Home » Strategi Marketing / Bisnis » Tips Mudah Menggunakan TikTok Ads untuk Jualan di TikTok

Tips Mudah Menggunakan TikTok Ads untuk Jualan di TikTok

tiktok-ads-untuk-jualan-di-tiktok

Tips Mudah Menggunakan TikTok Ads

TikTok ads adalah perangkat untuk pemasangan iklan yang tersedia di aplikasi TikTok. Kenapa harus menggunakan TikTok ads? Memasang TikTok ads melalui pembuatan konten yang menarik dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dan memperbesar peluang terjadinya penjualan produk.

Nah, bagaimana cara memasang iklan di TikTok ads? Yuk cari tahu selengkapnya mengenai kenapa harus TikTok ads, cara beriklan di TikTok ads, dan berapa biayanya.

Kenapa Harus TikTok Ads?

Memasang TikTok ads melalui pembuatan konten yang menarik dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dan memperbesar peluang terjadinya penjualan produk. Apalagi jika target market Anda merupakan wanita muda.

TikTok tersedia di 150 negara dengan audiens yang didominasi oleh generasi Z (generasi yang lahir tahun 1995-2010). Berdasarkan data dari Hootsuite, jumlah pengguna aktif TikTok di seluruh dunia mencapai 1 miliar per September 2021.

Dari jumlah tersebut, 43% pengguna TikTok berusia 18 sampai 24 tahun (dewasa muda) dengan pengguna wanita sebanyak 24,7%. Engagement di TikTok juga tinggi karena pengguna dewasa muda menghabiskan waktu kurang lebih 80 menit per hari untuk mengakses TikTok.

Jumlah pengguna TikTok yang terus bertambah membuat Hootsuite memprediksi TikTok ads dapat menjangkau audiens 18 tahun ke atas sebanyak 825 juta. Ini artinya, mempromosikan produk atau bisnis Anda di TikTok bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Jenis Iklan di TikTok Ads

In-Feed Video

Jenis iklan in-feed video akan menampilkan konten promosi Anda di beranda pengguna TikTok, tepatnya di antara konten FYP (for your page) TikTok setelah mereka melakukan beberapa kali scrolling konten.

Konten promosi Anda akan tampil satu layar penuh dan pengguna TikTok bisa berinteraksi (memberikan like, komen, bahkan share).

Jenis iklan ini biasanya menarik lebih banyak engagement pada konten. Nah, kalau target Anda memasang iklan di TikTok untuk meningkatkan omzet penjualan, tidak ada salahnya Anda mencoba jenis iklan in-feed video ini.

Brand Takeover

Bagaimana cara TikTok ads bisa meningkatkan brand awareness? Anda bisa memilih jenis iklan brand takeover. Brand takeover adalah iklan yang tampil memenuhi layar pengguna saat pertama kali membuka aplikasi TikTok.

Setelah tayang selama beberapa detik, iklan akan berubah menjadi in-feed video ads dan pengguna bisa memilih untuk melewati iklan (skip ads). Iklan ini bisa berupa gambar tidak bergerak, GIF, hingga video yang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi suatu halaman sesuai pengaturan Anda.

TopView Ads

Untuk membantu target pasar di TikTok semakin mengenal produk dan brand, Anda bisa menggunakan iklan di TikTok jenis topview ads.

Iklan berdurasi 5 hingga 60 detik ini akan tampil di halaman teratas beranda atau for your page, setelah pengguna membuka aplikasi selama 3 detik.

Durasi iklan pada jenis topview ads ini lebih panjang sehingga bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten video iklan yang lebih detail dan menarik perhatian.

Branded Hashtag

Jenis iklan menggunakan tagar tertentu akan tampil pada posisi teratas halaman discovery (halaman pencarian).

Untuk itu, Anda perlu memilih hashtag yang menunjukkan identitas brand. Selain menciptakan brand awareness, branded hashtag akan mendorong lebih banyak audiens untuk terlibat dengan brand.

Misalnya, Anda membuat challenge tertentu yang berhubungan dengan produk serta brand. Challenge ini akan membuat pengguna TikTok tertarik untuk membuat konten sesuai ketentuan dan turut menggunakan hastag yang sama.

Jadi, ketika pengguna mengunjungi hashtag tersebut, TikTok akan menampilkan koleksi konten video yang menggunakan hashtag sama.

Branded Effects

Anda juga bisa meningkatkan keterlibatan pengguna TikTok melalui branded effects ads. Jenis iklan TikTok ads ini memungkinkan Anda membuat filter khusus dan menggunakannya pada konten promosi.

