3 Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dan Penjelasan Fiturnya

whatsapp business


whatsapp bisnis adalah

Adanya WhatsApp Bisnis dapat menjadi pilihan aplikasi chat khusus bisnis yang benar-benar berguna bagi para pemilik bisnis, terutama pebisnis online. Aplikasi ini menolong banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka dapat bertanya-tanya lebih dulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

WhatsApp Bisnis juga menjadi alternatif ideal untuk dipakai. Karena, di Indonesia telah banyak orang yang memakai WhatsApp. Jadi, para pebisnis tidak perlu minta calon pembeli menginstall WhatsApp cuma untuk sarana komunikasi.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

cara membuat akun whatsapp bisnis
Sumber gambar: WhatsApp Business

WhatsApp Bisnis dikenalkan pada permulaan tahun 2018 sebagai aplikasi yang didedikasikan untuk pemilik usaha kecil dan menengah. WhatsApp Bisnis mempermudah pemilik bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka dan membangun loyalitas, sesuatu yang demikian itu penting akhir-akhir ini. Ini amat mirip dengan WhatsApp yang telah Anda ketahui dan gunakan sebelumnya, cuma dengan beberapa fitur tambahan untuk membuatnya kompatibel dengan aktifitas bisnis:

  • Alih-alih profil pribadi, Anda mempunyai profil Bisnis yang bisa diverifikasi, komplit dengan domisili perusahaan, e-mail, dan link website bisnis.
  • Anda bisa mengamati statistik untuk mengevaluasi pesan yang dibaca.
  • Anda bisa menerapkan pesan penjawab otomatis yang membuatnya lebih gampang untuk merespon pelanggan.
  • Anda dapat menerapkan Daftar Siaran untuk menyiarkan pesan ke kontak ( jenis seperti Grup 1 arah).

WhatsApp Bisnis dan Personal adalah dua aplikasi berbeda, jadi untuk dapat memakai versi bisnis, Anda mesti men-download-nya dari Play Store. Berikut ini, Kami bahas cara membuat akun WhatsApp Bisnis untuk Anda.

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Seperti halnya versi Personal, WhatsApp Bisnis juga memerlukan nomor hand phone yang aktif. Sebagai catatan, bahwa WA Bisnis tak dapat memakai nomor yang telah pernah atau sedang dipakai di WhatsApp Standar. Jadi, kalau Anda mau memakai nomor yang sama, Anda wajib memilih salah satu, yaitu versi standar atau beralih menjadi versi bisnis.

1. Download Aplikasi WhatsApp Bisnis

Download WA Bisnis di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS lalu Install. Sesudah terpasang, buka aplikasi WhatsApp Bisnis dan tap Agree and Continue untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Ketika tampil jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa kali.

2. Daftarkan Nomor Ponsel

Pakai nomor hand phone khusus bisnis sehingga mempermudah pelaksanaan verifikasi dan juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur. Lazimnya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirimkan via pesan singkat. Namun apabila tetap dipinta, silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang terdapat di dalam SMS tersebut.

3. Melengkapi Profil Bisnis

Tahap berikutnya, isi profil bisnis Anda, pastikan info yang Anda cantumkan sesuai dengan bisnis Anda sebab nama ini tak akan dapat diubah di kemudian hari, isi nama bisnis, domisili, detil kontak, e-mail, dan web. Caranya, klik menu Settings > Business Settings > Profile.

Sampai tahapan ini kamu sudah bisa memakai WhatsApp Bisnis. Jangan lupa untuk lakukan setting pada Pesan Otomatis, Katalog Produk, Greeting Message, Away Message, dan lain-lain.

Cara Membuat Profil Bisnis di WhatsApp Bisnis

cara membuat profil bisnis di whatsapp bisnis

Secara teknis memang Anda sukses menginstal dan membuat akun WA Bisnis di ponsel. Tapi ini tak cukup. Anda perlu melanjutkan dengan mengatur profil bisnis Anda, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web dengan mengakses menu Settings > Business Settings > Profile.

Apabila seluruh data telah terisi dengan benar, tap tombol Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Bisnis

Terdapat 3 tipe pesan otomatis yaitu Greeting Message, Away Message, dan Quick Message.

Away Message adalah fitur balas pesan otomatis saat ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau ketika bisnis sedang tak beroperasi. Anda bisa mengatur isi balasan pesan otomatis yang cocok dengan preferensi Anda.

away message adalah

Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, kemudian centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang telah ada, silahkan susun kalimat versi Anda. Setelah selesai, tap Save.

Greeting Message adalah fitur balas pesan otomatis yang dapat Anda kirimkan ketika pelanggan pertama kali menghubungi Anda atau setelah 14 hari tanpa komunikasi.

greeting message adalah

Quick Replies adalah fitur yang bisa Anda pakai untuk membuat teks balasan untuk hal yang kerap kali ditanyakan pelanggan. Caranya gampang, buatlah sebagian pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan perihal bisnis Anda.

quick reply message adalah

Defaultnya ada satu quick replies yang telah dibikin, yakni /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda dapat menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut alternatif Anda. Terakhir tap tombol Save.

Berikutnya, tiap kali Anda mengetikkan kata kunci /maaf, karenanya aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang telah Anda ketikkan sebelumnya.

Atau saat ada pesan yang masuk, Anda cuma perlu ketik simbol “/”, karenanya akan timbul quick replies shortcuts yang telah diatur sebelumnya

Cara Membuat Label di WhatsApp Bisnis

cara membuat label di whatsapp bisnis

Fitur label di WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda untuk memberikan tanda ke chat atau kontak tertentu yang nantinya sebagai informasi jenis statusnya. Contohnya, Anda mendapatkan orderan baru yang belum dibayar, karenanya Anda dapat menandai chat yang demikian sebagai Pending Payment. Atau, orderan yang telah dibayar ditandai dengan Telah Dibayar, dan sebagainya.

Tap dan tahan chat tertentu, kemudian tap Label di deretan menu atas ponsel Anda. Anda juga bisa menambahkan label yang telah ada atau label baru.

Cara Membuat Katalog WA Bisnis

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menunjukkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa diamati oleh konsumen ketika melihat profil Anda.

Dalam katalog, konsumen tak cuma memperhatikan foto produk, namun juga mengamati detil keterangan dan harga produk.

Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis yakni buka menu Setting > Business Setting > Catalog.

Kemudian Anda perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga bisa menambahkan tautan berkaitan dengan produk tersebut. Umpamanya, Anda dapat cantumkan tautan ke toko online Anda. Fitur Katalog ini dapat menampilkan sampai 500 foto produk.

cara membuat katalog di whatsapp bisnis

Maksimalkan Bisnis Anda Dengan WhatsApp Bisnis!

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk para pemilik bisnis. Bagi Anda yang baru mau mengawali bisnis, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi wajib yang Anda miliki dimulai dari cara membuat akun WhatsApp bisnis yang telah kami bahas di atas Anda dapat membuat akun bisnis Anda sendiri.

Ditambah adanya fitur-fitur yang dimilikinya, Anda akan gampang mengatur bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statistik pesan, mengkategorikan pesan dengan kriteria tertentu, dan mempromosikan produk.

subscribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Banner-ireap-lite-free