Ini Tugas Kasir Toko Ritel dan Tanggung Jawabnya

tugas-kasir-toko

Tugas kasir Toko dan Tanggung Jawab

Bagi Anda yang baru mendapatkan pekerjaan menjadi kasir toko, sudahkah Anda tahu apa saja tugas kasir toko? Secara umum, tugas kasir toko adalah melayani pelanggan.

Ini berlaku untuk jenis kasir toko apa pun, termasuk toko ritel, seperti mini market, supermarket, departemen store, dan sebagainya. Selain melayani pelanggan, masih banyak lho tugas kasir toko lainnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

1. Tugas Pokok Kasir Toko Ritel Secara Umum

Selama ini, Anda pasti sudah tahu kalau tugas kasir toko ritel yang sering terlihat, antara lain menginput pembelian yang dilakukan pelanggan, membungkus belanjaan, serta menerima pembayaran baik secara tunai, debit, e-money, kartu kredit atau jenis pembayaran lainnya.

Setelah pembayaran diterima, maka kasir akan mencetak bukti transaksi. Semua tugas ini memang rata-rata menjadi tugas dan tanggung jawab kasir toko ritel.

Namun selain tugas tersebut, masih ada beberapa tugas kasir yang wajib Anda kuasai jika bekerja sebagai kasir toko ritel. Lanjutkan membaca, ya.

2. Paham dan Tahu Kebijakan Toko

Setiap toko ritel pasti sudah menentukan berbagai kebijakan terkait pembayaran, pengembalian produk, diskon, promo produk, penukaran produk, sistem pelaporan dan penghitungan total penjualan. Bahkan cara absensi, waktu kerja, pergantian shift, juga ada aturan dan kebijakannya.

Nah, seorang kasir toko ritel harus paham dan tahu dengan pasti semua kebijakan tersebut. Itu sebabnya, pada awal bekerja sebagai kasir, Anda akan diminta mempelajari peraturan perusahaan dan SOP kasir. Tujuannya, untuk meminimalkan terjadi kesalahan dalam menjalankan tugas sehingga berakibat merugikan toko. 

Tahu Cara Kerja Aplikasi Kasir Toko

3. Tahu Cara Kerja Aplikasi Kasir Toko dan Point of Sales

Sebagai seorang kasir toko ritel, sudah tentu Anda harus tahu cara kerja aplikasi kasir toko yang digunakan di toko ritel.

Mulai dari cara menggunakan aplikasinya, pencetakan bukti transaksi, sistem input data ke aplikasi kasir toko, merekap penjualan, cek stok barang, dan lainnya.

Prinsipnya, Anda bisa dengan baik mengoperasikan perangkat Point of Sales (POS) yang digunakan di toko dengan baik.

4. Mengenali Kode Produk

Agar bisa melayani pelanggan dan mengoperasikan sistem aplikasi kasir toko yang digunakan, Anda tentu harus mengenali dan mengingat kode produk.

Hal ini akan berguna ketika pada saat proses scan barcode terjadi error, dan Anda pun perlu menginput kode produk secara manual.

Namun karena kode produk di toko ritel sangat banyak, maka minimal Anda bisa membuka menu inventaris produk di aplikasi kasir toko, sehingga Anda bisa menemukan kode produk dengan lebih mudah.

5. Kasir Toko Perlu Bisa Melakukan Cross-Selling

Cross selling adalah teknik menawarkan produk pendukung atau produk pelengkap dari produk yang sudah dibeli pelanggan.

Misalnya, pelanggan membeli pasta gigi dan sabun mandi. Maka kasir bisa sekalian menawarkan sikat giginya dan shampo, misalnya.

Tujuan cross-selling adalah mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Kasir Toko Bisa Cross-Selling

6. Menyebutkan Jumlah Uang dan Memeriksa Keaslian Uang

Tugas penting kasir toko ritel berikutnya, Anda wajib menyebutkan jumlah uang, baik saat menerima uang dari pelanggan maupun ketika menyerahkan uang kembalian.

Menyebutkan jumlah uang untuk memastikan pelanggan juga mengetahui jumlah pembelian yang telah mereka lakukan. Lalu saat menerima uang, kasir juga wajib memeriksa keaslian uang dengan teliti agar terhindar dari kemungkinan menerima uang palsu.

7. Kewajiban dan Tugas Kasir Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut kewajiban dan tugas kasir toko ritel lainnya:

  • Harus memiliki ketelitian dan kejelian yang tinggi berkaitan dengan penjualan dan penerimaan uang.
  • Ramah dan terampil dalam melayani pelanggan.
  • Jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dijalankan.
  • Mampu membuat laporan keuangan dan pembukuan yang benar. Termasuk, menyesuaikan dengan keadaan uang yang sebenarnya.
  • Menjaga kebersihan dan kerapian di area kasir.
  • Secara berkala melakukan pengecekan terhadap stok barang dan melaporkannya kepada bagian lain terkait barang yang stoknya hampir habis.
  • Memastikan perangkat aplikasi kasir toko, gadget, printer, atau perangkat kasir lainnya bisa berfungsi dengan baik.

Demikian tugas kasir toko ritel yang perlu Anda tahu. Untuk meringankan tugas seorang kasir, pastikan juga toko tempat Anda bekerja sudah menggunakan aplikasi kasir toko yang bagus. Ini Alasan Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Bisa Mendukung Perkembangan Usaha.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp