Strategi Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

apa-itu-strategi-digital-marketing

manfaat digital marketing

Apa saja strategi dalam digital marketing? Beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis, antara lain email marketing, SEO, social media marketing, website, dan masih banyak lagi. Simak penjelasan lengkap mengenai strategi dalam digital marketing di artikel ini, yuk.

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

Kehidupan manusia itu dinamis, berubah sesuai dengan kondisi yang ada di sekitarnya. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis yang terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan teknologi.

Maka wajar jika di era digital saat ini, strategi pemasaran dan marketing pun harus menyesuaikan, sehingga muncullah yang namanya strategi digital marketing. Apa itu strategi digital marketing?

Strategi digital marketing adalah upaya atau kegiatan mempromosikan brand, produk, jasa, maupun layanan bisnis menggunakan media digital. Beberapa jenis media digital yang umum digunakan, di antaranya media sosial, website, email, search engine marketing, dan sebagainya.

Dengan menerapkan strategi digital marketing yang tepat, maka Anda bisa mencapai tujuan pemasaran, menjangkau pasar yang lebih luas, mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan terjadi peningkatan penjualan.

Jenis-Jenis Strategi Digital Marketing

Untuk bisa menerapkan strategi digital marketing, Anda perlu mengenal jenis-jenis strategi digital marketing. Beberapa di antaranya:

strategi digital marketing

1. Email Marketing

Email marketing adalah cara memasarkan produk, jasa, layanan bisnis, maupun memperkenalkan brand Anda kepada pelanggan melalui email.

Di dalam email, Anda tidak melulu bicara produk, tetapi Anda bisa memberikan konten yang bermanfaat, inspiratif, atau memperkenalkan keunggulan produk, serta konten yang bertujuan membangun interaksi dengan pelanggan.

Untuk meningkatkan ketertarikan penerima email membaca keseluruhan pesan dalam email yang Anda kirimkan, bisa pula memberikan benefit tambahan, seperti voucher diskon, promo, dan sebagainya.

2. Teknik SEO (Search Engine Optimization)

Teknik SEO adalah kegiatan mengoptimalkan mesin pencari di mana Anda perlu melakukan SEO on page, SEO off page, dan teknikal SEO. Tujuannya, untuk membuat bisnis dan produk Anda mudah ditemukan di mesin pencari.

2. Social Media Marketing

Social media marketing adalah penerapan strategi digital marketing menggunakan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan TikTok.

Anda bisa membuat konten yang menarik mengenai bisnis, produk, atau konten organik yang menginspirasi, menghibur, serta mengedukasi.

Selain itu, social media marketing bisa dimaksimalkan dengan membuat giveaway, bekerja sama dengan influencer, bahkan bisa memasang iklan di masing-masing media sosial yang digunakan.

Contoh penerapan strategi social media marketing, bisa Anda baca lebih lengkap pada artikel lain dalam website iReap ini, antara lain:

4. Website

Strategi digital marketing menggunakan website bagus untuk membangun reputasi brand, sebagai brand image, serta meningkatkan brand awareness.

Anda bisa membuat berbagai konten di website dengan keyword yang relevan. Harapannya, website bisnis mudah ditemukan di mesin pencari ketika calon pelanggan mencari informasi tertentu.

Manfaat Menerapkan Strategi Digital Marketing bagi Bisnis Online

Ketika melakukan promosi dan pemasaran, pasti tujuan yang ingin Anda capai adalah mendapatkan sebanyak mungkin calon pelanggan potensial yang mengenal produk, jasa, layanan bisnis, maupun brand Anda dengan baik.

Jika dalam penerapannya dilakukan secara konvensional, jelas Anda membutuhkan banyak tenaga pemasaran, butuh waktu lama untuk mencapai target, dan pastinya biaya iklan dan operasional yang besar.

Itulah sebabnya, Anda butuh menerapkan strategi digital marketing. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau menerapkan strategi digital marketing, antara lain: jenis-jenis strategi digital marketing

1. Menerapkan Strategi Digital Marketing dapat Hemat Biaya Promosi, Iklan, dan Operasional

Jika bisnis masih baru, Anda memang membutuhkan biaya untuk melakukan branding dan membangun brand awareness.

Namun karena strategi digital marketing bisa diterapkan melalui platform media sosial. Misalnya, website, email marketing, dan kanal digital lainnya.

Sudah tentu Anda bisa menghemat biaya untuk promosi, iklan, juga biaya operasional dalam menjalankan kegiatan promosi dan pemasaran.

2. Tidak Membutuhkan Tim Penjualan yang Banyak

Menerapkan strategi digital marketing menggunakan berbagai platform digital tidak membutuhkan tim penjualan yang banyak. Untuk menjalankan kampanye di media sosial, Anda cuma membutuhkan admin media sosial.

Sementara untuk pemasaran menggunakan website, cari saja digital marketer handal yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja website.

Begitu pula kalau Anda membutuhkan tim email dan customer service untuk melayani pelanggan.

Artinya, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan banyak karyawan bagian penjualan untuk melayani pelanggan di kanal-kanal digital Anda.

3. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan

Melakukan promosi dan berjualan secara online tidak membutuhkan tenaga pemasaran yang langsung turun ke lapangan, melakukan sales door to door, atau mendatangi pelanggan satu persatu.

Semua kegiatan promosi dan penjualan bisa dilakukan secara online. Dengan cara ini, biaya operasional bisa ditekan atau dialihkan untuk pengembangan usaha.

Lalu, bagaimana caranya berjualan secara online di berbagai platform digital? Anda cukup menyediakan berbagai konten kreatif dan menayangkannya secara digital di internet.

Konten-konten itulah yang akan “bekerja” secara aktif mendapatkan pelanggan potensial untuk bisnis Anda.

Dengan catatan, Anda menetapkan strategi digital marketing yang tepat sasaran, didukung dengan teknik SEO (search engine optimization), search engine marketing (SEM), email marketing, internet marketing, juga social media marketing (SMM) yang mumpuni.

4. Proses Branding Produk Lebih Mudah dan Lebih Cepat

Anda tidak perlu repot mencetak brosur, pamflet, selebaran iklan, kemudian menyebarkannya. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pesan billboard atau membuka booth di pasar yang potensial.

Untuk setiap produk yang dipasarkan, Anda cukup membangun branding produk dengan lebih mudah dan lebih cepat kalau memanfaatkan strategi digital marketing.

Caranya, Anda tinggal posting iklan yang menarik, membuat konten inspiratif terkait produk yang mau dipromosikan di media sosial, juga membuat artikel-artikel pendukung di website.

Tujuan pembuatan konten untuk branding supaya calon pelanggan bisa menemukan produk Anda di mesin pencari ketika mereka membutuhkannya.

Dengan kata lain, Anda bisa menciptakan branding produk Anda sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pelanggan.

5. Pertumbuhan Bisnis Lebih Optimal

Pemanfaatan strategi digital marketing yang tepat bisa membuat pemasaran produk Anda lebih cepat. Anda tinggal menetapkan target pelanggan secara lebih spesifik (bisa menggunakan berbagai tools digital marketing untuk memudahkan proses ini).

Setelahnya, lakukan analisis dan evaluasi atas strategi digital marketing yang sudah Anda lakukan. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk menentukan strategi digital marketing yang lebih baik di masa mendatang.

Penerapan strategi digital marketing yang tepat sasaran dan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi, akan membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas.

Tidak hanya pasar dalam negeri, banyak juga pebisnis online yang sekarang produknya sudah dipasarkan hingga keluar negeri. Otomatis, pertumbuhan bisnis Anda pun jadi lebih optimal dan membawa keuntungan yang lebih besar.

Selain manfaat dan jenis strategi digital marketing yang sudah diulas dalam artikel ini. Masih banyak hal mengenai digital marketing yang perlu Anda tahu. Untuk memaksimalkan penerapan digital marketing, pelajari dan terapkan pula customer journey mapping.

Kalau masih membutuhkan informasi dan pengetahuan yang lebih detail mengenai strategi digital marketing yang khusus untuk bisnis online, baca artikel ini, yuk: Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Online.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp