5 Aplikasi yang Memudahkan Bisnis Online dan UMKM

aplikasi-yang-memudahkan-bisnis

Aplikasi yang Memudahkan Bisnis Online dan UMKM

Ada banyak kemudahan dalam menjalankan operasional bisnis di era digital seperti sekarang, seperti tersedia berbagai aplikasi bisnis yang memudahkan operasional bisnis, baik untuk menjalankan bisnis online maupun UMKM dan UKM. Nah, apa saja aplikasi yang memudahkan pebisnis menjalankan bisnisnya? Simak, yuk.

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Memudahkan Operasional Bisnis

1. Trello

Setiap karyawan memiliki peranan masing-masing dalam bisnis. Untuk memantau proses kerja, mengontrol, serta mengetahui individu maupun tim yang terlibat dalam proyek, pebisnis bisa menggunakan aplikasi Trello. Trello adalah aplikasi manajemen tugas yang memungkinkan setiap orang berkolaborasi mengembangkan proyek dalam satu wadah.

Sebagai papan tulis digital berbentuk sticky notes, setiap individu yang terlibat dalam proyek dapat menambahkan foto, lampiran, hingga komentar. Trello memiliki 4 fitur utama, yaitu:

  • Boards di Trello dapat menunjukkan keseluruhan proyek dan menjadi tempat berbagi informasi antar tim. Jumlah boards di Trello tak terbatas, sehingga pebisnis bisa menjalankan banyak proyek dalam waktu bersamaan dengan tim yang berbeda.
  • Cards adalah salah satu komponen dalam boards yang berguna menampilkan tugas serta ide yang akan dieksekusi.
  • Lists berfungsi sebagai workflow di dalam cards, yang membuat progres kerja terlihat lebih rapi. Ada 3 kategori cards, yaitu to do (akan dikerjakan), doing (dalam proses pengerjaan), dan done (sudah diselesaikan).
  • Menu merupakan pusat pengaturan dari setiap boards yang Anda miliki. Pebisnis dapat mengatur anggota tim, filter cards, hingga melihat riwayat aktivitas dari para pekerja.
Aplikasi HootSuite Untuk Kelola Akun Sosial Media

2. HootSuite

Platform media sosial menjadi salah satu media promosi digital yang bermanfaat untuk memperkenalkan produk bisnis hingga meningkatkan penjualan. Dalam menjalankan social media marketing, pebisnis dapat menggunakan beberapa channel media sosial. Supaya lebih efektif dan efisien dalam mengelola beberapa akun media sosial, Anda bisa menggunakan aplikasi HootSuite.

HootSuite adalah aplikasi di handphone untuk pebisnis yang bisa membantu Anda dalam manajemen media sosial. HootSuite dapat menjadwalkan waktu penayangan konten promosi, mengunggah konten ke beberapa media sosial secara bersamaan, hingga menganalisis kinerja akun media sosial bisnis. Untuk pengguna dalam mode gratis, pebisnis dapat mengintegrasikan 3 akun sosial media dan menjadwalkan 30 konten.

3. Aplikasi Perbankan

Aplikasi untuk bisnis online berikutnya yang perlu Anda miliki untuk memudahkan operasional bisnis adalah aplikasi mobile banking. Memiliki aplikasi perbankan digital di smartphone akan membantu Anda dalam melakukan berbagai transaksi keuangan bisnis. Anda bisa memeriksa saldo secara teratur, melakukan pencatatan mutasi rekening secara real time, membayar gaji karyawan, dan sebagainya.

4. Google My Business

Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, pebisnis dapat memanfaatkan aplikasi Google My Business. Google My Business adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan informasi bisnis Anda secara lengkap, mulai dari nama bisnis, jam operasional, lokasi, foto terkait bisnis, ulasan pelanggan, nomor telepon, email, hingga website bisnis.

Mendaftarkan bisnis online maupun UMKM di Google My Business akan memberikan manfaat, seperti:

  • Membuat lokasi bisnis Anda bisa tampil di Google Maps sehingga pelanggan lebih mudah menemukan toko Anda.
  • Google My Business meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari. Begitu ada pelanggan yang mengetikkan kata kunci tertentu untuk lokasi toko terdekat, maka Google bisa merekomendasikan bisnis Anda.
  • Di dashboard Google My Business terdapat fitur analisis traffic pelanggan yang akan membantu Anda melakukan evaluasi dan analisis perkembangan bisnis, bahkan melakukan riset kata kunci yang tepat.
  • Tujuannya agar bisnis Anda jadi semakin mudah ditemukan.
  • Bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan adanya rating dan ulasan dari pembeli sebelumnya.
  • Pelanggan jadi lebih mudah menghubungi bisnis Anda melalui berbagai saluran yang tersedia dan tercantum di Google My Business.
keuntungan menggunakan aplikasi kasir ireap

5. Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir adalah program berbasis cloud yang akan membantu pelaku bisnis online dan pelaku UMKM dalam mengelola dan mengoperasikan bisnis. Aplikasi kasir dapat membantu melakukan pencatatan setiap barang yang dijual, memeriksa ketersediaan produk, mencatat berbagai data transaksi, mencetak bukti transaksi, hingga mengurangi risiko terjadinya kesalahan pencatatan transaksi dari karyawan yang bertugas.

Apa saja aplikasi kasir untuk UMKM? Ada 2 pilihan aplikasi kasir, yaitu:

  • Aplikasi kasir android gratis iReap POS Lite adalah aplikasi kasir toko yang bisa memonitor stok dan keuntungan dari setiap barang yang dijual. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa batasan data, transaksi, dan tanpa iklan.
  • Aplikasi kasir iReap POS Pro adalah aplikasi kasir toko yang dapat menunjang pertumbuhan bisnis, sebab bisa digunakan untuk mengelola sistem kasir hingga ratusan toko. Aplikasi iReap POS Pro ini merupakan aplikasi kasir berbayar dan sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi akuntansi.

Kelancaran operasional bisnis tentunya dapat mempengaruhi jalannya bisnis secara menyeluruh. Selain modal, ide, dan tenaga, memiliki aplikasi untuk memudahkan operasional bisnis online juga penting demi kelancaran bisnis. Jika saat ini Anda sedang mencari aplikasi kasir toko, cari tahu lebih banyak tentang aplikasi kasir untuk usaha kecil dan kelebihannya.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp