Home » Tips Bisnis » Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

manfaat-digital-marketing

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

Ada banyak manfaat digital marketing bagi pelaku usaha, seperti mempertemukan penjual dan pelanggan secara online, meningkatkan pendapatan bisnis, dan meningkatkan ROI.

Selain itu, digital marketing menjadi teknik marketing yang memudahkan, hemat biaya promosi, meningkatkan brand awareness, dll. Baca selengkapnya manfaat dan kelebihan digital marketing di sini, yuk.

Manfaat Digital Marketing untuk Pelaku Usaha

1. Mempertemukan Penjual dan Pelanggan Secara Online

Salah satu ciri yang membedakan pemasaran konvensional dan pemasaran digital adalah kemudahan dalam berinteraksi antara konsumen dan penjual.

Jika dalam transaksi tradisional, konsumen harus datang dulu ke toko fisik, melihat produk, mengajukan pertanyaan, dan melakukan pembelian.

Sementara dalam pemasaran digital, konsumen bisa berinteraksi dan mengajukan banyak pertanyaan terlebih dahulu secara online, membaca ulasan dari pelanggan lain, baru kemudian melakukan pembelian secara online.

Semua aktivitas ini bisa dilakukan dari rumah, dari kantor, atau dari mana pun tanpa harus datang ke tempat usaha.

2. Bisnis Berjalan 24 Jam dengan Jangkauan yang Luas

Karena berinteraksi bisa dilakukan secara online, maka jangkauan bisnis pun menjadi lebih luas. Tak ada lagi perbedaan jarak dan waktu untuk berbelanja dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Bahkan bisnis Anda tetap bisa buka dan menerima pesanan pelanggan 24 jam sehari. Ketika bisnis Anda mampu memenuhi kebutuhan pelanggan secara real time, maka bisa meningkatkan kepuasaan pelanggan terhadap produk dan layanan bisnis Anda.

3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Ketika jangkauan bisnis menjadi lebih luas dan adanya potensi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, otomatis pendapatan bisnis Anda pun mengalami peningkatan. Di saat yang sama, biaya untuk melakukan promosi dan kegiatan pemasaran juga lebih hemat.

Bahkan untuk biaya sewa tempat dan operasional bisa Anda pangkas kalau menjalankan bisnis secara digital. Begitu pula pengurangan biaya gaji bisa Anda lakukan karena menerapkan digital marketing cukup menggunakan tools dan penerapan strategi yang tepat sasaran saja.

Manfaat Digital Marketing Meningkatkan ROI

4. Meningkatkan ROI

Menerapkan digital marketing memungkinkan terjadinya peningkatan ROI atau Return on Investment. Hal ini karena Anda bisa menentukan target audiens yang lebih spesifik dan hasilnya pun lebih terukur.

Selain itu, biaya operasional pemasaran digital lebih rendah, apalagi Anda bisa menggunakan berbagai platform digital dengan gratis untuk beriklan, misalnya iklan dalam bentuk konten di media sosial.

Dengan meningkatnya pendapatan, sementara pengeluaran bisa Anda buat seefektif mungkin, maka keuntungan bisnis Anda juga akan semakin besar. Inilah yang kemudian meningkatkan ROI.

5. Teknik Marketing yang Mudah

Ada beragam teknik marketing yang dapat diterapkan dalam pemasaran digital, misalnya dengan cara optimasi search engine, memasang iklan berbayar, baik dengan sosial media sebagai wadahnya.

Anda juga bisa membuat penawaran melalui email, atau menggunakan jasa influencer. Prinsipnya, pilih strategi digital marketing yang paling relevan dan sesuai dengan bisnis Anda, sehingga Anda jadi lebih mudah dalam mencapai tujuan.

6. Menghemat Biaya Promosi

Pada penjualan tradisional, Anda sudah tentu membutuhkan budget iklan yang tidak sedikit demi menjangkau banyak pelanggan. Misalnya untuk memasang baliho atau membuat brosur promosi. Belum lagi biaya untuk menyewa tempat, biaya gaji karyawan, dan sebagainya.

Pada pemasaran digital, hal tersebut dapat Anda hilangkan, sehingga akan menghemat biaya promosi. Anda bisa membuat iklan di media sosial, menggunakan flyer digital yang tidak perlu dicetak, atau membuat konten secara rutin. Cara promosi secara digital ini cukup membutuhkan internet untuk menyebarkannya.

7. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat selanjutnya tak hanya berkaitan dengan potensi keuntungan yang akan diperoleh, namun juga bisa berdampak pada kesadaran masyarakat akan brand yang Anda miliki.

Brand awareness menjadi hal yang amat penting karena merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui sebelum konsumen berubah menjadi pelanggan yang loyal.

Tanpa brand awareness yang kuat mustahil rasanya sebuah merek akan tetap dikenal. Begitu juga saat produk terkenal tidak memperhatikan faktor tersebut, maka tak menutup kemungkinan brand Anda akan dilupakan dan digantikan dengan kompetitor.

Ada banyak cara yang biasa digunakan untuk meningkatkan brand awareness, antara lain lewat iklan berbayar, endorsement produk di media sosial, content placement di website blogger dan sebagainya.

Kelebihan Digital Marketing untuk Pengembangan Usaha

Kelebihan Digital Marketing

1. Hemat Biaya dan SDM

Dalam memperkenalkan produk kepada konsumen, Anda membutuhkan beberapa cara. Salah satunya dengan bantuan iklan.

Nah, dengan digital marketing Anda bisa menghemat biaya iklan karena tidak harus membayar biaya cetak atau biaya sewa dalam jumlah besar. Justru biaya beriklan lewat internet bisa Anda sesuaikan dengan budget.

Selain biaya iklan, Anda pun bisa menghemat SDM karena menerapkan digital marketing bahkan bisa Anda lakukan sendiri. Namun jika ingin lebih efisien, Anda bisa mengandalkan jasa digital marketing profesional.

Ini tidak berarti, Anda tidak memerlukan karyawan sama sekali ya. Tetapi kalau Anda menerapkan strategi pemasaran digital, Anda bisa memangkas beberapa bagian dan mengerjakanya hanya dengan bantuan tools digital marketing.

2. Terukur, Dapat Dievaluasi dan Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Pada iklan konvensional yang biasanya menggunakan media televisi, radio atau baliho, Anda tidak bisa menghitung seberapa banyak orang yang telah melihat iklan tersebut.

Sementara kalau menerapkan iklan digital, Anda bisa melakukan analisis data insight, mulai dari jumlah jangkauan iklan, engagement, interaksi, bahkan klik yang dilakukan audiens.

Selain itu, Anda juga bisa mengendalikan budget iklan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan iklan Anda. Dengan cara ini, bisnis Anda bisa berkembang lebih cepat.

3. Potensi Target Market Lebih Besar

Selama masih terhubung dengan internet, siapapun target market Anda tetap bisa Anda jangkau, termasuk calon pelanggan dari luar negeri.

Semakin besar potensi target market yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

4. Strategi Marketing yang Lebih Interaktif dan Efektif

Promosi dalam digital marketing bisa dilakukan dengan menerapkan social media marketing, content marketing, email marketing, dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih strategi yang paling tepat dan paling sesuai dengan bisnis Anda.

Misalnya audiens yang sesuai dengan buyer persona bisnis Anda banyak menggunakan media sosial, maka lebih tepat dan efektif kalau Anda menerapkan social media marketing.

Atau ketika Anda melakukan survei dan mengetahui kalau pelanggan Anda senang berselancar di website, maka penerapan search engine marketing dan search engine optimization lebih tepat Anda lakukan.

Pemasaran digital tidak boleh Anda lewatkan karena memiliki banyak keunggulan dibanding pemasaran secara konvensional. Nah, itulah beberapa manfaat digital marketing yang bisa perusahaan Anda dapat. Selanjutnya, cari tahu juga tools digital marketing yang bisa membantu Anda memaksimalkan penerapan strategi pemasaran. Baca selengkapnya di sini yuk: 15 Rekomendasi Tools untuk Digital Marketing.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos