Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

cara-jualan-di-shopee

Bagaimana jualan di Shopee untuk pemula

Apakah Anda sedang mau memulai usaha atau bisnis online? Apakah Anda ingin jualan di Shopee? Shopee adalah marketplace yang memiliki banyak pengguna, sehingga banyak penjual yang sudah menikmati keuntungan jualan di Shopee. Bagaimana jualan di Shopee untuk pemula? Simak yuk panduan berjualan di Shopee dan keuntungan jualan di Shopee pada artikel ini.

Keuntungan Jualan di Shopee

Belanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan semakin digemari masyarakat. Alih-alih berbelanja secara langsung ke toko, banyak orang yang lebih memilih berbelanja online di Shopee misalnya, dengan alasan praktis, mudah, cepat, dan bebas ongkos kirim. Apalagi banyak penawaran diskon dan promosi untuk produk tertentu, asalkan rajin berselancar dan mencari mana toko atau produk yang sedang diskon. Lalu, apa saja keuntungan jualan di Shopee bagi pebisnis?

  • Bagi Anda yang masih pemula, Anda bisa memulai bisnis online hanya dengan bermodal smartphone. Lalu daftarkan diri Anda menjadi reseller atau dropshipper. Dengan cara ini, Anda bisa berjualan tanpa modal dan tanpa perlu punya stok barang sendiri.
  • Shopee memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada juga pengguna dari luar negeri. Otomatis Anda bisa menjangkau target market yang luas.
  • Dapat membangun kepercayaan konsumen karena dana yang ditransfer oleh konsumen akan diterima pihak Shopee dan tidak akan diteruskan pada penjual sebelum produk pesanan diterima dengan baik oleh konsumen. Tentu cara ini akan meminimalkan rasa khawatir konsumen akan penipuan belanja online yang kian marak.
  • Tersedia banyak fitur yang menguntungkan pembeli, sehingga peluang terjadinya penjualan semakin besar. Beberapa fitur yang tersedia di Shopee, di antaranya gratis ongkir, program flash sale, hingga bimbingan bagi penjual online lewat Kampus UMKM Shopee, dan banyak lagi.
  • Shopee sudah terintegrasi dengan banyak jasa pengiriman paket, yang berpotensi membantu bisnis online Anda berkembang lebih cepat dan lebih pesat.

Strategi Berjualan di Shopee untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Walaupun memiliki banyak pengguna aktif, di Shopee juga sudah banyak penjual yang eksis. Nah, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu menerapkan strategi jualan di Shopee secara tepat, seperti:

cara jualan di Shopee

1. Aktifkan Fitur Ongkos Kirim Gratis

Semua toko yang ada di Shopee bisa memberikan ongkos kirim gratis kepada pelanggan, asalkan pemilik toko mengaktifkan fitur ongkir yang tersedia. Jadi, Anda perlu mendaftarkan toko online Anda terlebih dahulu dalam program ongkir gratis melalui aplikasi atau situs Shopee di halaman Gratis Ongkir. Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan dan sertakan dalam pendaftaran. Setelahnya, tunggu 2 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur ya), maka fitur sudah bisa Anda gunakan.

2. Perbanyak Produk dan Atur Berdasarkan Kategori

Cara jualan di Shopee supaya dapat banyak pelanggan dan meningkatkan jumlah transaksi penjualan, Anda perlu memperbanyak produk yang dijual, kemudian atur semua produk berdasarkan kategori. Tujuannya, untuk memudahkan pembeli yang sedang mencari produk untuk memenuhi kebutuhan mereka di toko Anda. Dengan jenis produk yang lengkap, banyak, dan tertata rapi dalam kategori, pembeli akan dengan senang hati berbelanja di toko online Anda.

3. Perbanyak Review Positif, Jumlah Like, dan Follower Toko

Sama halnya seperti media sosial dan platform jualan lainnya, jualan di Shopee juga membutuhkan upaya yang lebih untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Perbanyak jumlah like dan follower toko untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Kamu bisa minta review positif dari pelanggan yang sudah pernah berbelanja di tokomu dan berikan mereka benefit agar kembali berbelanja, misalnya diskon 10% untuk pembelian berikutnya. Selain itu, memaksimalkan promosi di media sosial agar lebih banyak orang mengetahui keberadaan toko online Anda.

4. Daftarkan Toko Online Anda untuk Ikut Program Khusus Shopee

Ada berbagai program yang diselenggarakan Shopee untuk membantu para penjual meningkatkan penjualannya. Salah satu program Shopee yang jangan sampai Anda lewatkan adalah flash sale atau diskon khusus saat tanggal kembali.

5. Rutin Melakukan Analisis Produk yang Banyak Dicari Pembeli

Jangan merasa sudah dapat untung, kemudian Anda santai-santai saja menunggu pembeli. Ingat, selain Anda, ada banyak penjual lain yang juga menginginkan produk jualannya laris. Untuk itu, Anda perlu rutin melakukan analisis dan mencari tahu kebutuhan produk apa saja yang banyak dicari pembeli. Sediakan produk tersebut di toko Anda, kemudian jangan lupa promosi yang gencar, ya. Cara ini sudah banyak terbukti bisa mendatangkan lebih banyak pembeli dan meningkatkan keuntungan Anda, lho.

6. Penting Melakukan Rekap Penjualan dan Pencatatan Transaksi Keuangan

Hal penting berikutnya supaya Anda tahu perkembangan bisnis Anda sudah baik atau belum, Anda perlu melakukan rekap penjualan secara berkala, termasuk melakuka pencatatan transaksi keuangan. Tidak hanya untuk mengetahui laba atau keuntungan saja, melakukan pencatatan transaksi penjualan akan membantu kamu mengetahui produk mana saja yang sering dibeli dan mana saja produk yang kurang laku.

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir gratis untuk melakukan rekap penjualan, bahkan sekaligus membuat faktur penjualan dan pencatatan transaksi keuangan secara otomatis. Ada banyak pilihan aplikasi kasir gratis yang tersedia, salah satunya aplikasi kasir gratis iReap POS yang bisa langsung Anda unduh dan gunakan.

keuntungan jualan di Shopee

Panduan Cara Jualan di Shopee

Sudah siap jualan di Shopee? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa mulai jualan di Shopee:

  1. Buat akun di platform Shopee dengan cara download aplikasi, kemudian masuk ke Seller Center (seller.shopee.co.id).
  2. Klik “Saya” untuk Mulai Jual di Aplikasi Shopee. Masukkan nomor telepon untuk verifikasi.
  3. Upload produk dengan cara klik “Tambah Produk Baru”.
  4. Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai, serta Informasi Pengiriman mengenai jasa kirim yang akan digunakan.
  5. Atur jasa pengiriman dengan memilih minimal satu jasa pengiriman yang Anda sediakan.
  6. Pihak Shopee akan meninjau produk Anda. Untuk itu, pastikan Anda hanya mengunggah produk yang tidak melanggar ketentuan pemerintah dan Shopee. Cara ini juga berlaku ketika Anda mendaftar untuk jualan di Shopee melalui situs www.shopee.co.id.

Nah, tunggu apalagi? Ayo jualan di Shopee dan manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan dan memperbaiki kehidupan Anda beserta keluarga. Selamat berjualan di Shopee. Semoga sukses!

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp