7 Strategi Optimasi Google Bisnisku untuk Memenangkan Pencarian Lokal

optimasi google bisnisku

Strategi Optimasi Google Bisnisku untuk Memenangkan Pencarian Lokal

Google Bisnisku adalah alat yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas pada hasil pencarian Google, baik di SERP, Google maps, maupun di pencarian lokal. Dengan catatan, Anda sudah melakukan optimasi pada profil Google Bisnisku.

Di artikel iReap kali ini, Anda bisa mempelajari caranya, mulai dari membuat deskripsi, informasi kontak yang akurat, jadwal operasional, dan sebagainya. Yuk, langsung baca artikelnya sampai selesai.

Strategi Optimasi Google Bisnisku untuk Memenangkan Pencarian Lokal

1. Buat Deskripsi Semenarik Mungkin

Deskripsi bisnis di Google Bisnisku adalah salah satu komponen penting yang dapat memikat perhatian calon pelanggan. Di dalam deskripsi, Anda perlu menuliskan secara detail keunikan dan keunggulan bisnis sehingga membuat pelanggan tertarik.

Jika perlu, gunakan kata-kata yang menggugah dan kombinasikan dengan kata kunci relevan sehingga bisnis Anda lebih mudah ditemukan konsumen di hasil pencarian.

Contoh deskripsi untuk Google Bisnisku:

“Toko Bunga Harmoni membantu Anda menciptakan karya seni dengan berbagai koleksi bunga untuk mempercantik indoor dan outdoor rumah Anda. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia bunga, kami tak hanya bisa membangun taman yang indah di rumah Anda, tetapi juga dapat menciptakan karya seni bunga, baik untuk kado ulang tahun, dekorasi gedung pernikahan, atau kebutuhan khusus lainnya. Kunjungi toko kami dan diskusikan apa yang bisa kami bantu untuk Anda.”

2. Informasi Kontak Harus Akurat

Untuk memenangkan persaingan dalam pencarian lokal, pastikan informasi kontak yang Anda cantumkan di Google Bisnisku selalu akurat. Ini termasuk alamat fisik, nomor telepon, dan alamat email.

Selain itu, Anda juga harus memastikan informasi kontak tersebut sesuai dan konsisten dengan yang Anda cantumkan di situs web maupun di sosial media. Mengapa hal ini penting.

Sebab, tak hanya Google, pelanggan pun pasti lebih memilih bekerja sama atau menggunakan produk dari bisnis yang bisa dipercaya. Ini terlihat dari konsistensi informasi kontak yang Anda gunakan.

Cantumkan Jadwal Operasional

3. Cantumkan Jadwal Operasional

Sangat penting untuk memberikan informasi mengenai jadwal operasional bisnis. Informasi ini membantu pelanggan potensial mengetahui kapan mereka dapat mengunjungi atau menghubungi Anda.

Jika ada perubahan, Anda bisa memperbaharui jadwal di Google Bisnisku secara berkala. Terutama perubahan jadwal operasional yang berkaitan dengan bulan Ramadhan dan hari libur nasional.

Jangan sampai, pelanggan sudah datang jauh-jauh hanya untuk berbelanja langsung di gerai bisnis, namun jadi kecewa karena toko Anda sedang tutup.

4. Konten dan Gambar / Video Bisnis

Konten visual, seperti gambar dan video, memiliki daya tarik yang kuat dan bisa memberi gambaran secara lengkap mengenai bisnis Anda. Dari konten tersebut, ketertarikan pelanggan pada bisnis Anda bisa digugah.

Untuk itu, unggah foto atau gambar berkualitas tinggi. Bisa foto atau katalog produk, layanan bisnis, infografis, dan sebagainya.

Pertimbangkan juga untuk membuat video singkat berisi perkenalan bisnis, behind the scene pembuatan produk, suasana di tempat kerja, dan hal lain yang menarik.

Beri sedikit penjelasan berupa deskripsi yang menarik dan mengandung kata kunci pada foto, gambar, maupun video untuk mengoptimalkannya.

5. Dapatkan Ulasan Pengunjung

Pada masa keterbukaan informasi seperti saat ini, cukup banyak orang yang akan membaca ulasan dari pelanggan lain terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan produk atau layanan suatu bisnis.

Maka mau tidak mau, Anda pun harus bergegas untuk memiliki ulasan positif yang bisa meningkatkan reputasi dan membuat bisnis Anda jadi lebih terpercaya. Ini tentu saja dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.

Bagaimana mendapatkan ulasan pelanggan? Anda bisa meminta pelanggan yang puas dengan produk maupun layanan bisnis Anda untuk meninggalkan ulasan positif di Google Bisnisku yang Anda miliki.
Upayakan untuk selalu menanggapi ulasan yang ditinggalkan pelanggan, baik positif maupun negatif, dengan sopan dan profesional.

Bangun Interaksi Positif dengan Pelanggan

6. Bangun Interaksi Positif dengan Pelanggan

Nah, masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Ketika Anda membalas ulasan yang pelanggan tinggalkan di Google Bisnisku milik bisnis Anda, ini menjadi salah satu cara membangun interaksi positif dengan pelanggan.

Selain menunjukkan kalau Anda peduli dengan masukan, saran, maupun kritik mereka, cara ini bisa mendorong terjadinya komunikasi yang lebih aktif antara Anda dengan pelanggan. Bahkan bisa jadi masukan berharga dari mereka membuat bisnis Anda semakin berkembang.

7. Pantau Statistik di Insight Google Bisnisku

Google Bisnisku Insight menyediakan data berharga tentang seberapa baik kinerja profil bisnis. Maka, analisis semua data berkaitan dengan jumlah tampilan, klik, dan interaksi yang terjadi.

Semua data di insight Google Bisnisku ini dapat memberi pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku pelanggan. Lalu, manfaatkan pengetahuan tersebut untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik.

Dengan mengikuti tujuh strategi optimasi Google Bisnisku di atas, Anda dapat memenangkan persaingan dalam pencarian lokal. Apalagi kalau Anda melengkapi pengetahuan mengenai digital marketing. Cari tahu mengenai digital marketing di sini: Strategi Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya.

Kelebihan Produk Point of Sales Gratis dari iReap

About

contact whatsapp
contact whatsapp