Carousel Instagram: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

cara-membuat-carousel-instagram

Cara Membuat Carousel Instagram

Sebagai media sosial yang mengandalkan konten visual, Instagram menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis. Salah satunya, fitur Instagram carousel yang berguna untuk meningkatkan interaksi pengguna Instagram dan memperbesar potensi terjadinya konversi penjualan.

Apa itu carousel Instagram dan fungsinya? Bagaimana cara membuat carousel di Instagram? Simak yuk di artikel ini.

Apa Itu Carousel Instagram?

Carousel Instagram adalah fitur Instagram untuk mengunggah lebih dari satu foto atau video yang saling berkaitan. Anda bisa menambahkan maksimal 10 gambar atau video, maupun perpaduan keduanya, dalam satu kali upload.

Carousel menjadi konten interaktif yang membuat audiens bisa melihat satu per satu foto maupun video dengan cara menggeser slide secara horizontal (dari kiri ke kanan).

Terdapat dua jenis carousel di Instagram, yaitu carousel post organic dan carousel ads (iklan).

Anda dapat mengunggah konten dengan format vertikal maupun horizontal (portrait/landscape). Hanya saja, format dan ukuran konten pada halaman pertama akan mempengaruhi halaman berikutnya.

Fungsi Carousel untuk Promosi Bisnis

Fungsi Carousel Instagram untuk Promosi

1. Promosi Produk dan Layanan Bisnis

Menggunakan fitur carousel akan memudahkan Anda dalam memberikan informasi yang lebih detail terkait produk dan layanan bisnis.

Anda dapat memberikan gambaran komposisi produk, fitur-fitur yang ditawarkan, keunggulan produk, cara menggunakan, bahkan proses pembuatannya.

Susun setiap slide konten secara berurutan sehingga konsumen bisa memahami dan mengenali produk bisnis yang Anda promosikan dengan lebih mudah.

2. Mempromosikan Event dan Promo (Diskon)

Melalui penggunaan carousel post, kegiatan mempromosikan event hingga diskon pembelian akan lebih menarik dan mudah dipahami audiens. Setiap informasi penting bisa Anda bagi menjadi beberapa slide.

Misalnya, slide pertama mengenai informasi event atau diskon yang sedang berlangsung berikut tanggal penyelenggaraannya. Slide kedua berisi persyaratan.

Slide ketiga menyajikan informasi cara mendaftar atau mendapatkan diskon, dan di slide terakhir Anda dapat menempatkan QR code untuk mewakili URL pendaftaran bahkan menunjukkan lokasi event.

3. Meningkatkan Engagement pada Konten

Menurut hasil penelitian yang ditayangkan pada situs web socialinsider.io, carousel bisa meningkatkan engagement rate konten sebesar 1,92%.

Biasanya konten carousel menampilkan ilustrasi gambar atau video menarik yang mengandung call to action (CTA) hingga story telling. Hal tersebut bisa mendorong audiens betah berlama-lama melihat konten dan menggeser konten sampai halaman terakhir.

Apabila Anda menerapkan carousel ads, iklan visual akan jadi semakin menarik karena bergerak otomatis secara horizontal. Audiens pun jadi merasa penasaran untuk mengunjungi halaman konten aslinya. Akhirnya, engagement rate konten dan produk Anda akan semakin meningkat.

4. Konten Promosi Lebih Interaktif

Carousel membantu Anda menampilkan konten promosi yang lebih interaktif untuk mengedukasi pelanggan. Anda bisa membuat konten tutorial cara menggunakan produk atau layanan ke dalam beberapa slide.

Tutorial yang lebih singkat, jelas, dan menarik tentu akan lebih mudah dipahami pelanggan dibanding memberikan tutorial panjang pada bagian caption.

5. Meningkatkan Interaksi dengan Pengikut

Konten Instagram berbentuk carousel lebih mudah menghasilkan likes dan komentar dalam jumlah banyak. Bahkan tidak menutup kemungkinan menambah jumlah followers pada akun Instagram bisnis Anda.

Pemicunya, karena Anda dapat mengunggah konten yang memancing interaksi, seperti konten kuis, teka-teki silang, mencocokkan gambar, konten motivasi, edukasi, hingga tips yang disisipi pertanyaan dan CTA di bagian akhir.

Misalnya, Anda membuat konten tentang cara mendapatkan jodoh. Pada slide terakhir tampilkan pertanyaan sekaligus ajakan.

Contoh:
“Hayo siapa nih yang mau cepat dapat jodoh? Jangan lupa mention juga temanmu biar tahu info penting ini!”

Konten seperti ini akan mendorong audiens untuk memberikan like dan komentar yang berisi mention kepada akun lainnya yang mereka kehendaki. Otomatis cara ini akan meningkatkan interaksi pada konten.

6. Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk

Interaksi yang terbangun dari konten carousel, seperti konten testimoni pelanggan, dapat membantu meningkatkan jangkauan pemasaran produk. Sebab, konten yang ramai interaksi berpeluang muncul lebih sering di beranda pengguna Instagram.

Ditambah lagi, audiens yang berkomentar secara sukarela menandai teman lainnya untuk turut berinteraksi pada kolom komentar akan membuat lebih banyak orang menemukan konten Anda. Nah, dampaknya tentu saja membuat produk dan layanan dari bisnis Anda semakin dikenal luas.

Carousel Instagram Meningkatkan Pemasaran

7. Hemat Biaya Promosi

Carousel ads membantu Anda menghemat biaya promosi. Berdasarkan informasi dari Sprout Social, carousel ads memiliki CTR (jumlah klik) mencapai 72% karena ditargetkan untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik.

Selain itu, Anda dapat mempromosikan beberapa produk dalam satu iklan. Carousel ads juga berlaku untuk Instagram Story. Anda bisa memasukkan hingga 10 card story dalam satu kali pemasangan iklan di Instagram.

Cara Membuat Carousel Instagram yang Mudah

  • Buka aplikasi Instagram. Pastikan Anda sudah login di akun Instagram bisnis.
  • Tekan tanda + yang terletak di navigation bar untuk menambahkan konten baru.
  • Pilih tab menu post.
  • Tekan tombol multipost (dua kotak bertumpuk) yang muncul di bawah konten pertama yang Anda pilih hingga berubah menjadi latar biru.
  • Setelah terlihat angka 1 di bagian kanan atas konten yang dipilih, Anda bisa memilih konten berikutnya.
  • Setelah selesai memilih konten, tekan tombol panah hijau di kanan atas (tombol next).
  • Anda bisa menambahkan filter dan melakukan editing untuk setiap slide konten dengan cara menekan setiap konten. Tekan centang biru jika ingin menyimpan perubahan (Anda dapat langsung menekan panah biru, apabila tidak memerlukan filter dan editing tambahan)
  • Masukkan caption, berikan tag, dan tambahkan lokasi yang Anda inginkan.
  • Tekan ok (centang biru).
  • Tunggu hingga konten terunggah sempurna dan carousel Instagram sudah tayang di Instagram Anda.

Itulah penjelasan mengenai apa itu carousel Instagram, fungsi carousel, dan cara membuat carousel Instagram. Carousel Instagram bisa menjadi salah satu strategi Instagram marketing yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Agar hasil promosi di Instagram semakin memperbesar peluang produk Anda laris, terapkan juga Ide dan Tips Konten Carousel Instagram untuk Jualan.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp