompetitor.

Mudahnya, Anda mungkin akan mendapati banyak menu serupa di beberapa warung makan yang Anda singgahi. Riset ini bisa menjadi masukan untuk bisnis kuliner Anda, yaitu dengan menyajikan banyak menu makanan lain yang jarang dijumpai di rumah makan pada umumnya.

3. Tentukan Target

Jangan lupa, pertimbangkan pula siapa target yang Anda tuju untuk usaha warung makan ini. Apakah target Anda adalah mahasiswa, pekerja kantoran, pekerja bangunan, atau masyarakat di lingkungan sekitar. Nantinya, ini bisa menjadi masukan untuk Anda saat membuat menu dan menetapkan harganya.

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

4. Tentukan Lokasi Warung Makan

Mengetahui siapa target bisnis juga memudahkan Anda menentukan lokasi usaha. Tempat yang tepat sudah pasti akan mendatangkan keuntungan yang berlipat. Namun, perhatikan pula beberapa aspek penting lainnya, yaitu akses dan kondisi lingkungan.

Lokasi warung makan yang strategis dan tidak terlalu jauh dengan pusat keramaian tentu akan lebih ramai dikunjungi pelanggan.

Pasalnya, pelanggan akan lebih mudah menemukan warung makan Anda jika lokasinya tepat. Jadi, tidak perlu harus membuang banyak waktu untuk mencari.

Tidak hanya itu, perhatikan pula akses yang digunakan untuk menuju ke lokasi. Apakah mudah dijangkau oleh calon pelanggan atau justru sebaliknya.

Area sekitar kampus, sekolah, atau gedung perkantoran menjadi tiga lokasi yang bisa Anda pertimbangkan.

Sepertinya, modal selalu menjadi perhatian utama bagi pebisnis yang hendak memulai usaha, apa pun bentuk usahanya. Bukan tanpa alasan, modal menjadi penentu keberlangsungan bisnis pada tahap awal.

Modal yang tidak cukup akan membuat bisnis merugi, apalagi jika strategi yang Anda ambil kurang tepat.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil Untung Besar Mudah Dilakukan

Jadi, lakukan perhitungan sebaik dan serinci mungkin. Masukkan apa saja yang Anda butuhkan, sekecil apa pun barang atau kebutuhan tersebut jika Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Dengan begitu, Anda jadi lebih mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk operasional bisnis, berapa pemasukan yang nantinya didapatkan, dan tak lupa, berapa keuntungannya.

6. Memilih Bahan Baku

Membicarakan kualitas makanan pasti tidak pernah lepas dari bahan baku yang digunakan. Nah, faktor ini juga penting diperhatikan.

Bahan baku yang berkualitas tentu akan menghasilkan masakan yang berkualitas pula, terlebih jika Anda tepat dalam menakar bumbunya. Soal rasa, sudah pasti tidak perlu diragukan lagi.

Lalu, bagaimana cara mencarinya? Tentunya, lagi-lagi, Anda harus melakukan riset.

Carilah banyak informasi tentang bahan-bahan berkualitas yang berhubungan dengan menu masakan di warung makan Anda. Lalu, temukan supplier yang tepat dan bisa bekerja sama untuk mendukung bisnis Anda.

Ketika mempertimbangkan bahan baku, tidak hanya soal kualitas, tetapi juga ketersediaan. Pertimbangkan, apakah Anda perlu menyimpan stok harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Tentu saja, ini berhubungan pula dengan biaya operasional yang dibutuhkan.

7. Menentukan Strategi Pemasaran

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah strategi pemasaran. Aspek ini juga menentukan apakah bisnis Anda akan maju dan berkembang dengan pesat atau hanya akan berjalan di tempat.

Strategi pemasaran sudah pasti dilakukan untuk menarik minat pelanggan, jadi caranya pun harus benar.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Baru

Melakukan promosi melalui sosial media atau secara online sudah pasti menjadi pilihan terbaik di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Informasi akan beredar dengan begitu cepat sehingga Anda pun tidak membutuhkan banyak biaya dibandingkan dengan promosi secara tradisional.

Namun, jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik. Misalnya, Anda memberikan promosi berupa potongan harga untuk menu tertentu, memberikan harga lebih murah untuk menu gabungan, atau memberikan gratis minuman pada akhir pekan.

Beragam strategi promosi tersebut bisa membantu pelanggan mendatangi warung makan Anda.

Sayangnya, kesulitan memantau kegiatan operasional usaha warung makan kerap menjadi keluhan pemilik dengan bisnis yang telah berkembang. Padahal, hal tersebut seharusnya tidak perlu dicemaskan karena Anda bisa menggunakan aplikasi IREAP POS.

Aplikasi kasir online ini tentu akan memudahkan Anda melakukan pengecekan barang, pemantauan cabang, hingga melihat langsung performa karyawan di berbagai toko.

Tidak sulit kok untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mengakses ireappos.com untuk bisa mendapatkan segala informasi tentang aplikasi IREAP POS.

Banner-ireap