Home » Strategi Marketing / Bisnis » Ingin Jadi Reseller Skincare & Kosmetik Lokal? Ini Tipsnya!

Ingin Jadi Reseller Skincare & Kosmetik Lokal? Ini Tipsnya!

jadi reseller kosmetik

Reseller Skincare dan Kosmetik

Saat memutuskan ingin jadi reseller, banyak orang yang bertanya-tanya, jadi reseller apa yang paling menguntungkan? Nah, salah satunya ternyata jualan kosmetik dan skincare lho.

Beberapa tahun terakhir sudah banyak brand skincare dan kosmetik lokal menawarkan produk-produk berkualitas tinggi serta harga kompetitif yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.

Ini tentu saja membuka peluang yang menguntungkan bagi siapa pun yang ingin ikut jualan skincare dan kosmetik.

Apakah Anda ingin jadi reseller skincare dan kosmetik lokal? Klo iya, cari tahu cara dan tips jadi reseller yang bisa dapat untung dan sukses di artikel iReap POS ini, yuk.

7 Tips Jadi Reseller Skincare dan Kosmetik Lokal yang Sukses

1. Product Knowledge Mumpuni

Salah satu kunci kesuksesan menjadi reseller skincare dan kosmetik lokal terletak pada pengetahuan produk yang Anda miliki.

Maksudnya, Anda harus benar-benar paham mengenai produk skincare dan kosmetik yang Anda jual, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, manfaatnya, dan cara penggunaannya.

Dengan pengetahuan yang mumpuni, Anda dapat memberikan informasi yang akurat kepada calon pembeli, meningkatkan kepercayaan, dan menjadikan diri Anda sebagai ahli untuk mempromosikan bisnis reseller yang Anda jalani.

2. Tahu Tren yang Digemari Masyarakat

Pahami tren kecantikan yang sedang digemari konsumen. Misalnya brand yang produknya banyak diburu atau sedang viral di media sosial, bahan baku produk yang sesuai kebutuhan, warna-warna kosmetik yang banyak peminat, hingga produk skincare yang cocok untuk musim yang sedang berlangsung.

Untuk itu, lakukan riset terkait merek yang banyak penggemar, teknik makeup terkini, urutan pemakaian skincare, jenis skincare untuk kategori usia tertentu, dan sebagainya.

Kalau memiliki pemahaman yang detail mengenai tren yang sedang berlangsung, Anda dapat menyesuaikan produk apa saja yang harus Anda jual dan memastikan stok produk aman sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Pilih Produk dari Brand yang Kredibel dan Terpercaya

Pilihlah produk kosmetik lokal yang tidak hanya populer, tetapi juga memiliki kualitas yang baik. Anda juga perlu memastikan semua produk skincare dan kosmetik lokal yang Anda pasarkan aman untuk digunakan, telah teruji dermatologist, dan memiliki sertifikasi BPOM.

Mengapa hal ini penting? Karena sekali konsumen kecewa dengan produk yang Anda jual, mereka akan membicarakannya ke lebih banyak orang sehingga bisnis Anda jadi kehilangan kredibilitas. Dampak berikutnya, Anda bisa kehilangan banyak pelanggan potensial.

Sebaliknya, kalau Anda menjual produk yang kualitasnya bagus dan keamanannya terjamin, pelanggan pun akan puas dan mereka cenderung untuk melakukan pembelian lagi di lain waktu.

Kalau beruntung, pelanggan tersebut juga akan merekomendasikan bisnis Anda kepada kenalan dan relasi dalam jaringan pertemanan mereka. Ini tentu saja akan membuat produk yang Anda jual jadi laris dan keuntungan pun meningkat.

Tips Jadi Reseller Skincare dan Kosmetik yang Sukses

4. Jalin Kerjasama dengan Produsen

Untuk mendapatkan harga yang kompetitif dan akses langsung ke produk-produk terbaru, jalinlah kerjasama yang baik dengan produsen kosmetik lokal. Cara ini memungkinkan Anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah, informasi produk baru, promo yang berlangsung, dan tren terbaru.

5. Optimalkan Media Sosial untuk Promosi

Meskipun Anda hanya sebagai reseller yang menjalankan toko online di berbagai platform e-commerce, tetap manfaatkan media sosial semaksimal mungkin untuk melakukan promosi.

Buatlah konten menarik dengan kata-kata promosi yang mendorong konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut. Bikin foto produk skincare dan kosmetik lokal yang bagus, dan bangunlah interaksi yang akrab dengan pelanggan.

Sesekali adakan giveaway, bagi-bagi sample produk, atau membagikan voucher promo yang bisa mendorong terjadinya lebih banyak penjualan.

Jika memungkinkan dan memang ada dananya, boleh juga memanfaatkan fitur ads atau iklan berbayar yang tersedia di media sosial.

6. Miliki & Hitung Stok Barang Awal

Sebelum memulai bisnis reseller skincare dan kosmetik lokal, Anda harus memastikan ketersediaan stok produk dan kemudahan mendapatkan produk yang mau Anda jual.

Jangan sampai ketika ada konsumen yang mau melakukan transaksi pembelian, ternyata stok kosong atau produk sulit didapatkan. Ini sudah pasti akan membuat konsumen kecewa.

Jika menjalankan bisnis reseller tanpa modal, lebih baik Anda bekerja sama dengan beberapa seller atau supplier yang stok produknya terjamin. Sementara kalau punya modal, boleh juga Anda membeli dulu produk-produk laris tersebut demi keamanan ketersediaan produk.

Jangan lupa gunakan aplikasi kasir android yang punya fitur manajemen stok barang jika akhirnya Anda memutuskan melakukan pembelian dan memiliki stok barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Keuntungan Reseller Skincare dan Kosmetik

7. Juallah Benefit dan Prestise

Anda pasti sudah tahu kalau strategi promosi yang efektif itu adalah memanfaatkan media sosial dan website untuk promosi, memastikan foto produk berkualitas tinggi, membuat deskripsi yang menarik, dan sebagainya.

Sayangnya, strategi promosi dan pemasaran yang seperti itu sudah terlalu banyak yang menggunakan. Bahkan kompetitor Anda juga menggunakan strategi yang sama.

Supaya berbeda dan fokus konsumen tertuju pada produk dan bisnis reseller Anda, cobalah melakukan promosi dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menjual benefit dan prestise.

Anda bisa membuat konten terkait kandungan produk dan keistimewaan produk tersebut untuk masalah tertentu. Pilih “masalah” yang memang banyak dialami konsumen.

Di lain waktu, buat konten mengenai cara memperpanjang masa pakai kosmetik, tips menggunakan skincare yang benar, trik make up terbaru, dan sebagainya.

Lebih bagus lagi jual prestise di mana konsumen yang membeli produk di toko Anda akan mendapatkan membership dan loyalty program, misalnya, yang nantinya ada produk khusus yang hanya tersedia untuk konsumen yang menjadi member.

Pada prinsipnya, semakin kreatif Anda membuat materi promosi, perhatian konsumen akan tertuju pada Anda, toko online Anda, dan produk skincare dan kosmetik yang Anda tawarkan.

Menjadi reseller skincare dan kosmetik lokal bisa menjadi langkah yang menguntungkan, asalkan Anda rajin, konsisten, dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, unik, dan berbeda dari kompetitor. Selain itu, pastikan Anda menjual produk skincare dan kosmetik lokal yang laris dan banyak dicari konsumen. Untuk itu, baca juga 9 Rekomendasi Produk Kosmetik Lokal yang Wajib Reseller Jual.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp ireap pos