Jenis dan Contoh Loyalty Program

contoh-loyalty-program

Jenis dan Contoh Loyalty Program

Loyalty program adalah strategi pemasaran yang sangat efektif untuk menjaga pelanggan agar tetap setia dan loyal dengan produk maupun layanan bisnis Anda.

Asalkan Anda bisa merancang dan menyelenggarakan program yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, maka Anda dapat membangun hubungan jangka panjang dengan mereka, meningkatkan retensi pelanggan, bahkan dapat meningkatkan penjualan.

Nah, berikut ini jenis dan contoh loyalty program yang bisa Anda terapkan.

Jenis dan Contoh Loyalty Program

1. Program Diskon dan Cashback

Program ini menawarkan insentif kepada pelanggan untuk berbelanja lebih banyak dengan menawarkan diskon atau cashback.

Dalam penerapannya, diskon dan cashback juga dapat mendorong pembelian berulang, misalnya dengan mencantumkan diskon khusus atau voucher cashback pada struk yang bisa pelanggan gunakan pada pembelian berikutnya.

Selain dapat mempertahankan pelanggan lama dan membuat mereka tetap setia berbelanja produk Anda, program ini juga bisa menarik perhatian pelanggan baru...

Contoh Loyalty Program Eksklusif Membership

2. Eksklusif Membership

Program keanggotaan juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Setiap pelanggan yang mendaftarkan diri dalam program ini akan mendapatkan berbagai benefit, seperti penawaran eksklusif, potongan pembelian, ongkos kirim gratis, dan sebagainya.

Keanggotaan semacam itu membuat pelanggan merasa istimewa dan terkoneksi lebih erat dengan produk maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan.

Selain menjadi member dan mendapatkan berbagai penawaran khusus, Anda juga bisa menambahkan program membership berjenjang. Artinya setiap pelanggan mencapai tingkatan tertentu, maka hadiah yang akan mereka dapatkan pun akan berbeda.

Contoh keanggotaan berjenjang yang cukup sukses bisa Anda lihat pada program membership di Tokopedia atau Traveloka. Keanggotaan jenjang silver dan bronze jelas mendapatkan keuntungan yang berbeda dengan member yang sudah di posisi gold atau platinum.

3. Poin Reward

Program poin reward memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin atas setiap pembelian atau tindakan tertentu. Ini bentuk program loyalitas pelanggan yang paling umum dan banyak diterapkan pebisnis.

Di saat yang sama, pelanggan umumnya juga menyenangi program ini, sebab poin yang terkumpul nantinya dapat ditukar dengan produk gratis, produk eksklusif, diskon, cashback, dan sebagainya.

Selain mengumpulkan poin dari transaksi yang dilakukan, pelanggan juga bisa mendapatkan poin tambahan dari membuat ulasan di media sosial, pada tanggal pelanggan ulang tahun, atau poin dari mengikuti gamifikasi.

Contoh Loyalty Program Charity Program

4. Charity Program

Anda bisa pula menyentuh sisi emosional pelanggan setia untuk berbagi dan membantu sesama. Jadi dalam program charity ini, Anda akan mengajak pelanggan untuk membeli produk tertentu, di mana sebagian keuntungan dari penjualan produk tersebut akan didonasikan ke program amal.

Lalu dalam penyelenggaraan program ini ada yang perlu Anda perhatikan, yaitu keterbukaan informasi, termasuk badan amal yang ditunjuk untuk menyalurkan donasi yang terkumpul.

Memang charity program tidak memberikan benefit secara khusus kepada pelanggan, namun program jenis ini selalu memiliki tempat tersendiri di hati pelanggan lho. Bahkan mereka yang peduli akan dengan senang hati membagikan program ini agar ada lebih banyak orang yang berpartisipasi.

5. Kontes Berhadiah

Bentuk lain untuk membuat pelanggan menjadi lebih loyal dengan brand atau produk Anda, bisa dengan menyelenggarakan kontes berhadiah. Dalam program ini, Anda akan mengajak pelanggan terlibat dan berpartisipasi dalam suatu konten yang Anda selenggarakan.

Para pemenang konten nantinya akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Nah, jenis loyalty program seperti ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan pelanggan, tetapi juga membantu menciptakan kegembiraan di sekitar merek Anda.

Setelah mengetahui jenis dan contoh loyalty program, Anda tinggal memilih jenis program loyalitas yang paling sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Bahkan Anda bisa berinovasi menciptakan program baru yang lebih menarik. Nah, untuk merancang program loyalitas, coba pelajari juga caranya dengan membaca artikel berikut: Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik dan Efektif.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp