Teknik Foto Produk dengan HP untuk Promosi di Instagram

teknik-foto-produk-dengan-hp

Teknik Foto Produk dengan HP untuk Promosi

Foto produk tak hanya sekadar memberi gambaran kepada konsumen seperti apa bentuk produk yang ditawarkan, tetapi juga berfungsi sebagai identitas brand dan mempengaruhi keputusan pelanggan mau membeli produk Anda atau tidak. Nah, bagaimana cara membuat foto produk yang bagus? Belajar sama-sama yuk teknik foto produk dengan HP untuk promosi di Instagram dari artikel ini.

Teknik Foto Produk Menggunakan Kamera HP

1. Foto Produk Bisa Dibuat Menggunakan Kamera HP

Untuk membuat foto produk yang bagus tidak harus menggunakan kamera profesional, karena saat ini sudah banyak ponsel dengan kamera mumpuni.

Ya, cukup menggunakan HP, Anda bisa bikin foto produk. Namun, pastikan kamera di HP Anda sudah memiliki bukaan lensa yang besar, memiliki pengaturan manual, serta hasil gambarnya harus tajam dan jelas.

2. Gunakan Latar Belakang Putih untuk Pengambilan Foto Produk secara Indoor

Jika pengambilan foto produk dilakukan dalam ruangan dan khusus untuk produk berukuran kecil, Anda bisa menggunakan studio mini dengan latar belakang putih.

Ini juga berlaku bagi Anda yang baru pertama melakukan pengambilan foto produk. Latar belakang putih akan membuat produk Anda jadi lebih fokus, jelas, dan perhatian konsumen pun hanya tertuju pada produk Anda.

Sesuaikan Lokasi Foto Produk

3. Sesuaikan Lokasi Pemotretan dengan Jenis Produk

Untuk lokasi pengambilan foto produk, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis produk dan konsep yang mau digunakan. Misalnya, produk yang Anda mau foto adalah produk rumah tangga.

Maka lakukan pemotretan di dalam ruangan. Jika produk Anda adalah produk sunscreen, Anda bisa memilih lokasi pantai atau keramaian kota untuk membangkitkan emosi dari fotonya.

4. Memperhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Foto produk umumnya menggunakan angel atau sudut pengambilan gambar, seperti:

  • Eye level: posisi lensa kamera sejajar dengan obyek.
  • Low angle: foto produk diambil dari sudut yang lebih rendah dari obyek sehingga memberikan kesan mewah dan megah.
  • High angle: foto produk diambil dari atas sehingga menimbulkan kesan dramatis dan efek pada produk terlihat ukuran produk lebih kecil/pendek.
  • Flat lay: produk diletakkan pada bidang datar dan biasanya sudut pengambilan gambar tegak lurus dengan posisi lensa kamera 90 derajat di atas obyek.

Contoh, untuk produk makanan yang disajikan di piring atau mangkuk sebaiknya menggunakan angle flat lay. Sementara produk pakaian lebih cocok memakai teknik eye level atau normal, sejajar dengan pandangan mata.

5. Pastikan Pencahayaan Cukup dan Sesuai Kebutuhan

Ketika melakukan pemotretan untuk membuat foto produk, pencahayaan menjadi kunci utama untuk mendapatkan foto produk bagus.

Untuk pencahayaan, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari atau menggunakan lighting tambahan. Pencahayaan yang cukup akan membuat hasil foto jelas dan tidak mengaburkan warna atau detail produk.

Gunakan Tripod Untuk Foto Produk

6. Gunakan Tripod

Ketika memegang HP untuk mengambil foto, kadang tangan bisa bergetar atau goyang sehingga hasil foto pun jadi kurang bagus. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bantuan tripod agar hasil foto produk Anda konsisten, tidak goyang, dan tidak buram.

7. Lakukan Editing untuk Hasil Foto Produk yang Lebih Bagus

Untuk menyempurnakan hasil foto produk yang Anda buat, lakukan editing. Sudah banyak aplikasi editing yang bisa Anda gunakan di HP. Tapi ingat, saat melakukan editing jangan berlebihan ya supaya warna dan detail produk tetap jelas dan tidak berbeda jauh dari warna aslinya. Selain itu, Anda bisa menambahkan watermark pada produk Anda supaya konsumen tahu kalau foto itu asli buatan Anda.

Menetapkan 7 teknik foto produk dengan HP di atas bisa jadi salah satu cara mudah dan murah untuk menyiapkan konten promosi di Instagram. Hasil foto produk yang bagus bisa memikat konsumen untuk mencari tahu lebih banyak, bahkan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk. Apalagi kalau foto produk yang Anda unggah di Instagram juga menerapkan Cara Promosi di Instagram yang Praktis dan Laris Manis.
Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp