6 Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Kasir bagi Pemilik Toko

fungsi-dan-kegunaan-aplikasi-kasir

kegunaan aplikasi kasir / manfaat aplikasi kasir

Aplikasi kasir adalah aplikasi yang bisa membantu pemilik bisnis mengelola bisnis dengan lebih praktis dan mudah. Contohnya, IREAP POS adalah aplikasi kasir yang dapat membantu Anda mencatat setiap transaksi penjualan, mengelola stok barang, menyediakan laporan keuangan yang lengkap, serta menyediakan data terbaru mengenai perkembangan bisnis. Apa saja manfaat penggunaan aplikasi kasir bagi pemilik toko? Baca selengkapnya pada artikel ini.

Fungsi & Kegunaan Aplikasi Kasir bagi Pemilik Bisnis

1. Laporan Penjualan yang Real Time, Otomatis, dan Lengkap

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan dengan baik jika tidak didukung data dan angka yang akurat terkait penjualan dan laba rugi.

Itu sebabnya, pemilik bisnis perlu melakukan pencatatan transaksi yang detail. Nah, jika Anda melakukan pencatatan secara manual, jelas akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, sehingga proses menjalankan bisnis jadi tidak efisien.

Lain halnya jika Anda menggunakan aplikasi kasir, maka semua transaksi penjualan bisa tercatat secara cepat dan datanya akan tersimpan secara otomatis, termasuk memberikan data terbaru mengenai stok barang yang tersedia.

Karena tersimpan dalam database penjualan, Anda bisa melihat seluruh datanya kapan pun Anda butuhkan. Cukup klik produk yang dibeli pelanggan dan total penjualan akan tampil di layar aplikasi. Bahkan, Anda juga bisa melihat data sisa stok barang yang tersedia, tanpa perlu memeriksa ke gudang.

Efisiensi dalam proses pencatatan keuangan bisnis akan membuat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain yang berkaitan dengan inovasi dalam pengembangan bisnis.

Anda bahkan jadi lebih cepat melakukan analisis dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan bisnis, sekaligus punya lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

2. Pencatatan Setiap Transaksi dan Stok Barang

Transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik pada bisnis ritel (toko kelontong, mini market, warung), bisnis resto (kedai kopi, toko roti, restoran, kedai makan), maupun jenis bisnis ritel lainnya, tidak hanya berupa transaksi penjualan saja.

Adakalanya, Anda akan mengalami retur barang dari konsumen, retur barang ke supplier, penjualan bundling, atau produk rusak yang tak bisa dijual.

Nah, manfaat aplikasi kasir berikutnya, Anda bisa mengelola stok barang dengan lebih praktis. Sebab, aplikasi kasir dapat melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi dan langsung mengurangi jumlah barang yang tersedia secara otomatis karena adanya penjualan. Untuk melihat dan memantau jumlah barang yang masih tersedia, Anda tinggal masuk ke web admin.

3. Cetak/Print Struk atau Faktur Penjualan Lebih Cepat

Ada cukup banyak pilihan aplikasi kasir yang bisa dioperasikan hanya menggunakan smartphone android yang Anda miliki.

Anda tinggal mengunduh gratis aplikasi kasir tersebut di Play Store. Salah satu contohnya, gunakan saja aplikasi kasir gratis IReap lite.

Aplikasi kasir IReap POS ini memiliki fitur untuk cetak/print struk atau faktur penjualan dengan lebih cepat. Langsung cari tahu cara cetak/print struk penjualan di aplikasi kasir android dari video ini.

4. Menghemat Waktu dalam Pembuatan Laporan Keuangan & Untung Rugi Bisnis

Bisnis apa pun, baik UMKM, UKM, toko offline, toko online, maupun bisnis ritel lainnya, membutuhkan laporan keuangan untuk melakukan analisis perkembangan bisnis secara lengkap.

Begitu pula untuk mengetahui, apakah bisnis Anda menguntungkan atau mengalami kerugian, semuanya memerlukan data dan angka akurat yang terdapat dalam laporan keuangan.

Nah, apakah Anda melakukan pencatatan transaksi dan keuangan secara rutin? Apakah Anda masih melakukannya secara manual? Jika iya, sudah saatnya Anda menggunakan aplikasi kasir. Alasan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat menghemat waktu untuk pembuatan laporan keuangan (arus kas, laba-rugi, perhitungan pajak, persediaan barang, dan sebagainya) dan mengetahui untung rugi bisnis.

5. Proses Inventarisasi Toko Lebih Cepat dan Efisien

Pada 4 poin sebelumnya, Anda sudah mengetahui bahwa menggunakan aplikasi kasir memungkinkan Anda mendapatkan data lengkap mengenai semua transaksi yang terjadi di dalam toko atau bisnis yang Anda kelola. Nah, data tersebut juga akan membantu proses inventarisasi toko lebih cepat dan efisien.

Aplikasi kasir online biasanya berbasis cloud. Ini jelas menguntungkan, terutama bagi Anda yang memiliki banyak cabang bisnis sehingga bisa memantau operasional bisnis kapan saja dan dari mana saja. Anda tidak perlu mengunjungi setiap cadang hanya untuk memantau jumlah transaksi penjualan maupun persediaan barang.

Manfaat Aplikasi Kasir Meningkatkan Layanan Kepada Pelanggan

6. Meningkatkan Layanan kepada Pelanggan

Pelayanan yang baik kepada pelanggan akan membangun loyalitas pelanggan sehingga mereka senang berbelanja di toko Anda. Penggunaan aplikasi kasir akan membantu Anda melayani pelanggan dengan cepat, terutama dapat mencegah terjadinya antrian panjang saat pelanggan melakukan pembayaran di kasir.

Aplikasi kasir bisa secara otomatis melakukan pencatatan transaksi, menghitung total belanjaan dan diskon jika ada, bahkan bisa menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan. Apalagi kalau Anda menggunakan aplikasi kasir yang terintegrasi dengan printer yang bisa mencetak atau print struk dengan cepat.

Khusus bagi Anda pemilik depot makan atau restoran, aplikasi kasir yang terintegrasi dengan kitchen print-out (printer dapur), dapat secara langsung mencetak pesanan pelanggan, kemudian tim dapur bisa menyajikan menu makanan yang dipesan kepada pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan tidak perlu menunggu lama sampai makanan mereka tersaji di meja.

7. Sistem Keamanan Mencegah Fraud

Jika Anda pemilik usaha yang memiliki banyak cabang dan tersebar di berbagai daerah, pastinya akan sangat merepotkan serta tidak efisien untuk melakukan kontrol dengan mengunjungi masing-masing cabang.

Anda pasti akan mencari karyawan yang bisa dipercaya untuk membantu Anda mengelola toko atau bisnis. Masalahnya, apakah karyawan tersebut memang benar-benar bisa dipercaya? Belum tentu, kan?

Itu sebabnya, Anda perlu menggunakan aplikasi kasir yang sudah memiliki sistem keamanan sehingga memudahkan Anda memantau semua transaksi dan stok barang di setiap cabang bisnis tanpa perlu berkunjung secara langsung. Selain itu, Anda bisa mencegah fraud atau kebocoran keuangan (jumlah uang yang diterima tidak sesuai dengan stok barang yang keluar), mengingat aplikasi kasir sudah mencatat setiap transaksi penjualan dan bisa langsung memotong jumlah stok barang yang tersisa secara otomatis setelah penjualan terjadi.

Pilihan Aplikasi Kasir Sesuai Kebutuhan

Setelah tahu fungsi dan kegunaan aplikasi kasir bagi pemilik toko atau pemilik bisnis ritel lainnya, kini waktunya Anda mempertimbangkan pula pilihan aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Saat ini, ada 2 pilihan aplikasi kasir, yaitu aplikasi kasir IReap POS Lite dan IReap POS Pro.

Aplikasi kasir IReap POS lite adalah aplikasi kasir android gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengelola semua transaksi yang berlangsung dalam bisnis atau toko Anda. Aplikasi kasir gratis ini cocok jika Anda hanya memiliki 1 unit bisnis atau 1 toko.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi satu ini adalah fitur penjualan seperti pada umumnya, seperti fitur pengembalian barang jika terjadi retur, kategori barang, pencatatan barang, dan jumlah barang.

Selain itu, aplikasi gratisan ini juga memiliki fitur manajemen stok yang berisi pengaturan untuk stok barang masuk dan keluar. Bahkan Anda dapat melakukan import data yang berasal dari file CSV, melihat jumlah profit, audit stok, penjualan terbanyak, dan laporan penjualan pada menu laporan.

Yuk, tunggu apa lagi? Anda tinggal unduh aplikasi kasir gratis IReap POS lite dan bisa langsung menggunakan.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp