Printer Thermal: Pengertian, Jenis, dan Rekomendasinya

jenis-dan-kegunaan-printer-thermal

Printer Thermal adalah

Printer menjadi alat mencetak bukti transaksi yang bisa memperlancar operasional bisnis, memudahkan pembayaran dan proses jual beli. Saat ini, ada banyak jenis printer yang cocok untuk menunjang bisnis, salah satunya printer thermal. Apa itu printer thermal, jenis printer thermal, dan rekomendasi printer thermal yang bagus apa saja? Cari tahu yuk di artikel ini.

Apa Itu Printer Thermal?

Printer thermal adalah printer yang memanfaatkan energi panas saat proses pencetakan, sehingga tidak membutuhkan tinta cartridge atau pita seperti printer dot-matrix.

Inilah yang membuat ukuran printer thermal lebih kecil dan ringan, bahkan ada yang seukuran genggaman tangan orang dewasa. Meski begitu, kualitas hasil cetaknya setara dengan printer dot-matrix.

Cara kerjanya mirip mesin fax (menggunakan kepala pin cetak yang berisi pemanas elektronik). Hal ini membuat perawatan perangkat printer thermal jadi lebih mudah.

Anda hanya perlu membersihkan kepala pin cetaknya secara berkala, minimal 3-4 bulan sekali untuk meminimalisir kerusakan dan hasil cetak tetap jelas.

Jenis Kertas dan Cara Kerja Kertas untuk Printer Thermal

Supaya printer thermal bisa mencetak tulisan, Anda memerlukan kertas khusus. Umumnya, kertas untuk printer thermal memiliki 2 ukuran lebar, yaitu 58mm dan 80mm dengan panjang yang berbeda-beda.

Namun ada juga yang berukuran 57mm. Berikut beberapa jenis ukuran dan merek printer thermal yang bisa Anda gunakan:

  • Paper Roll Thermal Sano dengan pilihan ukuran: 58x37mm, 58x50mm, 80x60mm, dan 80x80mm.
  • Kertas Thermal Blueprint dengan pilihan ukuran: 57x30mm, 57x37mm, 57x40mm, 57x47mm, 57x50mm, 80x40mm, 80x47mm, dan 80x80mm.
  • Kertas Thermal Golden 80x80mm.

Bagaimana cara kerja kertas untuk printer thermal? Kertas thermal memiliki tekstur mengkilap di bagian luarnya. Bagian tersebut mengandung zat kimia.

Saat bagian kertas terluar menyentuh komponen pemanas yang ada di kepala pin cetak, bagian yang terkena panas akan menghasilkan tulisan dan gambar.

Printer Thermal adalah

Kegunaan Thermal Printer untuk Bisnis

Tak hanya untuk mencetak bukti pembayaran atau transaksi pembelian saja. Printer thermal dapat Anda gunakan untuk mencetak struk atau bukti penjualan, tiket pesawat, mencetak nomor antrian, karcis parkir, resep dokter, struk pembayaran di SPBU, label barcode, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan Printer Thermal

Printer thermal memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Tidak memerlukan tinta untuk mencetak sehingga lebih efisien saat digunakan.
  • Tidak menimbulkan suara bising karena tidak menggunakan sistem ketukan (tidak menggunakan pita).
  • Proses mencetak banyak dokumen lebih cepat dibanding jenis printer lainnya.
  • Lebih user friendly karena tombol untuk mengoperasikannya hanya sedikit.
  • Tersedia dalam banyak ukuran, model, dan dengan harga yang terjangkau.
  • Lebih tahan lama dan perawatannya lebih mudah dibanding printer dot matrix dan printer yang membutuhkan tinta isi ulang.

Cara Menggunakan Printer Thermal Bluetooth

Untuk menggunakan printer thermal bluetooth, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi kasir toko yang Anda gunakan, misalnya aplikasi kasir iReap POS.
  • Login atau masuk menggunakan username dan password Anda.
  • Pilih pengaturan sistem pada halaman utama.
  • Scroll sampai ke bawah hingga menemukan menu printer model.
  • Pilih model printer yang akan Anda gunakan. Misal, SmartPOS Z91.
  • Setelah selesai memilih, Anda akan mendapatkan notifikasi khusus pada layar smartphone. Misalnya, “Model ini bisa mencetak logo. Atur di-setting – >> Pilih Logo”.
  • Tekan ok untuk melanjutkan.
  • Lalu klik nama bluetooth printer dan tekan ok.
  • Apabila sudah menyelesaikan semua tahapan, Anda bisa scroll ke bawah untuk mencentang menu “print logo”.
  • Lakukan scroll kembali ke bawah supaya Anda bisa menemukan menu select logo (menambahkan logo). Supaya logo bisa tercetak dengan baik, pastikan ukurannya 360px.
  • Jika pengaturan di atas sudah dilakukan, Anda dapat kembali mencatat transaksi menggunakan aplikasi kasir iReap POS.
  • Nantinya layar akan menampilkan list of sales atau return yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian mesin kasir atau printer thermal akan mencetak bukti pembayaran berikut logo yang sudah Anda atur.
Printer Thermal Terbaik

Rekomendasi Printer Thermal untuk Aplikasi Kasir Toko

Berikut 10 rekomendasi printer thermal bluetooth berkualitas baik dengan harga terjangkau:

1. Printer Bluetooth Panda PRJ-58D

Harga printer Panda PRJ-58D Rp300.000,- Printer thermal ini dapat menggunakan kertas berukuran 58mm. Penggunaannya pun mudah.

Anda tinggal menghubungkannya dengan smartphone android melalui bluetooth atau menggunakan komputer dengan sistem operasi windows (menggunakan kabel USB).

Bluetooth Printer Panda PRJ-58D juga memiliki colokan RJ11 ke cash drawer/laci uang.

2. Printer Panda PRJ-58B

Printer bluetooth Panda PRJ-58B bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari Rp400.000,- Menggunakan printer ini akan memudahkan Anda mencetak struk penjualan maupun pembelian ke kertas berukuran 58mm.

Koneksi yang tersedia bisa melalui bluetooth smartphone android dan iOS, serta kabel USB (laptop/komputer bersistem operasi windows). Printer thermal portable ini juga sudah dilengkapi baterai isi ulang.

3. Printer Panda PRJ-R80B

Printer Panda PRJ-R80B cocok untuk Anda yang ingin mencetak pada kertas berukuran 88mm. Bisa terkoneksi ke smartphone android dan iOS melalui bluetooth serta mencetak melalui komputer/laptop dengan bantuan kabel USB.

Mudah dipindahkan karena dilengkapi baterai charger. Harganya berkisar antara Rp750.000,- hingga Rp800.000,-.

4. Printer Panda PRJ-80AT-BT

Printer Panda PRJ-80AT-BT bisa terkoneksi ke smartphone melalui bluetooth dan PC dengan sistem operasi windows maupun linux melalui kabel USB.

Anda bisa mencetak pada kertas 80mm. Harganya berkisar antara Rp900.000,- hingga Rp1.000.000,-.

5. Printer BellaV Z80

Printer BellaV Z80 (support customize logo) berguna untuk mencetak dengan ukuran kertas 80mm. Sudah dilengkapi baterai charger sehingga mudah dibawa ke mana-mana, terutama kalau lokasi gerai berpindah-pindah.

Misalnya, pada bisnis food truck. Bahkan isi ulang daya baterai bisa menggunakan powerbank dan kabel data smartphone. Support untuk koneksi bluetooth dan kabel USB. Harganya kurang lebih Rp800.000,-.

6. Printer BellaV Z58

Printer BellaV Z58 (support customize logo) bisa mencetak struk dengan ukuran kertas 58mm. Dengan harga kurang dari Rp500.000, Anda bisa mencetak melalui smartphone (android dan iOS via koneksi bluetooth) dan PC (menggunakan kabel USB). Printer BellaV Z58 juga portable (dilengkapi baterai isi ulang).

7. Printer BellaV SZZCS

Printer BellaV SZZCS (support customize logo) bisa mencetak pada kertas berukuran 57mm. Bisa digunakan pada smartphone android dan iOS (koneksi bluetooth) dan PC bersistem operasi windows (menggunakan kabel USB).

Jenis ini juga sudah portable karena dilengkapi baterai charger. Harganya antara Rp700.000,- hingga Rp800.000,-.

8. Printer Gowell Eppos RPP02 + Cash Drawer

Printer Gowell Eppos RPP02 + Cash Drawer merupakan printer thermal yang harganya kurang dari Rp600.000,- Kertas yang cocok untuk printer ini berukuran 58mm.

Bisa digunakan pada perangkat smartphone dan PC karena menyediakan koneksi bluetooth dan kabel USB. Dengan menggunakan kabel RJ11, Anda juga bisa mengkoneksikan printer ke cash drawer (tempat menyimpan uang).

9. Printer Bluebamboo P25

Printer Bluebamboo P25 dapat Anda miliki dengan harga di bawah Rp750.000,-. Anda bisa mencetak pada kertas 58mm melalui smartphone dan PC.

Printer ini juga portable, Anda tidak harus selalu terhubung ke sumber listrik karena sudah dilengkapi baterai.

10. Printer Enibit JZ-SPT12BT

Printer Enibit JZ-SPT12BT seharga Rp800.000,- ini dapat Anda gunakan untuk mencetak di atas kertas 58mm. Anda bisa membawanya ke mana-mana karena dilengkapi baterai charger.

Selain menggunakannya melalui smartphone yang terkoneksi ke bluetooth. Anda juga dapat mencetak dari PC menggunakan kabel USB.

Itulah penjelasan mengenai apa itu printer thermal, jenis, dan kegunaannya untuk menunjang bisnis Anda. Memilih printer thermal sebagai alat mencetak struk pembayaran tentunya lebih menguntungkan karena perawatannya lebih mudah. Selain printer thermal, ada lagi yang namanya printer portable. Baca yuk Printer Portable Bluetooth: Manfaat dan Kegunaannya untuk Operasional Bisnis.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp