15 Rekomendasi Tools untuk Digital Marketing

rekomendasi-tools-digital-marketing

Rekomendasi Tools untuk Digital Marketing

Untuk memudahkan Anda menerapkan strategi digital marketing, ada berbagai alat atau tools digital marketing yang bisa Anda gunakan. Beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran digital, antara lain Google Analytics, Google Ads, SEMRush, Ahrefs, MailChimp, Hootsuite, Canva, dan masih banyak lagi. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk.

Rekomendasi Tools Digital Marketing yang Wajib Pebisnis Tahu

1. Google Analytics

Google Analytics adalah platform analitik yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis performa situs bisnis. Mulai dari jumlah pengunjung (traffic, baik organic traffic maupun traffic berbayar dari iklan), juga apa saja yang audiens lakukan di dalam website Anda.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan data customer behavior (perilaku pengguna), audiens flow (gerak audiens berselancar dari satu halaman ke halaman lainnya), lokasi audiens, berapa lama audiens berada dalam situs, dan sebagainya.

Bahkan, Anda dapat melacak tujuan, konversi yang terjadi, dan value atau nilai, serta memantau kinerja kampanye pemasaran digital yang Anda lakukan, seperti iklan Google ads dan kampanye di media sosial.

2. Google Ads

Tools dari Google ini bisa Anda andalkan untuk beriklan tak hanya di mesin pencari, namun juga website dan aplikasi. Cara kerjanya menggunakan model pembayaran per klik (PPC). Artinya, Anda hanya membayar ketika audiens melakukan klik pada iklan.

Iklan Google Ads dapat berupa iklan teks, iklan display, iklan video, atau iklan dalam aplikasi mobile, serta Google akan merekomendasikan iklan Anda sesuai dengan kata kunci atau preferensi yang Anda tentukan.

Menggunakan tools ini akan membantu Anda mempromosikan produk dan layanan, meningkatkan visibilitas online, dan mendapatkan lebih banyak traffic ke situs web.

Dengan catatan, Anda melakukan pengaturan secara tepat, sehingga Google Ads dapat memberikan hasil yang signifikan dalam hal jumlah kunjungan situs web, konversi, dan ROI (return on investment).

Banner-ireap

3. Mailchimp

Surat elektronik masih menjadi unggulan untuk beberapa brand. Sebab, materi promosi yang dikirim melalui email tidak terbatas karakter, sehingga Anda bisa melakukan edukasi konsumen secara lebih leluasa.

Namun masalahnya mengirim email satu per satu sangat tidak efisien. Tak heran jika banyak brand yang kemudian menggunakan layanan Mailchimp karena tools ini dapat mengirim banyak email sekaligus, namun tetap terasa personal sesuai dengan nama masing-masing penerima.

Berbagai fitur yang tersedia pada Mailchimp, antara lain, desain email drag-and-drop, pelacakan email, personalisasi email, integrasi dengan berbagai platform, analisis kampanye, dan banyak lagi.

Mailchimp juga menyediakan fitur marketing automation, yang memungkinkan Anda mengotomatisasi beberapa tugas dalam kampanye email, seperti mengirim email sambutan, email ulang, dan email pemberitahuan.

Mailchimp cocok untuk bisnis kecil dan menengah yang ingin membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui email marketing. Istimewanya, alat ini dapat dihubungkan dengan Google Analytics sehingga Anda bisa memantau seberapa efektif email yang telah dikirim.

4. HootSuite

Hootsuite cocok untuk bisnis kecil dan menengah yang ingin meningkatkan kinerja media sosial dan mengelola kampanye media sosial secara lebih efektif dan efisien. Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang memungkinkan Anda mengelola beberapa akun media sosial dalam satu dashboard.

Anda bisa melakukan pengaturan jadwal posting, memantau aktivitas, berkolaborasi dengan tim, mengelola dan membalas pesan, bahkan menganalisis kinerja kampanye media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube.

Beberapa fitur unggulan pada tools ini, antara lain pemantauan kata kunci, mengkurasi konten, integrasi dengan platform lain, seperti Google Analytics dan Adobe Analytics, serta integrasi dengan berbagai alat pemasaran digital lainnya.

Tools untuk Digital Marketing Ahrefs

5. Ahrefs

Banyaknya jumlah konversi berbanding lurus dengan tingginya jumlah pengunjung yang datang ke website Anda. Itulah sebabnya, sangat sayang kalau tak Anda menggunakannya. Ahrefs adalah platform Search Engine Optimization (SEO) yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis situs bisnis, melakukan riset kata kunci, dan mempelajari kompetitor.

Beberapa fiturnya yang mumpuni, seperti analisis backlink, kata kunci, pemantauan peringkat, analisis traffic dan konten, serta masih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk mencari dan menemukan peluang sehingga dapat bersaing dengan lebih baik di mesin pencari.

6. SEMrush

Jika Anda membutuhkan tools yang bisa mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu tempat, maka Semrush adalah rekomendasinya. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa menganalisis performa situs bisnis serta mengoptimalkannya dari sisi SEO.

Anda juga bisa melakukan riset iklan yang sudah berjalan, melakukan content marketing hingga memantau dan mengelola sosial media. Selain itu, Anda juga dapat memahami bagaimana pesaing mendapatkan traffic, menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi tinggi, serta melacak kinerja situs web, mulai dari traffic, peringkat, dan konversi.

7. Canva

Ingin membuat materi dan desain promosi, namun tidak menguasai desain grafis? Tenang, sekarang Anda bisa menggunakan Canva. Dengan tools ini, Anda bisa membuat poster, brosur, kartu nama, presentasi, undangan, konten media sosial, infografis, dan masih banyak lagi.

Canva menyediakan berbagai fitur seperti ribuan template desain yang sudah siap digunakan, jutaan gambar dan elemen grafis yang dapat digunakan secara gratis atau dengan biaya premium.

Penggunaannya juga mudah tinggal drag dan drop sehingga Anda yang tidak punya pengalaman membuat desain tetap bisa menggunakannya.

Keunggulan lain, terdapat pilihan template yang bisa Anda sesuaikan dengan platform yang mau digunakan, seperti Instagram Reels, cover YouTube, banner website, landing page dan banyak lagi.

8. Sociabuzz

Sociabuzz menyediakan banyak influencer, selebgram, dan YouTuber yang bisa Anda pilih untuk diajak bekerja sama sesuai dengan kebutuhan campaign pemasaran digital. Sebab, ini adalah platform pemasaran influencer yang memudahkan Anda bekerja sama dengan influencer media sosial untuk mempromosikan merek atau produk.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada Sociabuzz, seperti pencarian influencer berdasarkan niche media sosial, lokasi, pengiriman pesan dan negosiasi kerja sama, pengelolaan kampanye, pemantauan kinerja kampanye, dan banyak lagi.

9. Trello

Trello memungkinkan Anda bekerja dalam satu tim tanpa harus bertatap muka. Menggunakan tools ini, Anda dapat memantau pekerjaan semua anggota tim, bahkan membuat notifikasi agar tidak ada deadline yang terlewat.

Selain itu, Trello akan membantu Anda membuat to do list dan meningkatkan produktivitas. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan versi gratis maupun versi berbayar.

Lookers Studio

10. Lookers Studio

Looker Studio adalah alat yang dapat membantu Anda menyajikan laporan secara visual dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Penggunaannya tinggal drag and drop untuk membuat berbagai jenis diagram, grafik, tabel, dan alat lainnya.

Beberapa fitur Looker Studio, antara lain kontrol filter dan pengaturan rentang tanggal sehingga Anda bisa membuat laporan yang interaktif, menyisipkan link ataupun gambar yang bisa diklik, bahkan bisa digunakan untuk membuat katalog produk maupun konten.

11. Pexel

Pexels adalah situs web yang menyediakan ribuan gambar dan video berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara bebas untuk keperluan pribadi dan komersial.

Jadi ketika Anda membutuhkan gambar atau video untuk keperluan pembuatan konten, Anda bisa memanfaatkan Pexel.

Pexels menyediakan berbagai jenis gambar dan video, termasuk gambar stok, gambar editorial, gambar vektor, dan gambar gratis lainnya dan bisa digunakan secara komersial.

12. Zapier

Zapier adalah alat otomatisasi tugas online yang akan membantu Anda menghubungkan aplikasi yang berbeda dan mengotomatiskan tugas antar aplikasi. Jadi, Anda tinggal membuat zaps atau koneksi antara aplikasi yang satu dengan yang lainnya, sehingga pekerjaan Anda jadi lebih mudah dan tugas-tugas rutin bisa dikerjakan dengan baik.

Contohnya, Anda membuat zap yang mengirim email otomatis ketika ada pesan baru di akun Slack, atau mengubah data antara Google Sheets dan Trello. Zapier menyediakan lebih dari 3.000 aplikasi yang dapat dihubungkan, termasuk Gmail, Salesforce, Trello, Slack, Dropbox, dan banyak lagi.

13. Slack

Slack adalah sebuah situs dan aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim tanpa munculnya distraksi. Dengan Slack, Anda dapat membuat materi terkait digital marketing dengan lebih fokus.

14. Brandwatch

Ingin bisa memantau apa yang dibicarakan orang di media sosial mengenai brand atau bisnis Anda? Nah, Anda bisa menggunakan alat yang bernama Brandwatch.

Dengan alat ini, Anda dapat memantau dan menganalisis percakapan di media sosial tentang brand, produk, dan industri tertentu di media sosial bahkan blog dan berita online.

Beberapa fiturnya yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya analisis sentimen, identifikasi pengaruh, pemantauan hashtag, analisis pesaing, serta pengukuran kinerja kampanye media sosial.

15. Adobe Creative Cloud

Adobe Creative Cloud adalah kumpulan aplikasi dan layanan kreatif yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Di dalam Creative Cloud ini Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai aplikasi, seperti Photoshop, Illustrator, InDesign, Premiere Pro, dan After Effects.

Bisa dikatakan, Adobe Creative Cloud merupakan kumpulan alat desain grafis dan multimedia yang memungkinkan Anda membuat konten visual yang menarik untuk kampanye pemasaran. Anda bisa membuat desain grafis, pengeditan foto dan video, ilustrasi, pengembangan situs web, dan banyak lagi.

Digital marketing merupakan cara pemasaran yang banyak diandalkan belakangan ini. Agar dapat mencapai hasil yang diinginkan, Anda bisa mengandalkan 15 rekomendasi tools untuk digital marketing di atas.

Karena pengetahuan Anda sudah lengkap, mulai dari apa itu digital marketing, jenis dan manfaat digital marketing (pada artikel-artikel iReap sebelumnya), dan sekarang sudah tahu alat pemasaran digital yang bisa digunakan. Secara saatnya Anda memulai digital marketing. Untuk itu, cek caranya di sini: Langkah-langkah Memulai Digital Marketing untuk Pemula.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp