Contoh Bisnis Model Kanvas Warung Kopi “Sedhep”

example of a business model canvas

Contoh Bisnis Model Kanvas

Mengapa Bisnis Model Kanvas menjadi terkenal dan saat ini sangat banyak digunakan perusahaan, khususnya perusahaan baru (Startup), bahkan perusahaan-perusahaan besar? Jawabannya karena Kanvas Model Bisnis sangat mudah dan simple.
Strategi perusahaan yang biasanya terkesan rumit dan berat, dirancang dengan ringan bahkan hanya membutuhkan satu halaman dapat dijelaskan dengan lengkap.

Lebih detail mengenai apa itu Bisnis Model Kanvas? Dan 9 Komponen Model Bisnis Kanvas

Setelah kita mengerti mengenai masing-masing komponen yang terdapat pada Business Model Canvas. Agar dapat lebih memahami kita akan belajar bagaimana menerapkannya sebagai contoh bisnis model kanvas pada warung kopi “Sedhep”.

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan warung kopi yang enak dan tempat yang nyaman, kita berencana untuk menikmati juga keuntungan dari bisnis ini, tetapi sebelum memulai penting untuk melihat secara strategi bisnis Warung Kopi “Sedhep”.

Berikut penerapan dari contoh Bisnis Model Kanvas untuk Warung Kopi “Sedhep”:

1. Pemilihan Segmen Konsumen (Customer Segment)

Untuk memulai suatu bisnis, yang terpenting adalah mendapatkan konsumen atau pelanggan. Tanpa pelanggan pasti suatu bisnis tidak ada. Banyak pebisnis melakukan kesalahan ini, mereka memulai suatu bisnis tanpa menentukan siapa yang akan menjadi pelanggan mereka.

Tanyakan siapa pelanggan Anda?, maka jawaban yang sering Kita dapatkan adalah “Semua Orang, karena produk saya cocok dan bisa digunakan oleh semua orang”. Tidak salah jika jawaban Anda demikian karena Anda seorang yang positif dan bersemangat dalam berbisnis, tetapi dalam kenyataanya tidak ada satu produkpun yang disukai oleh semua orang.

Pelanggan yang cocok dengan warung kopi “Sedhep”, dimana sesuai namanya ingin menekankan kesan tradisional, dan simple. Perusahaan menyasar 2 segmen konsumen:

  • Pelanggan Ritel : Pria dan Wanita dengan umur 30 – 55, kalangan menengah dan penggemar kopi dan makanan tradisional, memiliki penghasilan 5-15 juta perbulan.
  • Pelanggan Perusahaan : Perusahaan Kecil & Menengah, untuk penyedia pada acara-acara kantor.

Baca juga: Fungsi dan Peran Produsen, Distributor, Peritel dan Konsumen dalam Rantai Pasokan

2. Kelebihan yang Dimiliki (Value Proposition)

Value Proposition merupakan kelebihan yang dimiliki kedai kopi “Sedhep”, agar di ingat oleh pelanggan dan merupakan faktor pembeda usaha Anda dibanding pesaing.

  • Warung kopi “Sedhep” menyediakan aneka kopi tradisional dari beragam daerah di Indonesia, untuk memberikan beragam pilihan untuk pelanggan.
  • Selain kopi, memberikan pilihan jajanan tradisional dari beragam daerah.
  • Semua kopi dan jajanan, bekerja sama dengan pemasok yang menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tanpa pengawet.

3. Saluran Distribusi (Channel)

Saluran distribusi yang digunakan untuk menjangkau pelanggan warung kopi “Sedhep” adalah:

  • Warung Kopi “Sedhep”, pelanggan bisa menikmati kopi dan cemilan di lokasi.
  • Pelanggan Perusahaan dengan order khusus acara-acara perkantoran.

Dengan penentuan Segmen Pelanggan, anda akan mudah menentukan saluran distribusi nya, juga dengan kegiatan marketing dan promosi.

4. Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relationship)

Kedai kopi “Sedhep” ingin membuat pelanggan menjadi pelanggan setia dan menargetkan untuk melakukan pembelian kembali (repeat). Anda ingin membuat pelanggan datang 2-4 kali setiap bulannya. Untuk itu kita akan memberikan reward membership, sehingga setiap pembelian 5 cangkir kopi, mendapatkan Free 1 cangkir.

Selain itu, juga mengadakan Promo Cemilan yang berbeda-beda jenisnya setiap bulan, untuk memperkenalkan kembali cemilan Indonesia.

5. Sumber-Sumber Pendapatan (Revenue Streams)

  • Pendapatan Utama warung kopi “Sedhep” adalah dari penjualan minuman Kopi tradisional yang beragam yang merupakan kekuatan utama.
  • Pendapatan Tambahan dari penjualan cemilan.
  • Pendapatan Lainnya dari penjualan bubuk kopi.
  • Pengembangan usaha kedepan dengan cara waralaba/franchise.

6. Sumber Daya Utama (Key Resources)

Dalam menjalankan usaha sumber daya yang terpenting untuk warung kopi “Sedhep”

  • Tempat usaha atau lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha.
  • Sumber Daya Manusia yang trampil khususnya team pelanyanan ditoko yang langsung melayani pelanggan.

7. Kegiatan Utama (Key Activities)

  • Memberikan minuman kopi dan cemilan yang enak dan berkualitas, pentingnya memperhatikan kualitas produk. Khususnya cemilan yang tidak laku dan sudah tidak segar harus segera disingkirkan.
  • Memberikan pelayanan yang baik, ramah dan informatif mengenai produk.

8. Partner Usaha Utama (Key Partners)

  • Supplier kopi dari beragam daerah yang adalah petani kopi, karena itu perlu membina hubungan dengan petani agar memahami kondisi mereka, dan keberlangsungannya.
  • Supplier cemilan makanan ringan.

9. Struktur Pembiayaan Usaha (Cost Structure)

Banyak pengusaha pemula, tidak menghitung dengan hati-hati biaya-biaya yang timbul dari usaha, hanya menghitung Pendapatan, lalu biaya barang-barang bahan baku untuk operasional sehari-hari, sehingga pada saat sudah berjalan pengusaha tersebut bingung mengapa usaha Anda kelihatannya ramai tetapi tidak ada keuntungan.

Berikut struktur biaya warung kopi “Sedhep”:

  • Bahan Baku/Mentah Kopi dan lainnya.
  • Biaya persiapan Toko: gelas, cangkir, piring sendok, mesin kopi, mesin kasir dan lainnya.
  • Biaya karyawan.
  • Biaya Lain-lain: Listrik, Air, Gas.
  • Biaya renovasi toko dan perbaikan-perbaikan.
  • Biaya sewa toko, hal yang harus diperhitungkan karena cukup besar, walaupun pada saat menjalankan toko pada awalnya dilokasi milik sendiri.

contoh bisnis model kanvas warung kopi sedhep

Demikian contoh penerapan Bisnis Model Kanvas, pada warung kopi “Sedhep”, dengan menuliskan dan memikirkan 9 komponen yang ada dalam Bisnis Kanvas Model. Anda sebagai pengusaha akan dapat bekerja dengan lebih baik, sebelum suatu bisnis beroperasi, pada saat beroperasi guna pengawasan dan pada saat pengembangan usaha.

Aplikasi kasir IREAP POS mempermudah Anda mengelola warung kopi atau toko anda yang tersebat diberbagai lokasi. Secara otomatis menghitung penggunaan bahan baku secara jumlah dan harga pokok penjualan. Sehingga Anda bisa langsung mendapatkan informasi keuntungan anda per barang. IREAP POS juga memberikan kemudahan pencatatan biaya-biaya yang timbul di toko untuk membantu pengawasan anda.

IREAP POS PRO membantu memonitor toko Anda yang tersebar