Contoh Strategi Pemasaran Brand Ternama

contoh-strategi-pemasaran


Contoh Strategi Pemasaran Brand Ternama

Banyak contoh strategi pemasaran yang berhasil, tapi sebagai pebisnis Anda mesti menyesuaikan dengan situasi bisnis itu sendiri. Pada sebagian kasus, strategi bisnis perusahaan lain belum tentu sesuai dengan bisnis Anda. Oleh sebab itu, salah satu dari langkah penjualan berikut ini bisa memberi ide demi perkembangan bisnis ke arah yang lebih bagus.

Apa itu Strategi Pemasaran Produk?

Pada umumnya, strategi pemasaran ialah sebuah rencana terperinci yang berisi bagaimana metode memasarkan sebuah produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya program penjualan ini dapat menetapkan sebuah produk atau layanan yang dijual secara tepat sasaran pada satu pasar tertentu.

Contoh Strategi Pemasaran di Lapangan

Ada banyak hal yang bisa dilaksanakan oleh sebuah bisnis untuk mencuri perhatian masyarakat secara global sebagai konsumen. Biasanya, strategi ini diciptakan dengan mengoptimalkan keunggulan produk supaya sanggup bertahan di tengah kompetisi.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Baru di tahun 2021

Berikut contoh strategi pemasaran dari optimalisasi produk brand ternama yang bisa jadi sumber inspirasi.

1. Peduli Terhadap Tren – IKEA

IKEA merupakan sebuah perusahaan ritel asal Swedia yang secara khusus menawarkan produk-produk furniture untuk rumah modern dan minimalis. Di Indonesia sendiri IKEA telah punya banyak pelanggan konsisten.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, IKEA menggunakan strategi pemasaran dengan membuat aplikasi IKEA Place Augmented Reality. Lewat aplikasi ini pengguna bisa mempertimbangkan furniture seperti apa yang cocok dengan ukuran dan desain interior rumah mereka.

Contoh strategi pemasaran yang demikian pada hasilnya meningkatkan visibilitas IKEA di kalangan pengguna media sosial, karena ada lebih dari 300 ribu pengguna platform Pinterest yang sudah membagikan foto-foto produk IKEA dan menginspirasi pengguna lain untuk ikut serta memakai furniture dari IKEA. Di Instagram, IKEA juga telah mempunyai jumlah followers 1,6 juta dengan ribuan engagements di tiap-tiap postingnya.

Untuk menghasilkan konten pemasaran yang cocok dan sesuai target, IKEA tentu wajib mengetahui popularitas desain interior yang sekarang ini sedang digemari oleh beberapa besar masyarakat dunia.

Meski cuma konten visual berupa foto meja, bangku, dan lemari, postingan yang demikian seolah mengajak siapa saja yang menontonnya berkeinginan mempunyai suasana rumah atau desain interior seperti yang dipamerkan dalam gambar.

2. Popularitas Dengan Zoom-Zoom Magazine – Mazda

Sebagai perusahaan produsen kendaraan beroda empat mewah dan berharga mahal, Mazda mulanya cuma diketahui oleh kelompok masyarakat tertentu. Tapi, untuk bertahan ditengah kompetisi kendaraan beroda empat berharga murah di pasaran, Mazda membuat contoh strategi pemasaran inspiratif dengan menerbitkan Zoom-Zoom Magazine.

Majalah otomotif ini didesain minimalis dan benar-benar modern dengan konten menarik, termasuk cerita di balik layar ruang uji coba kendaraan beroda empat Mazda.

Majalah versi digital Mazda ini bertujuan untuk membangun dan lebih memasyarakatkan Mazda. Untuk itu, disediakan pula kolom bagi para pembaca untuk berbagi petualangan perihal perjalanan dengan Mazda. Pengguna juga dapat menandai cerita petualangan yang demikian di media sosial dengan menambahkan tag #ZoomZoomMag.

Tentu saja, majalah Zoom-Zoom tak secara seketika mengajak pembaca untuk membuka halaman katalog produk. Tapi, bagi pembaca yang telah menemukan testimonial menarik bukan tak mungkin mereka akan minta penawaran, mempelajari fitur-fitur kendaraan beroda empat Mazda sampai mengunjungi dealer terdekat.

Oleh sebab itu observasi pemilihan konten yang akan diterapkan sebagai strategi pemasaran adalah penting supaya bisa berjalan lebih tepat sasaran dan efisien.

3. Strategi Pemasaran Berbasis SEO – Generali Group

Siapa bilang perusahaan asuransi cuma membutuhkan strategi pemasaran konvensional lewat agen-agen yang tersebar di segala penjuru dunia? Generali Group, perusahaan asuransi yang berbasis di Italia, menggambarkan bahwa untuk mempertahankan perusahaan di tengah kompetisi asuransi yang semakin ketat. Anda tentu seharusnya mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat dengan memanfaatkan eksistensi dunia maya.

Memanfaatkan eksistensi website Generali Group berupaya hadir dengan konten-konten tulisan menarik tentang asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan beroda empat, dan rumah.

Dengan semacam itu pengunjung website secara tak sadar akan digiring pada manfaat-manfaat yang akan diperoleh melalui produk asuransi Generali Group.

Contoh strategi pemasaran yang demikian akan membantu halaman web atau perusahaan Anda mempunyai ranking yang bagus di mesin pencarian, seperti Google.

Itulah tadi sebagian contoh strategi pemasaran inspiratif yang telah berhasil dijalankan oleh brand-brand ternama dunia. Supaya arus bisnis konsisten berjalan lancar, cobalah untuk mulai memikirkan taktik penjualan seperti apa yang sesuai untuk bisnis Anda. Tentu saja, konsep pemasaran yang diciptakan seharusnya sanggup menampilkan kelebihan produk bisnis dibandingi dengan brand lainnya.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp