5 Strategi Promosi Kekinian untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Online Business Promotion Strategy

Strategi Promosi Bisnis Online

Promosi bisnis adalah salah satu cara untuk memperkenalkan produk sekaligus menarik minat pelanggan dalam melakukan pembelian. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan penjualan dan bisnis pun mendapatkan untung. Lalu, bagaimana cara mempromosikan usaha yang tepat? Anda bisa memulainya dari menentukan strategi promosi yang tepat.

Apa Itu Strategi Promosi?

Strategi promosi adalah cara yang telah dirancang perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk. Strategi promosi setiap perusahaan tentunya beragam, karena dipengaruhi banyak faktor, seperti jenis produk, target audiens, budget pemasaran, action plan, dan lainnya. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, strategi promosi akan membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan dari bisnis online Anda.

3 Klasifikasi dalam Penerapan Strategi Promosi yang Tepat Sasaran

Strategi promosi apa saja? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memahami klasifikasi dalam penerapan strategi promosi yang tepat sasaran, yaitu:

  • Customer promotion, yaitu cara mempengaruhi konsumen supaya bersedia membeli suatu produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Trade promotion merupakan upaya Anda mengajak distributor agar tak hanya membeli produk, namun turut menjualnya kembali. Strategi promosi ini dilakukan kepada agen, pedagang eceran, grosir, hingga importir potensial.
  • Business promotion, artinya melakukan penjualan kepada pelanggan baru maupun pelanggan lama. Caranya beragam, mulai dari menjaga komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan volume penjualan, hingga memperkenalkan produk beserta keunggulannya.

5 Strategi Promosi Terbaru untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Saat ini, cara mempromosikan produk tak hanya dilakukan secara offline saja, namun Anda juga bisa mempromosikan produk secara online. Lalu, strategi promosi apa saja yang dapat membantu meningkatkan penjualan? Lanjutkan membaca, yuk!

1. Strategi Promosi di Instagram dan TikTok

Instagram dan TikTok menjadi media sosial terpopuler di kalangan generasi milenial. Ada banyak strategi promosi yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Konten carousel di Instagram.
  • Promosikan produk maupun layanan bisnis dalam bentuk video pendek di IG reels maupun Instagram story.
  • Sesekali, manfaatkan fitur live di Instagram untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Sementara di TikTok, Anda bisa membuat konten video pendek menggunakan transisi menarik untuk mempromosikan produk Anda. Di Instagram dan TikTok, Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan hashtag dan kata-kata promosi yang menarik perhatian.

2. Strategi Promosi Menggunakan Video yang Menghibur dan Meninggalkan Kesan Mendalam

Menyentuh sisi kemanusiaan dan rasa empati akan menimbulkan kesan mendalam dan membuat orang yang menonton jadi mengingat pesan di dalam video. Nah, Anda bisa mencoba strategi promosi menggunakan video jenis ini. Beberapa brand yang pernah menggunakan strategi promosi berbentuk video yang berkesan, misalnya:

  • Gojek dengan video berjudul Hikayat Sang Musafir. Isi video bercerita momen Ramadhan di masa pandemi, peringatan pentingnya menjaga jarak dengan gaya kocak, dan tentu saja memperkenalkan berbagai fungsi dalam aplikasi Gojek.
  • Penyedap rasa Sasa membuat iklan video berbentuk animasi yang menceritakan tokohnya bisa menggapai impian. Bahkan tagline di dalam iklan yang berbunyi “Dengan Sasa tepung bumbu #ApaSihYangGaBisa” sempat viral di Twitter.

Anda yang ingin menerapkan strategi promosi berbentuk video, perlu merancang konsep dengan baik terlebih dahulu, termasuk menentukan target pasar yang mau dijangkau. Kemudian buat storyboard, termasuk menentukan poin penting yang ingin disampaikan dalam bentuk storytelling yang unik, kocak, menghibur atau bisa juga menginspirasi. Durasi video marketing juga perlu diperhatikan. Buatlah secara singkat, jelas, dan menarik agar mudah dipahami pelanggan.

Video marketing ini bisa Anda bagikan melalui berbagai platform media sosial, seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter. Hanya saja formatnya harus disesuaikan dengan platform yang dipilih supaya tidak ada yang terpotong.

Contoh lain, Anda bisa membuat video tutorial terkait produk atau layanan yang tersedia pada bisnis Anda, seperti video tutorial dari YouTube iReap POS berikut ini:

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

3. Memanfaatkan Website untuk Promosi

Anda bisa memanfaatkan website untuk mempromosikan bisnis. Ini akan membuat bisnis terlihat profesional dan terpercaya. Tak hanya itu, Anda bisa mencantumkan informasi produk dengan lebih detail di dalam website sehingga memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Bisnis juga dapat lebih mudah ditemukan pelanggan melalui penggunaan kata kunci tertentu pada mesin pencari.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi promosi di media sosial yang melibatkan influencer. Influencer adalah orang yang memiliki keahlian di suatu bidang dan dapat mempengaruhi masyarakat. Ada beberapa tingkatan influencer, tergantung jumlah followers yang dimiliki. Sebelum menentukan untuk bekerja sama dengan influencer dalam mempromosikan produk melalui promosi berbayar, Anda harus memastikan terlebih dulu jika influencer tersebut memang relevan dengan target pasar dari produk Anda.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Untuk meningkatkan penjualan, Anda juga bisa menerapkan strategi search engine optimization atau SEO di website. SEO adalah strategi untuk memaksimalkan kinerja konten sehingga mudah ditemukan calon pelanggan di mesin pencari ketika mengetikkan kata tertentu. Untuk itu, Anda perlu membuat konten berkualitas yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi pelanggan, meningkatkan kecepatan website, membuat website mobile friendly, juga memasukkan kata kunci tertentu.

strategi promosi dengan dukungan layanan pelanggan

Dukungan Layanan Pelanggan untuk Optimalisasi Penerapan Strategi Promosi

Dalam menerapkan strategi promosi, tentunya dibutuhkan kerja sama yang baik antar divisi. Salah satunya dengan dukungan layanan pelanggan atau customer service. Layanan pelanggan adalah pusat informasi yang akan membantu memberikan solusi untuk berbagai pemasalahan yang pelanggan hadapi.

Nah, agar penerapan strategi promosi memberikan hasil optimal, Anda perlu menyediakan layanan pelanggan 24 jam penuh melalui berbagai channel, seperti WhatsApp, media sosial, live chat di website, dan telepon. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknologi chatbot untuk melayani pelanggan yang membutuhkan informasi umum terkait produk.

Dari berbagai strategi promosi yang sudah dijelaskan di atas, mana yang sudah Anda lakukan? Yuk, segera terapkan strategi promosi kekinian untuk menjangkau lebih banyak pelanggan demi meningkatkan penjualan. Anda juga perlu melengkapi bisnis Anda dengan perangkat pendukung operasional, seperti aplikasi kasir, yang membantu Anda mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Cari tahu lebih banyak mengenai aplikasi kasir POS di sini.

Banner-ireap-pro