7 Jenis Foto Produk untuk Media Sosial

jenis foto produk untuk media sosial

Jenis Foto Produk untuk Media Sosial

Apa yang dimaksud dengan foto produk? Foto produk adalah gambaran suatu produk berdasarkan bentuk aslinya untuk ditampilkan kepada konsumen sehingga menarik perhatian. Biasanya, foto produk menjadi salah satu materi promosi yang penting, terutama saat Anda menerapkan social media marketing. Agar foto produk yang Anda buat terlihat eye catching dan memikat, kenali beberapa jenis foto produk untuk media sosial berikut ini.

Jenis Foto Produk untuk Promosi di Media Sosial

1. Foto Produk untuk All Fashion Item

Jika produk dari bisnis Anda merupakan produk fashion, seperti pakaian, sepatu, topi, kacamata, atau aksesoris pendukung penampilan lainnya, ada baiknya pengambilan foto produk bersamaan dengan model yang menggunakan produknya.

Alasannya, supaya tampilan dari produk fashion Anda terlihat lebih real, lebih hidup, dan memberi gambaran yang jelas kepada konsumen seperti apa penampilan mereka saat menggunakan produk Anda. Selain itu, buatlah konsep yang unik dan kekinian serta didukung dengan lokasi pengambilan foto yang sesuai, sehingga foto produk fashion Anda bisa mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian.

Foto Produk Fashion 

2. Ghost Mannequin

Selain menggunakan model hidup, Anda juga bisa melakukan pengambilan foto produk untuk pakaian atau produk fashion lainnya menggunakan objek mannequin. Meski tidak sebagus menggunakan model manusia, namun foto produk ghost mannequin jauh lebih hemat biaya pembuatannya dan hasilnya juga masih bagus, asalkan didukung proses editing yang juga bagus. Minimal, konsumen bisa melihat produk Anda secara jelas ketika digunakan hanya dari foto produk yang Anda tayangkan di media sosial.

3. Detailed Shots

Untuk produk dengan detail-detail unik yang bisa memikat konsumen untuk memiliki produk tersebut, maka gunakan teknik pengambilan foto produk secara detailed shots. Caranya, Anda perlu mengambil objek secara close-up sehingga tekstur dan detail produk bisa terlihat jelas.

Lebih bagus lagi kalau Anda menggunakan background polos yang cocok digunakan pada berbagai jenis produk. Dengan latar belakang yang polos, fokus konsumen akan tertuju sepenuhnya pada produk yang sedang Anda promosikan. Pilihan warna background yang cocok, misalnya warna putih atau warna terang lainnya.

4. 360 Product Photography

Jenis foto produk 360 product photography biasanya digunakan untuk produk properti, jasa desain interior, atau jenis usaha lain dengan produk yang menunjukkan estetika suatu ruangan atau bangunan. Dalam prosesnya, Anda perlu melakukan pengambilan gambar beberapa kali untuk setiap sudut ruang/bangunan yang ingin ditampilkan. Kemudian, semua foto tersebut diedit dan digabungkan jadi satu. Hasilnya, konsumen bisa melihat produk dari berbagai sisi.

5. Lifestyle Shots

Teknik foto produk lifestyle shots biasanya digunakan untuk membuat pelanggan mengetahui cara menggunakan suatu produk. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan. Pertama, gunakan konsep action hero untuk produk yang bisa dipakai langsung, seperti sepatu atau tas gunung. Kedua, gunakan konsep flat lay untuk produk makanan. Tata makanan di meja atau permukaan datar, kemudian ambil foto dengan posisi kamera harus lebih tinggi dari obyek foto.

Lifestyle Shots Produk

6. Individual & Group Shots

Individual shots adalah pengambilan foto produk untuk satu produk saja. Tujuannya, agar calon konsumen fokus pada produk yang ada di dalam foto. Sementara group shots adalah pengambilan foto produk yang menampilkan beberapa produk dalam satu frame. Jenis foto produk group shots cocok untuk memotret produk-produk skincare dan make up.

7. Scale Shots

Scale shots akan memberikan gambaran pada konsumen terkait ukuran produk yang Anda jual. Anda bisa membandingkan produk dengan benda ukurannya berbeda dengan ukuran produk. Misalnya, produk handphone dengan buku. Magic com mini dengan galon air mineral. Atau untuk produk minuman, Anda bisa memotret beberapa ukuran gelas dalam satu frame.

Mengenali jenis foto produk akan membantu Anda menyesuaikan kebutuhan pembuatan foto produk yang sesuai dengan produk yang mau Anda promosikan di media sosial. Agar hasil foto produk menarik perhatian, pelajari juga Teknik Foto Produk dengan HP.

Banner-ireap-lite-free