Aplikasi Kasir Gratis vs Berbayar: Mana yang Lebih Baik?

aplikasi gratis vs berbayar

Aplikasi Kasir Gratis vs Berbayar: Mana yang Lebih Baik?

Agar dapat menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien, sudah tentu Anda membutuhkan alat yang bisa membantu Anda melakukan pencatatan transaksi, manajemen stok, bahkan pengelolaan inventaris barang dan persediaan.

Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi kasir yang memiliki fitur lengkap. Saat ini, ada dua pilihan aplikasi kasir yang tersedia, yaitu aplikasi kasir gratis dan aplikasi kasir berbayar.

Nah, mana yang lebih baik dan cocok untuk bisnis Anda? Apakah aplikasi kasir gratis atau berbayar? Cek di artikel ini penjelasan lengkapnya.

Aplikasi Kasir Gratis

Aplikasi kasir gratis adalah aplikasi kasir yang dapat Anda gunakan tanpa harus membayar biaya langganan atau biaya lisensi.

Biasanya, aplikasi kasir gratis memiliki fitur standar, seperti pembuatan faktur, pencatatan penjualan, manajemen stok, dan laporan penjualan.

Kelebihan Aplikasi Kasir Gratis

Beberapa kelebihan aplikasi kasir gratis yang perlu Anda tahu, antara lain:

  • Tinggal download di Playstore dan Anda bisa langsung menggunakannya, tanpa perlu membayar biaya apa pun.
  • Aplikasi kasir gratis mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang user friendly.
  • Fitur yang tersedia cukup membantu bisnis kecil, mulai dari mencatat transaksi, stok barang, dan tersedia laporan keuangan.
  • Cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis untuk kategori jenis mikro hingga usaha kecil, seperti toko kelontong, kedai makan, kios jajan, freelancer, tempat potong rambut, bengkel kecil, dan sebagainya.
Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Kasir Gratis

Kekurangan Aplikasi Kasir Gratis

Selain memiliki kelebihan seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi kasir gratis juga memiliki kekurangan, antara lain:

  • Memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan aplikasi kasir berbayar.
  • Dukungan pelanggan terbatas.
  • Belum mendukung untuk penggunaan banyak kasir dalam satu toko maupun mengelola bisnis dengan banyak cabang.

Aplikasi Kasir Berbayar

Aplikasi kasir berbayar adalah aplikasi kasir yang baru bisa Anda gunakan kalau melakukan pembayaran biaya berlangganan. Meski begitu, biasanya ada masa uji coba gratis terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membayar biaya berlangganan.

Umumnya, aplikasi kasir berbayar menawarkan fitur yang lebih lengkap dan canggih, seperti integrasi dengan sistem keuangan, manajemen gudang, manajemen keuangan, dan manajemen pelanggan. Bahkan, tersedia dukungan pelanggan.

Kelebihan Aplikasi Kasir Berbayar

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan aplikasi kasir berbayar yang tidak dimiliki aplikasi kasir gratis, di antaranya:

  • Fitur yang lebih lengkap dan sudah menggunakan teknologi canggih, termasuk ketersediaan cloud sistem yang mengefisiensikan integrasi data.
  • Kualitas yang lebih baik dan bisa bekerja secara online maupun offline.
  • Dukungan pelanggan yang lebih baik saat terjadi kendala teknis.
  • Ada update berkelanjutan pada aplikasi kasir berbayar sehingga Anda bisa mendapatkan teknologi yang terus diperbaharui.
  • Cocok untuk bisnis skala menengah yang memiliki banyak jenis produk, menggunakan beberapa kasir di satu toko, atau bisnis yang sudah memiliki cabang usaha.
Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Kasir Berbayar

Kekurangan Aplikasi Kasir Berbayar

Beberapa kekurangan aplikasi kasir berbayar, antara lain:

  • Ada biaya berlangganan yang harus Anda bayarkan, bisa dibayar bulanan, tiga bulan, enam bulan, atau langsung membayar secara tahunan.
  • Butuh waktu untuk mempelajarinya, termasuk membuat master data yang lebih kompleks.

Mana yang Lebih Baik Antara Aplikasi Kasir Gratis dan Aplikasi Kasir Berbayar?

Jawaban atas pertanyaan ini ya tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Jika bisnis masih dalam tahap awal atau baru buka, maka aplikasi kasir gratis mungkin sudah cukup untuk mengelola dan menjalankan bisnis dengan baik.

Namun, jika bisnis sudah berkembang dan membutuhkan fitur tambahan, seperti manajemen gudang dan manajemen keuangan yang lebih lengkap, maka Anda bisa menggunakan aplikasi kasir berbayar.

Keputusan untuk memilih aplikasi kasir yang tepat dan cocok untuk bisnis tetap ada di tangan Anda. Jika masih membutuhkan informasi mengenai kedua jenis aplikasi di atas agar bisa memilih yang paling tepat, Anda bisa pula membaca artikel yang mengulas perbedaan keduanya. Yuk, cek selengkapnya di sini: Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis dan Aplikasi Kasir Berbayar.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp