Loyalty Program: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

arti-loyalty-program

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Loyalty Program

Loyalty program adalah senjata ampuh untuk memenangkan hati pelanggan dan menjadikan mereka loyal. Sebab, pemberian reward, hadiah, atau benefit lain kepada pelanggan setia sudah terbukti ampuh menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan. Yuk, pahami dulu pengertian loyalty program, manfaat, dan cara kerjanya di artikel iReap ini.

Pengertian Loyalty Program

Dilansir dari Hubspot dan Investopedia, pengertian loyalty program adalah program yang perusahaan rancang untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.

Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari pengumpulan poin yang nanti bisa ditukar dengan produk menarik, membership, cashback, buy one get one, dan sebagainya.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyelenggarakan loyalty program, mulai dari peningkatan customer retention, membuat pelanggan jadi lebih setia pada produk bisnis Anda, dan sebagainya.

Lanjutkan membaca untuk tahu apa saja manfaat dari program loyalitas pelanggan bagi bisnis.

5 Manfaat Loyalty Program

Manfaat Loyalty Program

1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Di era internet dan teknologi canggih seperti saat ini, keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian tak lagi berdasarkan harga produk saja.

Umumnya, mereka akan mencari rekomendasi terlebih dahulu di internet, mendengar “percakapan” yang dilakukan oleh pelanggan lain, nilai-nilai yang berlaku, dan benefit yang bisa mereka dapatkan...

Nah, menyelenggarakan program loyalitas pelanggan menjadi cara yang menarik untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, sekaligus mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.

Contoh, Anda menyediakan hadiah eksklusif bagi pelanggan yang sering berbelanja dalam periode tertentu. Ketika pelanggan menyukai hadiah tersebut, mereka cenderung “berburu” hadiah lainnya yang Anda sediakan.

2. Meningkatkan Penjualan

Program loyalitas pelanggan juga dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih besar atau lebih sering.

Misalnya demi mengumpulkan poin untuk mendapatkan hadiah yang mereka inginkan, berbelanja lebih banyak untuk mendapatkan produk gratis atau harga lebih mudah, dan sebagainya.

3. Lebih Mudah Mendapatkan Review Positif

Konsumen era digital banyak sekali membaca ulasan dari pelanggan lain sebelum memutuskan membeli suatu produk atau layanan. Mereka juga lebih percaya rekomendasi dari teman, keluarga, atau orang lain.

Untuk mendapatkan review atau ulasan positif tersebut, Anda bisa lho menyelenggarakan loyalty program. Misalnya tersedia hadiah menarik bagi pelanggan yang ulasannya otentik.

4. Mendapatkan Pelanggan Baru dengan Biaya Lebih Murah

Sebagai pebisnis, Anda pasti sudah tahu kalau untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan banyak biaya. Anda harus memasang iklan secara offline yang tentu tak murah harga iklannya. Begitu pula untuk pemasangan iklan secara online.

Sebaliknya, ketika Anda menjalankan loyalty program, maka pelanggan yang sudah Anda miliki saat ini akan membantu Anda merekrut lebih banyak pelanggan baru. Kok bisa?

Sederhananya begini, Anda menerapkan program loyalitas. Lalu ketika ada pelanggan yang menikmati manfaat dari loyalty program yang ia ikuti, ia tak akan segan memberitahu teman, relasi, dan keluarganya mengenai program tersebut beserta bisnis Anda.

Artinya, pemasaran secara word of mouth atau dari mulut ke mulut masih efektif. Tak hanya untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan bisnis.

5. Membangun Hubungan Baik dan Membuat Bisnis Berbeda

Loyalty program menjadi cara terbaik untuk membangun hubungan yang baik, kuat, dan solid dengan pelanggan. Hal ini bisa terjadi karena dalam prosesnya ada interaksi yang memicu sisi emosional secara positif antara pelanggan dan produk atau layanan bisnis yang mereka gunakan.

Di saat yang sama, program loyalitas pelanggan yang dijalankan dengan baik dan memberikan manfaat menarik akan membuat pelanggan melihat bisnis Anda secara berbeda dengan kompetitor. Apalagi kalau ternyata kompetitor tak memiliki loyalty program.

Lalu, program loyalitas ini juga memungkinkan Anda mendapatkan data dan informasi terkait pelanggan, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan sebagainya.

Data ini bisa lho Anda gunakan untuk memberikan apresiasi tambahan, misalnya hadiah ulang tahun, yang membuat pelanggan makin setia dengan bisnis Anda.

Cara Kerja Loyalty Program

Cara Kerja Loyalty Program

Untuk memahami cara kerja program loyalitas pelanggan, maka pada ulasan berikut ini menggunakan contoh program pengumpulan poin belanja. Nantinya setelah jumlah poin cukup, pelanggan bisa menukarnya dengan hadiah menarik yang telah Anda sediakan. Berikut cara kerja loyalty program secara lengkap:

1. Pendaftaran Membership

Pada saat mensosialisasikan adanya program member bagi pelanggan yang berbelanja di bisnis Anda, maka sediakan juga formulir pendaftaran.

Jadi ketika pelanggan tertarik mengikuti program tersebut, mereka bisa langsung mendaftarkan diri dan meng-input data seperti nama, alamat tempat tinggal, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

2. Pengumpulan Poin

Anda perlu menjelaskan bentuk loyalty program yang berlangsung. Misalnya berbentuk pengumpulan poin.

Nah, poin tersebut bisa pelanggan dapatkan berdasarkan jumlah transaksi tertentu yang sudah Anda tentukan. Contoh, setiap belanja sebesar Rp30.000,- akan mendapatkan 1 (satu) poin.

Selain dari jumlah transaksi, Anda juga bisa menyediakan program lain untuk pengumpulan poin tambahan, misalnya dengan kode referral, aktif menulis ulasan mengenai produk yang digunakan, dan sebagainya.

3. Penukaran Poin dengan Hadiah atau Diskon

Ketika pelanggan telah mengumpulkan cukup banyak poin, mereka dapat menukarkannya dengan hadiah eksklusif yang tak dijual bebas, voucher belanja, voucher diskon, atau produk gratis yang bisa mereka pilih sendiri.

Penukaran poin ini untuk produk sesuai keinginan pelanggan akan meningkatkan pengalaman berbelanja mereka pada bisnis Anda, membuat mereka merasa dihargai, bahkan bisa pula mendorong mereka untuk berbelanja lebih banyak.

4. Aktivitas Loyalitas Tambahan

Beberapa program loyalitas juga dapat mencakup aktivitas tambahan, seperti penghargaan untuk ulang tahun pelanggan, penawaran eksklusif untuk anggota, atau undangan ke acara khusus. Semua ini bertujuan untuk memperkuat ikatan antara pelanggan dan brand dari bisnis Anda.

Semoga Anda sudah memahami dengan baik tentang pengertian loyalty program, manfaat, dan cara kerjanya. Selain pengumpulan poin belanja, masih banyak lho jenis dan contoh penerapan program loyalitas untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan. Cari tahu lebih banyak mengenai program loyalitas di sini, yuk: Jenis dan Contoh Loyalty Program.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp