3 Cara Membuat Laporan Penjualan Sederhana

cara-membuat-laporan-penjualan-sederhana


cara membuat laporan penjualan sederhana

Selama beberapa dekade, laporan penjualan sudah berfungsi sebagai satu kesatuan dalam manajemen penjualan. Tim penjualan mengandalkan laporan penjualan untuk memenuhi tujuan penjualan mereka, sementara direksi perusahaan dan manajer keuangan meninjau laporan penjualan tiap-tiap bulan, triwulanan, dan setiap tahun untuk membuat keputusan berdasarkan informasi penjualan untuk masa depan perusahaan, termasuk cara mengalokasikan investasi dan merencanakan pertumbuhan.

Sementara data dan analisis yang disusun dalam laporan tetap sangat berharga untuk proses pengambilan keputusan, dilain waktu laporan itu sendiri telah usang. Berkat teknologi, ada cara baru, jauh lebih efisien dan efektif bagi tim penjualan untuk mengumpulkan dan meninjau data penting.

Apa Itu Laporan Penjualan?

Laporan penjualan adalah kumpulan informasi penjualan yang disampaikan sebagai bahan pencatatan dan analisis penjualan yang berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam format pemasaran, harga, dan sistem penjualan. Sederhananya, laporan penjualan memberikan analisa perihal kegiatan penjualan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Dibuat setiap bulan, triwulanan, dan tahunan, untuk memenuhi keperluan bisnis tertentu, laporan penjualan berisi bermacam-macam metrik dan data penjualan, seperti:

  • Total pendapatan
  • Volume penjualan
  • Jumlah penawaran
  • Kecepatan penjualan (panjang siklus penjualan dan berapa lama setiap peluang tetap di setiap tahap)
  • Jumlah dan jenis pelanggan baru
  • Tingkat konversi
  • Biaya akuisisi pelanggan

Mengapa Pelaporan Penjualan Penting?

Data dan analisis penjualan sangat penting untuk manajemen strategis dan keberhasilan seluruh proses penjualan. Dengan melacak metrik penjualan, manajer penjualan dapat melihat di mana letak keberhasilan perusahaan dan memahami apa yang mendorong penjualan di bidang-bidang itu, serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja penjualan, dan meningkatkan penjualan saat bisnis tumbuh.

Dengan menganalisa data penjualan tersebut, manajer penjualan juga dapat lebih mudah menemukan penawaran berisiko untuk menghentikan slippage, mendorong penjualan yang dapat diprediksi, dan mendukung penjualan yang lebih akurat.

Baca juga: Bagaimana Cara Melihat Laporan Penjualan Terbanyak di IREAP POS PRO Via Mobile

Cara Membuat Laporan Penjualan

Ada bermacam-macam detil yang bisa Anda sertakan dalam laporan penjualan Anda; tapi terlalu banyak detil tentu bisa mengurangi informasi utama yang ingin Anda sorot. Sebagai gantinya, sesuaikan laporan penjualan Anda untuk fokus pada metrik tertentu yang memainkan peran terbesar dalam progres penjualan Anda.

Sesudah Anda tahu apa yang menjadi fokus utama, berikut langkah-langkah dasar yang bisa Anda ikuti untuk membuat laporan penjualan:

1. Mulai dengan Rangkuman Penjualan

Mengawali laporan penjualan Anda dengan rangkuman memungkinkan Anda untuk menerima hal-hal yang baik dulu. Lihat kembali penjualan Anda dari bulan, kuartal, atau tahun yang Anda laporkan untuk memastikan keberhasilan.

Ketika menulis rangkuman, tanyakan pada diri sendiri, “Apa hal utama yang mau saya komunikasikan dalam laporan penjualan?”

Dalam banyak kasus, umumnya jumlah penjualan yang disertakan dalam rangkuman yaitu yang dijalankan selama periode tersebut dan apakah Anda memenuhi target penjualan merupakan hal yang paling penting untuk disorot. Ingatlah untuk membuat rangkuman, mungkin satu paragraf sudah cukup untuk laporan mingguan, sementara laporan triwulanan atau tahunan memerlukan hingga beberapa halaman.

2. Merincikan Angka Penjualan

Sertakan bagian yang berfokus pada angka penjualan. Informasi yang ideal untuk bagian ini bervariasi, tetapi Anda cukup merinci metrik yang berkaitan dengan total penjualan sesuai periode tersebut.

3. Jelaskan Hasil Penjualan Anda

Sesudah Anda memberikan semua nilai dan data yang relevan, sertakan perbandingan antara jangka waktu sebelumnya untuk konteks yang lebih. Gunakan bagan untuk memvisualisasikan bagaimana angka penjualan Anda saat ini dibandingkan dengan bulan atau kuartal sebelumnya.

Anda juga harus menggunakan bagian ini dari laporan penjualan Anda untuk menjelaskan beberapa faktor yang memengaruhi volume penjualan. Terlepas dari apakah Anda memenuhi target atau tujuan penjualan Anda, sangat penting untuk menganalisa faktor-faktor apa yang menyebabkan hasil ini.

Jika Anda memiliki periode penjualan yang buruk, identifikasi apa yang salah dan jelaskan bagaimana Anda berencana untuk meningkatkan untuk periode berikutnya. Jika Anda melebihi target penjualan, cari cara untuk duplikasi hasil ini di masa mendatang.

Dengan aplikasi iReap POS, pelaporan penjualan sekarang dapat disederhanakan, sangat akurat, dan dilakukan secara real time. Lebih lanjut, aplikasi ini memungkinkan tim penjualan untuk melihat informasi detil pada periode tertentu atau secara keseluruhan, aplikasi penjualan iReap POS sangat akurat untuk melihat total penjualan supaya dapat meningkatkan penjualan dan keputusan investasi di masa depan.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp