Cara Membuat Online Menu & Order Dengan Katalog WhatsApp Bisnis

how to make online menu with whatsapp business catalogue


cara membuat online menu dengan katalog whatsapp bisnis

Anda pasti sudah sangat familiar dan menggunakan Whatsapp untuk bisnis anda, chatting dengan pelanggan, memberikan katalog brosur, promo, dan juga bahkan menerima order.

Tetapi sering kita sulit menghadapi:

  • Pelanggan yang tidak tahu menu kita dan harga nya, sehingga chatting bisa menghabiskan waktu dan tenaga, belum lagi ternyata tidak jadi order.
  • Pada saat pelanggan order, kita salah mengartikan, karena jenis barang kita banyak sehingga customer kurang spesifik. misalnya Roti Coklat, dimana kita ada 2 jenis roti coklat manis, atau roti coklat biasa? Hal ini dapat berakibat, Anda salah mengirim barang, atau pesanan pelanggan kurang spesifik.
  • Pada saat anda menerima order juga sulit untuk membaca Pesanan melalui tulisan chat yang tidak seragam dari pelanggan, sehingga memperlambat proses persiapan barang.

Apakah Anda tahu cara membuat Katalog di WhatsApp Bisnis? Dari pertanyaan tersebut, Anda pasti paham bahwa Katalog merupakan fitur WhatsApp yang berkaitan dengan proses bisnis. Katalog WhatsApp Bisnis men-digitalisasi pemasaran produk Anda di platform online.

WhatsApp memberikan kemudahan para pelaku usaha untuk membagikan Katalog produk mereka kepada pelanggan dengan cara yang mudah. Katalog produk di WA Bisnis terdiri dari gambar, label harga, fitur produk, dsb.

Platform ini menolong para pengusaha untuk terhubung dengan pelanggan mereka sepanjang waktu. Dengan memakai fungsi ini, pelanggan bisa mencari barang-barang favorit mereka tanpa bepergian ke toko-toko.

Banner-ireap-lite-free
Jenis transformasi digital ini tampaknya menarik bagi para pengusaha online dan Anda dapat menemukan informasi terkait katalog WhatsApp Bisnis di bawah ini.

Apa itu Katalog WhatsApp Bisnis?

Anda pasti sudah terbiasa dengan Katalog Bisnis yang terdiri dari gambar produk, deskripsi, fitur, label harga, detail penawaran, dll. WhatsApp Bisnis menyediakan platform untuk men-digitalisasi detail katalog dan mengirimkannya ke target pelanggan Anda dengan sekali klik.

Katalog produk di WhatsApp Bisnis berfungsi sebagai etalase seluler bagi vendor untuk menampilkan barang-barang mereka dalam mode online untuk para pelanggan mereka.

Pembeli bisa mengakses barang yang mereka cari dengan nyaman tanpa pergi ke toko. Ini adalah cara belanja yang nyaman dan dapat meningkatkan penjualan secara singkat. Fitur WhatsApp ini tersedia di sebagian besar negara di seluruh dunia. Vendor dapat menarik banyak pelanggan sebanyak-banyaknya melalui katalog bisnis mereka yang menakjubkan.

Baca juga: Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dan Penjelasan Fiturnya

Bagaimana Cara Membuat Katalog di WhatsApp Bisnis?

Setelah Anda paham pengertian Katalog di WA Bisnis, tahap selanjutnya Anda harus antusias belajar tentang cara membuat Katalog Bisnis di WA, cukup mudah untuk menyelesaikan prosedur pembuatan Katalog. Baca dengan cermat langkah-langkah di bawah ini cara membuat katalog di WhatsApp Bisnis.

Langkah 1: Di ponsel Anda, buka kunci layar dan buka aplikasi WhatsApp Business. Anda harus mengetuk tiga garis titik vertikal untuk melihat layar “Settings”.

langkah satu cara buat katalog di whatsapp bisnis

Langkah 2: Di jendela “Settings” ikuti panduan “Business Tools -> Catalog”. Jika Anda ingin membuat Katalog Baru, tekan “Add new item”.

langkah dua cara buat katalog di whatsapp bisnis

Langkah 3: Untuk memasukkan gambar ke dalam Katalog produk ini, Anda harus mengetuk ikon “Add Images”, Kemudian, tambahkan keterangan produk, deskripsi produk, label harga dll untuk setiap item dalam daftar.

langkah tiga add images

Terakhir, klik tombol ‘Save’ untuk membuat katalog produk WhatsApp Bisnis yang menarik untuk para pelanggan Anda.

Langkah-langkah di atas memberi Anda ilustrasi terperinci tentang cara membuat katalog produk di WA.

Baca juga: Contoh Bisnis Model Kanvas Warung Kopi “Sedhep”

Bagaimana Cara Mengirim Katalog WhatsApp Bisnis?

Setelah Anda berhasil membuat katalog produk di WhatsApp, langkah selanjutnya adalah cara mengirim katalog ke pelanggan. Anda dapat mengirim detail produk ke pelanggan individual ataupun grup di aplikasi WhatsApp .

1. Cara Kirim Katalog Produk ke Individu

Untuk pelanggan individu, Anda dapat membagikan katalog bisnis WhatsApp dengan memilih opsi yang sesuai seperti yang dibahas di bawah ini

Langkah 1: Sekarang saatnya untuk membuka kunci ponsel Anda dan buka aplikasi WhatsApp Business.

Langkah 2: Kemudian, Anda harus buka jendela obrolan salah satu pelanggan di aplikasi WhatsApp dan lampirkan katalog dengan mengetuk “File Attachment”, yang muncul di dekat bidang teks. Selanjutnya, tap “Catalog” untuk melampirkan file produk.

langkah dua melampirkan katalog

Langkah 3: Pada bagian “Catalog” Pilih katalog produk yang ingin Anda bagikan lalu tekan tombol “Send”.

langkah tiga kirim katalog

2. Cara Kirim Katalog WhatsApp Bisnis ke Grup

Jika Anda ingin membagikan produk pada katalog kepada banyak individu atau sekelompok orang di aplikasi WhatsApp, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka ponsel Anda dan ketuk ikon aplikasi WhatsApp Business. Selanjutnya, tekan tiga titik vertikal di sisi kanan atas layar dan tap “Settings”.

langkah satu cara buat katalog di whatsapp bisnis

Langkah 2: Kemudian buka “Settings -> Business tools -> Catalog”. Dan pilih katalog produk yang diperlukan oleh pelanggan untuk dibagikan.

langkah dua kirim katalog ke grup

Langkah 3: Lalu akan muncul jendela katalog dan tekan tiga titik vertikal di sisi kanan atas layar lalu pilih “Forward Item”.

langkah tiga forward item ke grup

Langkah 4: Pilih contact / group yang ingin anda kirimkan catalog, lalu klik icon “Send”.

langkah empat pilih grup

Tips dan Trik Menggunakan Katalog WhatsApp Bisnis

Dengan menggunakan Katalog WhatsApp Business, pemilik usaha dapat menjangkau pelanggan yang diinginkan meskipun berjarak. Selain itu selama obrolan dengan pelanggan, pemilik usaha juga dapat menyisipkan media dan memilih produk tertentu dari katalog untuk diskusi. Aplikasi ini menekankan komunikasi yang efektif dengan pembeli dan meningkatkan penjualan dengan tepat.

Pelanggan dapat mengakses riwayat obrolan untuk merujuk pada produk yang mereka inginkan untuk menghindari momen yang mengganggu. Jenis akses ini memicu pembeli untuk membuat belanja tanpa batas. Katalog produk WhatsApp menampilkan produk dengan cara yang terorganisir untuk akses yang mudah.

Vendor dapat terhubung dengan pembeli sepanjang waktu serta mengklarifikasi pertanyaan mereka terkait dengan produk segera. Pemilik usaha dapat menggunakan berbagai format file seperti video, GIF, PDF, rekaman suara dll untuk terhubung dengan pelanggan dengan sempurna.

Fitur chatbot di aplikasi WhatsApp Business API membantu pemilik usaha untuk membuat kueri umum yang sering ditanyakan pelanggan dengan cepat. Pengguna harus memprogram bot dengan pertanyaan umum yang terkait dengan produk. Bot ini menyambut pelanggan dan memberikan respons langsung kepada mereka dengan cara yang efektif.

Ada opsi di aplikasi WhatsApp ini untuk mengintegrasikan link bisnis melalui media sosial. Fitur ini memberikan paparan tentang kegiatan usaha Anda ke seluruh dunia.

Fungsionalitas WhatsApp Web memungkinkan pengguna bisnis untuk menanggapi sejumlah besar pertanyaan dengan cepat pada satu waktu. Tidak mungkin untuk menjawab banyak pertanyaan secara manual melalui telepon atau perangkat elektronik apa pun. Jenis pengaturan ini meningkatkan pemilik usaha untuk menjalin komunikasi yang andal dengan pelanggan terbaik mereka.

Kesimpulan

Ini adalah waktu yang tepat untuk men digitalisasi strategi pemasaran bisnis Anda melalui aplikasi WhatsApp dengan menggunakan katalog di WhatsApp Bisnis. Pemilik usaha dapat dengan mudah terhubung dan menjangkau target pelanggan melalui aplikasi yang andal ini. Vendor dapat mendirikan toko virtual dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.

Segera buat katalog produk di WhatsApp Bisnis agar menjadi pengusaha sukses di tengah pasar yang kompetitif. Manfaatkan aplikasi komunikasi ini secara efektif dan nikmati kesuksesan yang konsisten dalam strategi penjualan.

Banner-ireap-pro