Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Kontak

cara-kirim-chat-whatsapp-tanpa-simpan-kontak

cara kirim chat whatsapp tanpa simpan kontak

Cara kirim chat WhatsApp tanpa simpan nomor kontak sangat mudah dilakukan baik itu dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan, umumnya hal ini dilakukan saat akan mengirim pesan melalui WA ke orang tetapi malas menyimpan nomor kontak di HP.

Mengapa tidak disimpan ke daftar kontak? Sebab umumnya orang-orang ini bukan sahabat atau orang yang akan sering kali dihubungi, semisal ada yang pasang iklan memasarkan barang atau jasa di Facebook, Instagram, Twitter tanpa mencantumkan harga atau deskripsi dan umumnya mereka meminta dihubungi melalui WA.

Nah sebab bukan termasuk sahabat yang akan sering kali dihubungi, ketimbang hanya menambah penuh daftar kontak, maka kali ini kita akan bahas salah satu cara kirim chat WhatsApp tanpa tambah nomor kontak di bawah ini.

Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Kontak di HP

Ada beberapa cara yang dapat dipilih saat kita mau mengirim chat WhatsApp tanpa simpan nomor kontak diantaranya:

A. Menggunakan Link Chat Me WhatsApp

Ini merupakan salah satu cara chat WhatsApp tanpa menyimpan kontak yang paling mudah dilakukan bisa menggunakan HP ataupun Laptop sebab kita cukup pakai website browser lalu ketik nomor WhatsApp orang yang akan kita kirim chat, untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah cara kirim chat via link WhatsApp.

  1. Buka browser kemudian ketik link https://wa.me/nomortelepontujuan. Ganti nomortelepontujuan dengan nomor HP orang yang ingin kamu kirim chat. Ketik lengkap dengan kode negara namun tanpa tanda plus (+); Contohnya 08123456789 ditulis menjadi 628123456789 dengan demikian yang kita ketik di browser ialah https://wa.me/628123456789.
    image chat whatsapp tanpa simpan nomor kontak 1
  2. Selanjutnya akan masuk ke website WhatsApp web seperti gambar di bawah; Kemudian klik “Lanjutkan ke Chat” untuk membuka chat room dan kita dapat mengirim pesan.
    image chat whatsapp tanpa simpan nomor kontak 2

Kemudian apabila kita ingin mengirimkan pesan chat dengan disertai teks atau tulisan maka menggunakan format yang berbeda. Semisal kita akan buat link WhatsApp chat otomatis bertuliskan “Halo Admin, Saya ingin bertanya perihal iReap POS”, maka format link WA akan menjadi seperti ini.

https://wa.me/628123456789/?text=Halo%20Admin%2C%20Saya%20ingin%20bertanya%20perihal%20iReap%20POS.

image chat whatsapp tanpa simpan nomor kontak 3

Berikut penjelasannya:

  1. https://wa.me/628123456789 merupakan link WhatsApp chat tujuan. Pastikan angka 0 diawal nomor telepon diganti jadi 62 (kode indonesia).
  2. /?text= ialah instruksi untuk memasukkan teks yang akan kita cantumkan.
  3. Halo%20Admin%2C%20Saya%20ingin%20bertanya%20perihal%20iReap%20POS ialah teks dimana spasi diubah menjadi %20 dan koma diubah menjadi %2C.

Kita juga bisa menambahkan kode rahasia whatsapp untuk menampilkan teks tebal (bold), miring (italic) dan coret. Kode khusus teks whatsapp tersebut adalah:

*Text Tebal*
_Text miring_
~Text Coret~

Bagaimana, mudah bukan? Sebetulnya kalau kalian kesulitan untuk menggunakan format di atas dapat memanfaatkan wa chat generator yang bisa dicari di Google.

B. Menggunakan Link Chat WhatsApp API

Selain link chat whatsapp tanpa simpan nomor kontak di atas, terdapat metode lain yang bisa kalian coba. Keduanya sama-sama berasal dari WhatsApp sehingga tidak perlu install aplikasi tambahan agar kamu tidak cemas akan keamanannya.

Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan apa yang dibeberkan di atas. Kamu mesti mengaksesnya via browser dan menggunakan link chat WhatsApp yaitu https://api.whatsapp.com/send?phone=nomortujuan.

Gantilah "nomortujuan" dengan nomor telepon yang kamu tuju untuk dikirimkan pesan chat, lengkap dengan kode negara namun tanpa plus (+). Jadi, link akan tampak seperti ini https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789.

Sedangkan untuk menambahkan tulisan setelah nomor tujuan, caranya sama seperti yang dijelaskan di atas.

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

C. Membuat Link Chat WhatsApp Langsung dengan Bitly.com

Bitly adalah website pemendek url, jadi link chat WhatsApp yang mulanya amat panjang bisa diringkas menjadi sebagian karakter saja. Sehingga tampak terlihat rapih juga mudah untuk diingat.

Apabila URL tersebut dibiarkan panjang, nantinya postingan yang berisi link chat WhatsApp tersebut akan tampak kurang menarik, sebab dipenuhi dengan teks dan angka, sebab itu kita bisa menggunakan shortlink Bit.ly untuk memperpendek link chat WhatsApp tersebut.

Berikut langkah membuat link chat WhatsApp menggunakan Bit.ly:

  1. Kunjungi Bitly.com, pada kolom “Shorten your link” ketik atau copas link chat WhatsApp seperti yang sudah dijelaskan di awal cara membuatnya. Setelah itu klik “Shorten” dan kalian akan melihat url link WhatsApp yang semula panjang akan menjadi pendek dan ringkas.
    image chat whatsapp dengan bitly 1
  2. Selanjutnya copy link tersebut dan sudah bisa ditempatkan di bio instagram, facebook atau linktree.
    image chat whatsapp dengan bitly 2

Dengan memperpendek url di bitly akan membuat lebih rapih dan nyaman untuk dilihat. Selain itu apabila kalian seorang penjual yang sering kali promosi di social media, penerapan bitly pada link whatsapp akan membuatnya tak terdeteksi sebagai tautan spam.

Demikianlah cara untuk chat WhatsApp tanpa menyimpan nomor kontak di HP. Cara membuat link chat Whatsapp seperti ini amat bermanfaat untuk online shop atau orang yang perlu banyak menghubungi orang lain. Pakailah dan coba terapkan mana metode yang paling gampang menurutmu.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp