Cara Mudah Berjualan di TikTok Shop untuk Pemula

Cara Mudah Berjualan di TikTok Shop untuk Pemula

Apa bedanya TikTok Shop dan TikTok Seller Center? Beda TikTok Shop dan TikTok Seller Center adalah TikTok Shop untuk promosi dan jualan, TikTok Seller Center untuk mengelola toko dan produk di TikTok Shop. Baca yuk penjelasan lengkapnya dan cara memulai jualan di TikTok untuk pemula.

berjualan di TikTok untuk Pemula

Apa Bedanya TikTok Shop dan TikTok Seller?

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang terdapat dalam aplikasi TikTok. Melalui TikTok Shop, Anda bisa menjual produk dari banyak seller dan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Bahkan, Anda bisa menjual produk Anda sendiri. Tinggal sisipkan URL produk pada konten video. Nanti URL tersebut akan tampil di tayangan video dalam bentuk ikon keranjang kuning.

Apa Itu TikTok Seller Center?

TikTok Shop Seller Center adalah halaman khusus yang disediakan TikTok untuk mengatur produk yang akan Anda jual di akun TikTok Shop. TikTok Seller Center memiliki banyak fitur menarik, seperti manajemen operasi toko, growth market, analisis kinerja, pembaruan kebijakan, layanan, dan data keterlibatan pelanggan.

Beda TikTok Shop dan TikTok Seller Center

Jadi, bedanya TikTok Shop dan TikTok Seller Center adalah TikTok Shop untuk mempromosikan dan menjual produk, sementara TikTok Seller Center adalah halaman pada web TikTok Shop untuk mengelola toko online (mengatur operasional dan manajemen toko), serta melakukan pengaturan produk.

Cara Mudah Berjualan di TikTok Shop

Buat Akun Bisnis

Jika belum memiliki akun TikTok, buat terlebih dulu akun TikTok for business. Caranya, buka akun TikTok pribadi, klik garis tiga, kemudian pilih pengaturan akun > kelola akun > alihkan ke akun bisnis.

TikTok Shop

Buat Toko di TikTok Seller Center

Apabila sudah memiliki akun TikTok bisnis, Anda bisa segera membuat toko di TikTok Shop Seller Center menggunakan langkah-langkah berikut: 

  • Mengakses https://seller-id.tiktok.com/register.
  • Pilih Sign Up (mendaftar) menggunakan akun TikTok atau mendaftar menggunakan email dan nomor telepon yang Anda gunakan untuk akun TikTok bisnis.
  • Setelah berhasil masuk ke TikTok Seller Center, atur alamat toko (tempat penjemputan barang oleh kurir). Isi data berupa alamat lengkap, kode pos, dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Isi juga alamat pengembalian barang. Apabila alamatnya sama dengan alamat toko, Anda bisa menggunakan alamat tersebut dengan cara mencentang set as return address.
  • Centang pada kotak persetujuan terkait terms and condition.
  • Tekan start your business.

Verifikasi Dokumen

Berikutnya, Anda akan diminta mengunggah beberapa dokumen pribadi dan dokumen bisnis (apabila memiliki perusahaan berbentuk CV atau PT) untuk melakukan verifikasi. Cara verifikasi dokumen, yaitu:

  • Masuk ke halaman beranda TikTok Shop Seller Center dan pilih verify documents.
  • Pada informasi penjual akan tampil pilihan jenis bisnis yang Anda daftarkan (perorangan atau perusahaan).
  • Pilih yang sesuai dengan bisnis Anda.
  • Masukkan nama toko yang akan Anda kelola di TikTok Shop.
  • Unggah KTP atau paspor untuk jenis usaha milik perorangan (individu).
  • Unggah beberapa dokumen, seperti surat izin bisnis dan dokumentasi resmi dari pemerintah untuk jenis bisnis berbentuk perusahaan.
  • Tekan send (kirim) setelah proses mengunggah dokumen selesai.
  • TikTok akan melakukan peninjauan terhadap akun Anda setelah dokumen berhasil terkirim.
  • Tunggu hasil verifikasi.

Tambahkan Data Bank dan Nomor Rekening

Anda bisa menambahkan rekening bank ke toko Anda. Hal ini diperlukan supaya Anda bisa bertransaksi di TikTok Shop. Berikut caranya:

  • Masuk ke bagian beranda TikTok Shop Seller Center.
  • Pilih tautkan rekening bank.
  • Setelah berhasil, pilih tautkan akun.
  • Masukkan data terkait rekening bank, mulai dari nama rekening, nama bank, nomor rekening, alamat, nomor telepon, email, dan data lainnya.
  • Jika usaha milik perorangan, nama akun Anda harus sesuai dengan nama yang tertera pada rekening.
  • Sementara jika bisnis perusahaan, maka nama toko harus sesuai dengan nama rekening perusahaan yang terdaftar.
  • Lengkapi beberapa kolom lainnya yang wajib diisi.
  • Apabila sudah yakin semua data yang Anda masukkan benar, klik send.

Tunggu Konfirmasi Akun dari TikTok

Tunggu hasil verifikasi akun kurang lebih 7 hari kerja (tidak termasuk sabtu, minggu, dan tanggal merah). Apabila peninjauan gagal (belum memenuhi persyaratan), Anda akan menerima email pemberitahuan terkait cara mengirim ulang dokumen yang diperlukan. Lalu jika selama 7 hari kerja belum menerima hasil peninjauan, Anda bisa menghubungi customer service TikTok Shop Seller Center.

jualan dan kelola toko online di TikTok Shop

Bikin Katalog Produk di TikTok Shop

Jika sudah berhasil terdaftar di TikTok Shop Seller Center, Anda bisa mulai membuat katalog produk. Lengkapi data produk, seperti nama, deskripsi, brand, kategori, dimensi dan berat, harga jual, hingga pilihan pembayaran. Misalnya, transfer bank, e-wallet, Indomaret, dan lainnya.

Promosikan Toko

Katalog produk sudah siap, kini saatnya Anda mempromosikan toko beserta produk yang Anda tawarkan. Buatlah konten video yang menarik perhatian. Gunakan storytelling dan tambahkan caption menarik sehingga pengguna TikTok penasaran. Jangan lupa, gunakan hashtag yang relevan dengan toko Anda serta hashtag populer yang bisa mendorong konten masuk FYP TikTok.

Dalam konten, Anda bisa menambahkan tagline khusus yang membuat toko Anda unik dan mudah diingat. Misal, tagline toko gorden kak Jill yang sering kali diulang-ulang: “10 gelombang kanan 10 gelombang kiri” atau “Supa dupa TikTok, Darling”. Selain itu, tambahkan pula call to action (CTA) agar audiens yang menonton konten Anda bergegas melakukan pembelian.

Manfaatkan TikTok Ads

Agar semakin banyak pengguna TikTok mengenal TikTok Shop berikut bisnis Anda, coba manfaatkan fitur TikTok ads yang dapat membantu meningkatkan engagement dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Beberapa benefit lain yang bisa Anda dapatkan dari TikTok ads, antara lain:

  • Memungkinkan konten Anda masuk FYP atau lebih sering muncul di berada pengguna TikTok yang sesuai preferensi.
  • Anda akan mendapatkan data insight yang berkaitan dengan kebiasaan pelanggan, konten promosi yang mereka sukai, dan hasil dari penayangan iklan. Semua data ini bisa Anda analisis untuk referensi membuat konten promosi yang lebih baik di masa depan.

Itulah beda TikTok Shop dan TikTok Seller Center. TikTok Shop adalah fitur dalam aplikasi TikTok yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan URL produk dalam konten video Anda. Sementara TikTok Seller Center merupakan halaman khusus yang disediakan TikTok untuk mengelola toko dan mengatur produk yang akan Anda jual. Bagi Anda yang masih bingung menggunakan TikTok ads, sebaiknya baca juga Tips Mudah Menggunakan TikTok Ads untuk Jualan di TikTok.

Banner-ireap-lite-free