Agar pengguna TikTok tertarik menggunakan filter buatan Anda, maka buatlah filter berupa effect maupun stiker yang lucu hingga aestetik.

Berapa Biaya Ads di TikTok?

Biaya Ads di TikTokBiaya memasang iklan di TikTok ads tergantung pada tujuan dan anggaran yang Anda pilih. Terdapat 2 jenis anggaran iklan di TikTok ads, yaitu:

  • Anggaran harian (daily budget) merupakan jumlah biaya maksimal yang Anda keluarkan untuk mempromosikan satu konten (campaign) atau beberapa konten iklan (group campaign) setiap harinya.
  • Anggaran seumur hidup (lifetime budget) adalah jumlah biaya maksimal yang ingin Anda belanjakan untuk campaign maupun group campaign selama iklan berjalan pada periode tertentu. Namun, rata-rata anggaran per harinya belum tentu merata.

Berdasarkan kedua anggaran tersebut, ada budget minimum yang perlu Anda sediakan setiap hari. Untuk iklan tingkat campaign, anggaran harian dan anggaran total untuk iklan seumur hidup harus lebih dari 50 dollar Amerika.

Namun untuk anggaran iklan yang bisa mendorong pengguna menginstal aplikasi, Anda memerlukan budget lebih dari 100 dollar per hari.

Untuk group campaign, anggaran harian harus melebihi 20 dollar Amerika dan anggaran seumur hidup dihitung sebagai anggaran harian dengan minimal 20 dollar dikali hari yang Anda jadwalkan.

Contoh: jika Anda menjadwalkan 31 hari, minimal budget untuk group campaign ads adalah 20 dollar x 31 hari = 620 dollar.

Cara Mulai Beriklan dengan TikTok Ads Manager

Cara Mulai Beriklan dengan TikTok Ads Manager

Bikin Akun Dulu di TikTok Ads

Kunjungi situs https://ads.tiktok.com/i18n/signup untuk membuat akun TikTok ads. Anda bisa mendaftar menggunakan email atau akun TikTok bisnis yang sudah Anda miliki.

Tentukan Campaign TikTok Ads

Jika sudah memiliki akun di TikTok ads, Anda bisa masuk ke dashboard akun. Pilihlah menu campaign dan create untuk memulai pembuatan TikTok ads.

Tentukan tujuan utama campaign yang ingin Anda dapatkan, seperti menambah traffic, menghasilkan konversi, instal aplikasi, atau menjaring calon pelanggan baru lebih banyak sehingga tercipta penjualan.

Penentuan Target dan Detail Ads

Setelah memilih tujuan campaign, Anda harus menentukan target pasar dan detail iklan. Target pasar ini terdiri atas pemilihan audiens khusus atau audiens serupa.

Untuk audiens khusus, Anda perlu menentukan demografi (jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa), minat dan perilaku, perangkat, hingga penargetan.

Sementara untuk detail iklan, Anda bisa memilih untuk menempatkan iklan hanya di platform TikTok atau menayangkan iklan di platform lainnya, seperti BuzzVideo, NewsRepublic, dan lainnya.

Setelah itu, isi nama tampilan iklan, gambar, kategori, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan deskripsi aplikasi atau website sebanyak 20 kata untuk memperjelas iklan.

Budgeting dan Jadwal Tayang

Pada tahap ini, Anda perlu mengatur anggaran dan jadwal tayang iklan. Anda bisa menjadwalkan iklan hanya untuk satu hari atau mingguan.

Budget yang dikeluarkan tentunya sesuai dengan jadwal iklan Anda, dengan saldo sesuai pilihan anggaran (harian atau tahunan) dan jenis campaign (campaign atau group campaign ads).

Cara Pembayaran

Terdapat 2 pilihan pembayaran iklan di TikTok, yaitu prabayar dan bayar otomatis. Untuk prabayar, Anda akan menyediakan saldo dengan jumlah sesuai anggaran yang dipilih.

Pembayaran ini membuat Anda tak perlu repot menghitung durasi TikTok ads tayang. Iklan otomatis berhenti ketika saldo habis. Untuk bayar otomatis, Anda bisa mendebet saldo dari kartu debit maupun kartu kredit setelah iklan tayang.

TikTok ads adalah perangkat untuk pemasangan iklan yang tersedia di aplikasi TikTok. Beriklan di TikTok menggunakan TikTok ads akan membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan. Anda bisa memilih jenis TikTok ads berikut anggarannya yang sesuai dengan tujuan pemasangan iklan. Setelah tahu tentang iklan di TikTok, cari tahu juga yuk tentang Jenis Iklan Digital Marketing lainnya yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp ireap pos