Home » Aplikasi » 9 Hal Penting Saat Memilih Printer Bluetooth yang Bagus

9 Hal Penting Saat Memilih Printer Bluetooth yang Bagus

printer-bluetooth-yang-bagus

Printer Bluetooth yang Bagus

Terdapat banyak pilihan jenis printer untuk bisnis online shop, toko kelontong, restoran, dan lainnya. Salah satunya, printer bluetooth atau printer thermal bluetooth.

Apa itu printer thermal bluetooth dan bagaimana cara memilih printer bluetooth yang bagus? Cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Printer Thermal Bluetooth?

Printer thermal bluetooth adalah printer atau alat untuk mencetak bukti pembayaran melalui aplikasi kasir toko. Printer bluetooth biasanya berukuran mini. Anda dapat menggenggam dan memindahkannya dengan mudah.

Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan perangkat smartphone atau laptop yang sudah terpasang aplikasi kasir. Kemudian, Anda tinggal mencetak struk, bukti pembelian atau bukti penjualan.

Jika menggunakan smartphone, mengkoneksikan smartphone dengan printer dapat melalui bluetooth. Sementara jika perlu mencetak bukti pembayaran melalui PC atau laptop, Anda bisa memilih, mau menggunakan koneksi bluetooth atau menggunakan sambungan kabel USB.

Tips Memilih Printer Bluetooth yang Bagus

Dari banyaknya pilihan printer bluetooth yang beredar di pasaran, tentu Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips memilih printer bluetooth yang bagus.

1. Pastikan Jenis Printer Support dengan Aplikasi Kasir Toko yang Anda Gunakan

Supaya bisa mencetak dari aplikasi, Anda harus memastikan jenis printer thermal bluetooth sudah support dengan aplikasi kasir toko yang Anda gunakan.

Misalnya, untuk aplikasi kasir iREAP Pos, Anda dapat menggunakan jenis dan tipe printer bluetooth, seperti printer bluetooth Panda (PRJ-80AT-BT, PRJ-R80B, PRJ-58D, PRJ-58B), printer bluetooth Epson (TM-T82X with interface WIFI/LAN atau tipe printer Epson P20 yang support customize logo), printer bluetooth Bella, Gowell, Bixolon, Enibit, dan sebagainya.

2. Bisa Bekerja di Berbagai Perangkat (HP, laptop, desktop)

Agar bisa menghemat anggaran pembelian perangkat, pilihlah printer thermal bluetooth yang bisa bekerja pada seluruh perangkat.

Caranya dengan memastikan perangkat printer bluetooth memiliki dukungan koneksi bluetooth dan kabel USB agar Anda bisa mencetak dari smartphone, laptop, dan PC. Printer Bluetooth Thermal

3. Sudah Menerapkan Teknologi Thermal

Printer kasir memiliki 2 jenis teknologi, yaitu thermal dan dot matrix. Pastikan Anda membeli printer yang menggunakan teknologi thermal karena perawatan dan perbaikan kerusakannya lebih mudah.

Proses mencetak struk pembayaran juga lebih cepat. Menggunakan kertas khusus memang membuat harga kertas thermal terasa lebih mahal.

Namun, pembelian kertas khusus ini tetap lebih ekonomis dan praktis dibanding Anda harus membeli tinta isi ulang.

4. Ukuran Kertas dan Jenis Bisnis

Untuk ukuran kertas yang digunakan pada printer thermal bluetooth, umumnya menggunakan ukuran 58mm dan 80mm. Nah, pilih ukuran kertas sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Apabila Anda menjalankan aplikasi kasir untuk toko kelontong atau online shop, gunakan kertas berukuran 58mm. Karena ukuran kertas dengan lebar 80mm lebih cocok untuk mencetak struk pembayaran bisnis PPOB (payment point online banking).

5. Tempat Kertas Muat untuk Ukuran Besar

Selain ukuran kertas, mempertimbangkan printer untuk kasir toko juga perlu dilihat dari ukuran tempat kertasnya. Printer bluetooth yang memiliki kapasitas kertas lebih besar tentu bisa menyimpan kertas dan mencetak struk pembayaran lebih banyak.

Jadi saat toko ramai pembeli, proses melayani pelanggan bisa lebih cepat dan tidak ada hambatan, karena Anda tidak perlu sering mengisi ulang kertas ke printer.

6. Dapat Bekerja dengan Listrik dan Baterai

Printer thermal bluetooth yang beredar saat ini semakin banyak pilihannya. Selain printer untuk kasir toko yang memerlukan energi listrik, ada juga printer yang dapat beroperasi menggunakan baterai.

Printer bluetooth yang mengandalkan daya baterai tentu lebih praktis untuk Anda bawa dan berpindah tempat. Anda juga tak perlu khawatir saat listrik padam.

7. Sudah Memiliki Fitur Koneksi Bluetooth

Apabila menggunakan smartphone untuk mengoperasikan aplikasi kasir toko, maka pilihlah printer thermal bluetooth yang mempunyai fitur koneksi bluetooth.

Sebab, penggunaan koneksi USB untuk smartphone sering kali sulit terdeteksi, bahkan tidak berfungsi.

Harga Printer Bluetooth

8. Harga Terjangkau dengan Kualitas Perangkat Printer Bluetooth yang Bagus

Harga perangkat printer bluetooth tentunya beragam. Ada yang murah, menengah, hingga sangat mahal. Sesuaikan saja pilihan printer bluetooth yang mau Anda gunakan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

Apabila budget terbatas, Anda bisa memilih printer thermal bluetooth murah yang menawarkan kualitas bagus.

Akan tetapi, pertimbangkan juga biaya perawatannya. Jangan sampai Anda memilih printer yang harganya murah, namun biaya perawatannya jauh lebih mahal dibandingkan harga beli perangkat.

Sementara untuk masa pakai perangkat yang lebih tahan lama (1 tahun atau lebih), Anda bisa membeli printer thermal transfer daripada direct thermal.

9. Hasil Cetak Bagus dan Jelas

Hasil cetak printer thermal bluetooth untuk kasir toko semakin berkembang. Saat ini, hasil cetakan struk pembayaran lebih berwarna, tidak hanya warna hitam.

Untuk itu, pilihlah printer dengan metode thermal transfer yang hasil cetak struknya bagus, jelas, dan tidak mudah pudar. Dengan cara ini, Anda bisa memudahkan pelanggan untuk membaca barang-barang yang dibeli beserta harga dan total pembeliannya.

Printer bluetooth memudahkan pebisnis untuk mencetak struk pembayaran dari aplikasi kasir toko. Anda bisa mencetak melalui smartphone atau PC. Printer thermal bluetooth yang menggunakan energi baterai memungkinkan untuk dibawa berpindah tempat dan tidak khawatir saat listrik mati. Selain printer bluetooth, ada juga printer thermal. Cari tahu secara lengkap mengenai Printer Thermal di sini, yuk.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp ireap pos