Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis dan Aplikasi Kasir Berbayar

beda-aplikasi kasir gratis dan berbayar

Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis dan Berbayar

Kasir adalah salah satu bagian terpenting dalam operasional bisnis. Karena itu, pemilihan aplikasi kasir yang tepat sangat penting. Ada banyak pilihan aplikasi kasir yang tersedia di pasaran, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Cari tahu perbedaan antara aplikasi kasir gratis dan berbayar agar Anda bisa memilih yang paling tepat untuk bisnis Anda.

7 Perbedaan Aplikasi Kasir Gratis dan Aplikasi Kasir Berbayar

1. Harga

Aplikasi kasir gratis sudah jelas harganya 0 ya. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya serupiah pun untuk menggunakannya sehingga lebih murah dibandingkan dengan aplikasi kasir berbayar.

Sementara aplikasi kasir berbayar ada harga yang perlu Anda bayarkan untuk bisa memanfaatkan semua fiturnya secara maksimal. Harga masing-masing aplikasi kasir berbayar tergantung penyedianya.

Ada yang seharga Rp41.667,- per bulan saja kalau Anda langsung berlangganan untuk 1 tahun. Namun ada pula yang harganya Rp99.000,- per bulan dan Anda bisa membayarnya setiap bulan secara rutin.

2. Fitur

Aplikasi kasir gratis biasanya memiliki fitur yang terbatas dan standar, seperti pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Namun beberapa aplikasi kasir gratis juga ada yang hingga menyediakan fitur pembayaran dan pengelolaan stok barang dan inventori.

Sementara aplikasi kasir berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih, mulai dari pencatatan transaksi penjualan dan pembelian, integrasi dengan sistem manajemen toko, manajemen inventaris, dan analisis laporan keuangan.

Jadi, jika bisnis Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap dan spesifik, mungkin aplikasi kasir berbayar lebih cocok.

Fitur Aplikasi Kasir

3. Skalabilitas

Aplikasi kasir berbayar cenderung lebih fleksibel dan mudah diatur sesuai kebutuhan bisnis. Ini sudah tentu akan menguntungkan dan membantu Anda mengelola bisnis dengan efektif dan efisien sehingga bisnis jadi lebih berkembang di masa depan.

Sedangkan aplikasi kasir gratis biasanya hanya cocok untuk bisnis kecil atau bisnis yang baru memulai.

4. Keamanan Data

Keamanan data bisnis sangat penting dan Anda harus mengupayakan agar jangan sampai ada kebocoran data, terutama data transaksi dan data pelanggan. Nah, aplikasi kasir berbayar umumnya memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi kasir gratis.

Hal ini karena adanya pembagian akun user yang sudah dilengkapi dengan penggunaan password dan penentuan akses terbatas untuk masing-masing akun.

Selain itu, aplikasi kasir berbayar juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat untuk melindungi data pengguna dan bisnis.

Sebaliknya, aplikasi kasir gratis walaupun masih bisa dikatakan aman, namun tetap ada celah yang kadang memungkinkan pelanggaran privasi atau serangan keamanan lainnya.

Jika Anda memutuskan menggunakan aplikasi kasir gratis, pastikan aplikasinya disediakan oleh perusahaan yang memiliki nama dan sudah terjamin mampu memberi keamanan bagi para penggunanya.

Contohnya, PT Sterling Tulus Cemerlang merupakan salah satu penyedia aplikasi kasir gratis yang sudah berpengalaman dan memiliki kredibilitas yang tak diragukan lagi.

5. Dukungan Pelanggan (Support & Bantuan)

Aplikasi kasir berbayar biasanya menyediakan dukungan pelanggan dalam bentuk support dan bantuan teknis yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi kasir gratis.

Hal ini karena aplikasi kasir berbayar umumnya memiliki tim layanan pelanggan yang siap membantu jika terdapat masalah dalam penggunaan aplikasi. Anda bisa menghubungi tim support ini melalui telepon, email, atau chat langsung.

Sedangkan pada aplikasi kasir gratis, dukungan pelanggan cenderung terbatas. Jadi, jika Anda membutuhkan bantuan teknis atau dukungan pelanggan yang cepat, aplikasi kasir berbayar mungkin lebih cocok.

Meski begitu, jika Anda tetap ingin menggunakan aplikasi kasir gratis yang memiliki dukungan pelanggan yang bagus, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir gratis iReap POS Lite.

Dukungan Pelanggan

6. Biaya Operasional

Satu-satunya keuntungan dari aplikasi kasir gratis adalah biayanya yang nol. Namun, aplikasi kasir berbayar membutuhkan biaya bulanan atau tahunan untuk penggunaannya. Biaya ini bisa menjadi kendala bagi bisnis kecil atau baru yang memiliki anggaran yang terbatas.

Namun, jika aplikasi kasir berbayar mampu memberikan fitur, keamanan, dan dukungan yang lebih baik, biaya tersebut sebanding dengan manfaat yang diperoleh dan pastinya bisa menghemat biaya operasional bisnis secara keseluruhan.

7. Pembaruan

Aplikasi kasir berbayar biasanya akan mendapatkan pembaruan fitur dan keamanan secara rutin.

Sedangkan pada aplikasi kasir gratis, pembaruan fitur dan keamanan mungkin tidak selalu tersedia secara berkala.

Hal ini bisa mengakibatkan penggunaan aplikasi kasir gratis menjadi kurang efektif dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi kasir gratis atau berbayar, mana yang lebih baik? Jawabannya tergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda masih kecil atau baru, aplikasi kasir gratis bisa menjadi pilihan yang baik. Anda bisa cek informasi lengkap mengenai fitur-fiturnya di sini: Aplikasi Kasir Gratis di Android dengan Fitur Lengkap. Lalu cari tahu pula manfaat dan tips memilih aplikasi gratis di ulasan berikut ini: Manfaat Aplikasi Kasir Gratis Full Version Dan Tips Memilihnya.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp