Printer Portable Bluetooth: Manfaat dan Kegunaannya untuk Bisnis

printer-portable-bluetooth

Printer Portable Bluetooth

Penggunaan printer portable bisa menunjang operasional bisnis menjadi lebih lancar. Anda tidak perlu lagi membuat nota penjualan secara manual atau membeli printer berukuran besar dengan harga yang mahal.

Anda bahkan bisa mencetak setiap bukti penjualan maupun bukti pembelian dengan lebih mudah dan cepat. Apa yang dimaksud dengan printer portable? Portable printer bluetooth digunakan untuk apa saja? Simak yuk di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Printer Portable?

Printer portable adalah printer yang dirancang khusus untuk mencetak struk penjualan maupun struk pembelian, termasuk dari aplikasi kasir toko.

Cukup menggunakan koneksi bluetooth, Anda bisa langsung mengoperasikan printer dari smartphone dan tablet. Disebut portable karena printer ini memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan dilengkapi baterai isi ulang, sehingga Anda mudah membawanya atau berpindah tempat.

Beda Printer Portable dan Printer Bluetooth

Meski sama-sama bisa beroperasi melalui koneksi bluetooth, printer portable dan printer bluetooth memiliki perbedaan, yaitu:

  • Printer portable memiliki ukuran kecil dan bobot yang ringan. Berbeda dengan printer bluetooth punya banyak jenis dan beragam ukuran sesuai kebutuhan.
  • Printer portable menggunakan daya baterai isi ulang. Sementara printer bluetooth harus selalu terhubung ke daya listrik.
  • Printer portable tidak akan menimbulkan bunyi ketika proses mencetak berlangsung dan bisa mencetak dengan cepat (250mm per detik).

Printer Portable Bluetooth Digunakan untuk Apa Saja?

Tak hanya berfungsi untuk mencetak bukti transaksi pembayaran maupun pembelian saja, namun printer portable juga bisa Anda gunakan untuk membuat label (untuk ditempel pada kemasan produk), mencetak karcis, dan mencetak barcode atau QR code dengan hasil yang lebih jelas. Keuntungan Printer Portable Bluetooth

Keuntungan Menggunakan Printer Portable Bluetooth

1. Mempercepat Proses Pelayanan Pelanggan

Mencetak struk pembelian menggunakan printer portable bluetooth bisa mempercepat proses transaksi. Anda bisa melakukan pencetakan dari jarak yang cukup jauh, selama masih berada di area yang sinyal bluetooth-nya terdeteksi.

Proses cetak bukti pembelian juga lebih cepat sehingga bisa meminimalisir terjadinya antrian di bagian kasir.

2. Tidak Membutuhkan Tempat Penyimpanan yang Besar

Bentuknya yang kecil membuat printer portable tidak membutuhkan tempat penyimpanan besar dan khusus seperti mesin kasir biasa.

Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menerapkan desain toko minimalis.

3. Mudah Dibawa-bawa dan Praktis

Selain bentuknya yang kecil, printer portable bobotnya ringan, serta sudah tersedia daya baterai. Otomatis printer ini mudah dibawa ke mana-mana dan praktis.

Misalnya, membawa printer portable ke meja pelanggan, untuk kasir toko keliling, bisa juga untuk bisnis food truck.

4. Applicable dan Mudah Digunakan

Mudah digunakan karena minim tombol dan tidak memerlukan perangkat tambahan lainnya. Anda bisa mengoperasikan proses pencetakannya melalui aplikasi kasir toko di smartphone yang sudah terkoneksi bluetooth.

5. Dapat Terhubung ke Aplikasi Kasir Toko iReap

Anda bisa menghubungkan printer portable bluetooth dengan aplikasi kasir iReap Lite dan iReap Pro yang terpasang di smartphone.

Aplikasi kasir iReap Lite dan iReap Pro adalah aplikasi kasir toko (point of sale) yang tersedia untuk pengguna android.

Kedua aplikasi tersebut dapat membantu Anda memonitoring penjualan, stok barang, menghitung total transaksi, hingga mengetahui keuntungan.

Aplikasi kasir iReap Lite dapat Anda gunakan secara gratis seumur hidup. Sementara jika menginginkan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat berlangganan melalui aplikasi kasir iReap Pro.

Manfaat Printer Portable Bluetooth

6. Tidak Perlu Tinta Karena Sudah Menggunakan Teknologi Thermal

Printer portable bluetooth tidak memerlukan pengisian tinta saat beroperasi karena sudah menggunakan teknologi thermal.

Teknologi thermal bekerja memanfaatkan energi panas yang berasal dari kepala pin di dalam printer. Ketika panas tersebut bersentuhan dengan senyawa kimia di kertas thermal, maka akan menghasilkan tulisan dan logo.

7. Lebih Murah dan Hemat Biaya Operasional

Printer portable harganya lebih murah dibanding printer bluetooth biasa. Mengapa printer ini bisa memiliki biaya operasional yang lebih murah?

  • Tidak perlu membeli dan melakukan isi ulang tinta.
  • Jenis kertas menggunakan kertas thermal yang lebih murah dibandingkan jenis kertas lain.
  • Perawatan mudah, cukup membersihkan kepala pin printer setiap 3-4 bulan sekali menggunakan cairan alkohol yang Anda teteskan pada kapas.
  • Pembersihan debu ringan pada perangkat bisa dilakukan setiap 1-2 minggu sekali.

8. Hasil Cetak Bagus dan Tidak Mudah Pudar

Meski proses mencetaknya sangat singkat, hasil cetak dari printer portable lebih terlihat jelas, bagus, dan tidak mudah pudar.

Tentunya hal ini membuat struk pembayaran bisa lebih tahan lama untuk disimpan.
Mudah Saat Mau Mengkoneksikannya dengan Perangkat lain

Printer bluetooth portable juga mudah untuk Anda hubungkan dengan perangkat lain. Anda bisa mengkoneksikannya ke smartphone/tablet melalui sambungan bluetooth.

Sementara untuk terkoneksi ke laptop/PC, Anda memerlukan kabel USB. Bagaimana dengan mesin kasir konvensional atau laci uang (cash drawer)? Anda dapat menggunakan konektor khusus, seperti RJ11 atau RJ45 (tergantung merek printernya).

Printer portable adalah printer yang khusus dibuat untuk mempermudah cetak bukti transaksi di bagian kasir. Bentuknya yang kecil, ringan, menggunakan baterai dan ditunjang oleh koneksi bluetooth, membuatnya mudah untuk Anda pindahkan. Lalu, bagaimana cara menggunakan printer bluetooth? Cek di sini Cara Menggunakan Printer Bluetooth untuk Pertama Kali.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp