Apa Itu FYP TikTok dan Cara Masuk FYP TikTok

FYP-TikTok-dan-cara-masuk-FYP-TikTok

Apa Itu FYP TikTok dan Cara Masuk FYP TikTok

TikTok memiliki fitur FYP TikTok. Fitur ini menampilkan konten Anda di beranda pengguna lain saat aplikasi pertama kali dibuka. Bagi pemilik bisnis yang mempromosikan bisnis di TikTok, bahkan jualan di TikTok, konten yang masuk FYP TikTok jelas mendatangkan keuntungan. Nah, apa itu FYP TikTok? Bagaimana cara agar viral di TikTok? Simak yuk pengertian FYP TikTok, cara kerja, jadwal FYP, dan lainnya di artikel ini.

Apa Itu FYP TikTok?

For your page atau FYP adalah halaman berisi rekomendasi konten video dengan durasi beragam (15 detik hingga 3 menit) yang muncul di beranda Anda.

Kemunculan konten tersebut berdasarkan algoritma TikTok dan sesuai dengan riwayat konten yang biasa Anda lihat.

Dengan kata lain, konten yang muncul di FYP TikTok bisa berasal dari followers, teman yang Anda ikuti, bahkan pengguna TikTok dari negara lain.

Cara Kerja FYP TikTok

Masuk FYP tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang mempromosikan bisnis atau jualan di TikTok. Untuk itu, Anda perlu tahu cara kerja FYP TikTok.

Menurut newsroom.tiktok.com, algoritma TikTok menampilkan konten FYP bukan karena kepopulerannya, melainkan karena ada interaksi, seperti like, share, following, dan komentar.

Selain itu, beberapa hal lain yang juga membuat konten Anda bisa masuk FYP TikTok, antara lain informasi video (penggunaan teks, suara, dan hashtag) serta pengaturan (preferensi bahasa, negara, dan jenis perangkat). Itulah yang membuat FYP di masing-masing pengguna unik, nyaris tidak ada yang sama.

Berdasarkan faktor kontribusi, algoritma TikTok akan membagi video yang disukai (ditonton sampai akhir) dan video yang kurang diminati. Kedua konten video tersebut akan mendapatkan peringkat yang menjadi indikator rekomendasi FYP TikTok di beranda pengguna.

Bahkan, riwayat Anda menjelajahi hashtag, suara, penggunaan efek, dan mengikuti topik yang tren di bagian discover akan turut menyempurnakan rekomendasi FYP TikTok. Cara Kerja FYP TikTok

Kapan Jadwal FYP TikTok?

Kapan sebaiknya mengunggah konten supaya masuk FYP? Anda bisa mengikuti hasil analisis waktu terbaik upload konten dari Influencer Marketing Hub. Penelitian ini menggunakan 100 ribu sampel unggahan konten TikTok.

Potensi konten video masuk FYP TikTok berada di jam istirahat (santai). Misalnya, jam istirahat kerja (jam 12 sampai jam 2 siang), jam pulang kantor (jam 4 sore sampai jam 6 sore), dan menjelang tidur (21.00 – 23.00 WIB). Berikut jadwal FYP TikTok lengkap berdasarkan hari dan jamnya:

  • Senin pada jam 09.00 WIB, 17.00 WIB, dan 21.00 WIB
  • Selasa pada jam 13.00 WIB, 15.00 WIB, dan 20.00 WIB
  • Rabu pada jam 18.00 WIB, 19.00 WIB, dan 22.00 WIB
  • Kamis pada jam 06.00 WIB, 20.00 WIB, dan 23.00 WIB
  • Jumat pada jam 16.00 WIB, 24.00 WIB, dan 02.00 WIB
  • Sabtu pada jam 06.00 WIB, 07.00 WIB, dan 22.00 WIB
  • Minggu pada jam 03.00 WIB, 18.00 WIB, dan 19.00 WIB

Bagaimana Cara agar Viral di TikTok

1. Gunakan Hashtag Populer

Hashtag tak hanya mempermudah pengguna lain menemukan konten Anda. Menambahkan hashtag populer juga memperbesar peluang konten tampil di FYP TikTok. Cara menemukan hashtag populer, di antaranya:

  • Memanfaatkan menu discover dan lihat beberapa hashtag trending di posisi teratas.
  • Gunakan menu pencarian dan cari topik yang relevan dengan konten Anda.
  • Hashtag dari konten yang muncul di FYP.

Beberapa contoh hashtag populer yang bisa Anda gunakan agar konten viral di TikTok:

  • #fyp
  • #fypchallenge
  • #fypindonesia
  • #fypforyourpage
  • #foryourpage
  • #foryoupage
  • #fypgakni
  • #fypdong
  • #bestvideo
  • #tiktok4fun
  • #thisis4u

2. Tambahkan Lagu yang Sedang Tren

Sebelum mengunggah konten, Anda bisa menambahkan lagu yang sedang tren atau viral di TikTok. Untuk mengetahui lagu atau musik yang sedang viral bisa melalui menu discover. Caranya:

  • Klik ikon untuk pencarian di kanan atas layar.
  • Pada halaman discover, Anda bisa melihat topik hingga lagu (suara) yang sedang tren.
  • Sebaiknya pilih yang angka di samping lagunya besar/banyak karena artinya lagu tersebut banyak digunakan.

3. Unggah Video di Jam Prime Time

Jam prime time adalah waktu yang paling ramai digunakan untuk mengakses TikTok. Nah, Anda bisa mengunggah konten pada jam jam prime time sehingga memperbesar peluang konten Anda masuk FYP.

Jam prime time TikTok menurut Influencer Marketing Hub ada di 12.00 – 13.00 WIB, 16.00 – 17.00 WIB, dan 19.00 – 23.00 WIB. Untuk waktu yang lebih akurat, Anda bisa menjadwalkan waktu penayangan konten sesuai jadwal FYP TikTok di atas.

4. Konten yang Menarik dan Storytelling

Supaya pengguna TikTok lain tertarik melihat konten video Anda sampai detik terakhir, buatlah konten yang menarik minat mereka. Misalnya, konten make up no make up, outfit of the day (OOTD), bernyanyi (misal Reyhan TikTok), atau konten jualan produk viral, seperti gorden kak Jill.

Jangan lupa, gunakan storytelling ya, karena secara umum manusia lebih senang mendengarkan cerita.

Contoh, Anda bisa menceritakan kisah-kisah misteri, membuat series pendek bersambung di TikTok, dan lainnya. Storytelling dapat membuat audiens merasa terwakili atau terhubung dengan konten buatan Anda.

5. Ikut Challenge yang Sedang Populer

Untuk menambah followers hingga membuat konten jualan di TikTok masuk FYP, ikuti challenge populer.

Anda bisa melihat daftar challenge yang sedang berlangsung di TikTok melalui menu discover.

Cara lain, gunakan hashtag #trendalert untuk menemukan tren yang paling banyak pengguna TikTok ikuti. Contoh challenge yang sedang tren saat ini, yaitu jangan ajari aku sabar dan trend rambut cepmek viral.

Ikut Challenge TikTok yang Sedang Populer

6. Duet dengan Konten Kreator Lain

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, Anda bisa mencoba duet dengan kreator TikTok lain, misalnya duet bernyanyi atau menari. Atau coba ajak konten kreator lain berduet secara langsung dengan memanfaatkan topik yang sedang viral.

7. Pastikan Video Berkualitas

Video berkualitas tak hanya menarik secara konten, tetapi juga perlu memperhatikan penggunaan kamera smartphone yang bisa menampilkan gambar dengan jelas.

Perhatikan pula pencahayaan dalam proses pembuatan video, background yang indah dan bersih, serta lakukan editing video untuk menambahkan efek unik dan mode transisi.

8. Tulis Caption yang Mengundang Rasa Penasaran

Saat mengunggah konten di TikTok, tambahkan caption yang relevan dengan konten video. Pilih kata-kata yang bisa membuat audiens penasaran.

Anda bisa membuat caption maksimal 300 karakter sesuai aturan TikTok.

Contoh: Anda membuat video tentang perjalanan menjadi orang dewasa. Lalu, beri caption, misalnya: menjadi dewasa tidak benar-benar menyenangkan.

9. Jadilah Follower Akun TikTok Bercentang Biru

Setelah memiliki konten kreatif dan berkualitas, coba ikuti dan jadi followers dari akun TikTok yang bercentang biru (verified).

Mengikuti akun terverifikasi dan berinteraksi di konten mereka memungkinkan konten yang Anda buat dilihat oleh followers dari akun centang biru tersebut. Dengan cara ini, konten Anda lebih mudah untuk masuk FYP TikTok.

FYP TikTok adalah halaman rekomendasi yang tampil pertama kali saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Konten yang muncul di FYP TikTok berasal dari riwayat aktivitas Anda di TikTok. Selain memahami cara kerja FYP TikTok, Anda juga perlu memperhatikan kapan jadwal tayang konten TikTok dan memperhatikan cara agar viral di TikTok. Masuk FYP TikTok juga akan menguntungkan bagi Anda yang Jualan di TikTok.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp