Home » Strategi Marketing / Bisnis » 21+ Ide Jualan di Bulan Puasa yang Laris dan Menguntungkan

21+ Ide Jualan di Bulan Puasa yang Laris dan Menguntungkan

ide-jualan-bulan-puasa

Ide Jualan di Bulan Puasa

Kalau ingin memulai bisnis dan sedang bertanya-tanya jualan yang cocok di bulan puasa, maka Anda bisa mulai jualan makanan khas bulan puasa. Misalnya, minuman segar, takjil, gorengan, atau katering sahur.

Anda juga dapat menjual perlengkapan ibadah (seperti tasbih, Al Quran, mukena, sarung, dll), bahkan berjualan hampers atau parcel bulan puasa. Pada artikel iReap kali ini, Anda bisa menemukan 21+ ide jualan bulan puasa yang laris dan menguntungkan. Yuk, baca sampai selesai.

21+ Ide Jualan Bulan Puasa yang Laris dan Menguntungkan

1. Makanan Khas Bulan Puasa

Ada banyak jenis makanan yang biasanya laris manis di bulan puasa, seperti kolak, ketupat, kolak ubi ungu, sate padang, opor ayam, telur asin, dan lain-lain. Semua jenis makanan tersebut selalu menjadi favorit dan diburu banyak orang.

Kalau punya bakat memasak, Anda bisa membuat berbagai menu makanan khas bulan puasa, kemudian menjualnya sendiri. Sementara jika tak ingin membuat sendiri semua menu makanan tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan orang lain yang bisa membuatnya. Jadi, Anda tinggal menjualkannya saja.

2. Minuman Segar & Takjil

Setelah seharian berpuasa, pastinya orang ingin minum minuman segar atau menikmati takjil yang legit. Itulah sebabnya, jenis minuman segar dan takjil bisa jadi produk jualan di bulan puasa yang bakal mendatangkan keuntungan lumayan.

Anda bisa membuat beberapa variasi minuman segar, seperti es buah, es cincau, es kelapa selasih, dan sebagainya.

Beberapa jenis takjil yang juga laris, ada bubur sumsum, kolak, bubur mutiara gula merah, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi lainnya.

Kemas produk jualan tersebut dalam wadah tertutup dan mudah dibawa. Lalu, jual saja di depan rumah atau di pinggir jalan ramai.

3. Gorengan dan Jajan Pasar untuk Buka Puasa

Ide jualan bulan puasa berikutnya yang laris dan banyak diburu konsumen adalah jual gorengan dan jajan pasar, seperti tahu bulat, pisang goreng, singkong kremes, bakso, cilok, lemper, donat, kue cucur, dll.

Anda bisa menyiapkan beberapa variasi gorengan dan jajan pasar, lalu menjualnya secara satuan berdasarkan keinginan konsumen. Cara lain, Anda bisa mengemas beberapa jenis jajanan dalam wadah kotak atau plastik dan menjualnya dengan harga paket.

4. Bento Buka Puasa

Bento adalah bahasa Jepang untuk menyebut makanan bekal yang isinya nasi beserta lauk-pauk.Umumnya, bento dikemas dalam wadah praktis dan mudah dibawa. Makanan untuk berbuka puasa berbentuk bento akhir-akhir ini juga digemari dan menjadi tren.

Untuk memastikan jualan Anda laris, coba pasarkan dulu bento buatan Anda kepada pekerja kantoran, petugas kesehatan shift sore, atau masyarakat umum, yang kemungkinan berbuka puasa di tempat kerja.

Misalnya dengan membagikan brosur yang sudah menampilkan foto produk dan cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Nanti, Anda tinggal menunggu orang menelepon untuk order Bento.

Cara lain berjualan bento buka puasa, bisa dengan membuka kios di depan rumah, menitipkan bento untuk dijual oleh penjual makanan lainnya, atau bisa pula dengan menjualnya secara online di media sosial.

5. Katering Sahur

Waktu sahur itu sangat pendek dan tidak semua orang sempat memasak sahur sendiri. Nah ini bisa jadi peluang bagi Anda yang sedang mencari ide jualan bulan puasa.

Cara memasarkan katering sahur, buatlah dulu daftar menu seminggu lengkap dengan jenis lauk dan jam pengantaran. Kemudian sebarkan daftar menu ini ke rumah-rumah kost mahasiswa, ke rumah penduduk di sekitar tempat tinggal Anda, atau ke pusat perkantoran.

Nanti Anda membuat katering sahur berdasarkan jumlah pesanan saja. Usahakan untuk membuat sistem pengantaran yang praktis dan punya armada pengantaran katering sendiri, sehingga semua katering sahur bisa tepat waktu diterima konsumen.

Kemasan Kue Kering untuk Para Penjual Kue

6. Toples/Kemasan Kue Kering untuk Para Penjual Kue

Ide jualan yang satu ini target pasarnya adalah para penjual kue. Coba lihat saja di sekitar rumah, ada berapa banyak penjual kue kering yang membutuhkan toples atau kemasan kue kering yang menarik. Kemudian, siapkan toples dan kemasan yang mereka butuhkan.

Cara lain untuk memasarkan toples dan kemasan kue kering, Anda bisa menjualnya secara online di media sosial atau di e-commerce.

Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk berjualan online di media sosial, misalnya:

7. Katering Sistem Pre-Order

Hampir mirip dengan jualan bento atau katering sahur, ide jualan bulan puasa berbentuk katering sistem pre-order adalah menyiapkan katering berdasarkan pesanan saja. Jadi, Anda tidak perlu stok banyak menu makanan setiap hari.

Anda tinggal buat pengumuman menu makanan yang tersedia, jadwal dan daerah pengantaran, kemudian mulailah mencatat pesanan.

Usahakan setiap hari menyiapkan menu yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya hanya untuk menu buka puasa, untuk sahur, atau untuk event tertentu, seperti acara buka puasa bersama di kantor.

Selain itu, Anda juga bisa lho menyiapkan katering untuk kebutuhan khusus, seperti menu katering diet rendah karbo, menu vegetarian, menu katering sehat bagi penderita diabetes, bahkan bisa pula menyediakan katering untuk pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

8. Jasa Pengiriman Makanan

Pada ulasan di atas, Anda bisa melihat ada banyak peluang usaha katering atau jual makanan sistem pre-order. Namun, tidak semua penjual makanan tersebut punya armada pengantaran.

Nah, ini bisa jadi peluang untuk membuka jasa pengiriman makanan. Anda tinggal mengambil paket dari penjual yang menggunakan jasa Anda dan mengantarkannya ke alamat pemesan.

9. Jual Perlengkapan Ibadah

Berjualan peralatan ibadah juga jadi bisnis yang laris selama bulan Ramadhan dan mendekati hari raya. Kebanyakan konsumen akan mencari mukena, tasbih, sajadah, sarung, Al Quran, dan sebagainya.

Anda bisa menjual perlengkapan ibadah secara offline maupun online. Lalu untuk mempermudah transaksi jual beli, terutama untuk membuat struk penjualan, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir gratis.

10. Kue Kering

Kue kering merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari, apalagi menjelang Idul Fitri atau Lebaran. Anda bisa berjualan kue kering dengan sistem pre-order atau memproduksi kue kering dalam jumlah banyak kemudian membuka sistem reseller.

Oh ya, untuk memahami apa itu reseller, baca saja beberapa artikel berikut:

11. Hijab dan Aksesoris Hijab

Menjelang bulan puasa Ramadhan hingga mendekati hari raya, bisnis fashion muslim akan mengalami peningkatan, termasuk kebutuhan konsumen akan hijab dan aksesoris hijab.

Jika pandai menjahit, Anda bisa memproduksi berbagai jenis hijab dan membuat aksesorisnya. Tetapi jika tidak, maka Anda bisa membeli dulu secara grosiran, baru kemudian menjualnya lagi.

Beberapa jenis hijab yang laris, misalnya hijab model segi empat, segi tiga, pashmina, hingga hijab bergo. Sementara aksesoris hijab yang umumnya laris dipasaran, antara lain inner ciput, scrunchies, serta item perhiasan seperti kalung, gelang, dan bros.

12. Bisnis bungkus Ketupat

Opor ayam dan ketupat adalah dua menu makanan khas bulan puasa dan Lebaran. Namun karena tidak semua orang bisa menganyam dan membuat bungkus ketupat, akhirnya banyak orang jadi malas memasak ketupat.

Kalau Anda terampil membuat bungkus ketupat, tangkap saja peluang ini. Buat dan produksi sebanyak mungkin bungkus ketupat mulai dari awal masa puasa. Lalu untuk memasarkannya, Anda bisa bekerja sama saja dengan penjual di pasar.

Bisnis bungkus Ketupat

13. Jasa Dekorasi Rumah

Cukup banyak orang yang ingin mendekorasi rumahnya begitu memasuki bulan puasa atau mendekati Hari Raya Idul Fitri. Ini bisa jadi bisnis jasa dekorasi rumah bagi Anda yang punya keahlian mendekorasi atau desain interior.

14. Jualan Frozen Food

Frozen food menjadi salah satu produk makanan beku yang paling dibutuhkan di bulan puasa. Alasannya, karena akan memudahkan proses menyiapkan makan sahur atau makanan untuk buka puasa.

Kalau Anda pandai membuat beragam lauk, seperti ayam goreng bumbu kuning, ayam ungkep, nugget ikan homemade, nugget ayam, siomay, atau dimsum, buat saja dalam bentuk frozen. Pemasarannya bisa menggunakan sistem reseller, dropshipper, menjual sendiri secara online, atau menitipkan produk frozen food Anda kepada penjual lainnya.

15. Buah dan Sayur Segar

Saat bulan Ramadhan, penjualan buah dan sayur segar akan meningkat, mengingat kedua jenis makanan mengandung serat tinggi ini bisa mengembalikan energi dan menyehatkan tubuh yang sedang berpuasa.

Anda bisa membeli buah dan sayur secara grosir, kemudian menjualnya kembali. Bisa pula menjual buah-buahan dan sayuran segar dalam bentuk parcel maupun hampers. Selain itu, menjual buah segar dan sayuran bisa pula dengan memanfaatkan media sosial.

16. Bisnis Hampers

Jika punya keterampilan membuat pernak-pernik, membungkus kado, dan sebagainya, mulai saja bisnis hampers. Isinya tidak harus produk buatan sendiri kok.

Anda bisa menjual hampers yang berisi perlengkapan ibadah, busana muslim, kue kering, buah dan sayur segar, perangkat makan dan minum, skincare, bahkan alat make up. Buatlah hampers unik dan menarik, atau hampers custom yang sesuai pesanan konsumen.

Nah, sebagai referensi untuk menjalankan bisnis hampers bagi yang baru pertama mau coba, Anda bisa membaca beberapa referensi berikut:

17. Jualan Baju Muslim

Menjual baju muslim juga bisa menjadi ide jualan di bulan puasa yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Misalnya, menjual baju koko, gamis, tunik, rok, sampai celana kulot. Untuk mempromosikan dan memasarkan produk, manfaatkan Instagram, WhatsApp Business, membuat website toko online, atau berjualan di TikTok.

18. Jual Kurma

Salah satu sunnah Rasulullah di bulan puasa adalah berbuka puasa dengan kurma. Itulah sebabnya, permintaan kurma meningkat signifikan selama bulan puasa.

Anda bisa mulai mencari distributor kurma berkualitas bagus dan dengan harga terbaik. Kemudian, kemas kurma dan jual kurma, baik secara offline maupun online.

19. Produk Kesehatan dan Kecantikan

Ketika sedang berpuasa, penting sekali menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Apalagi kurangnya asupan cairan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan dan kecantikan seseorang. Inilah yang kemudian membuat banyak orang berburu produk kesehatan dan kecantikan, seperti vitamin, minyak zaitun, atau masker wajah yang khusus digunakan selama bulan puasa.

20. Souvenir Bulan Puasa dan Lebaran

Kebutuhan akan souvenir bulan puasa dan lebaran juga meningkat sejak awal bulan puasa. Ada banyak kantor dan tempat usaha yang membutuhkan souvenir untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Ini bisa jadi peluang usaha. Tinggal siapkan saja berbagai jenis souvenir yang bisa cetak nama brand, seperti mug, blocknote, pen, agenda, gantungan kunci, atau baju kaos dengan desain khusus bulan puasa.

21. Bisnis Oleh-oleh

Selama bulan puasa, orang-orang akan lebih banyak berkumpul dan bersilaturahmi, entah dalam bentuk buka puasa bersama, atau dalam acara lainnya. Ketika saling berkunjung, mereka akan membawa buah tangan atau oleh-oleh.

Anda bisa menyiapkan berbagai jenis oleh-oleh khas bulan puasa, seperti berbagai jenis kue kering, snack atau kue khas daerah tertentu, dodol, dan sebagainya.

Bisnis oleh-oleh akan semakin laris manis mendekati mudik Lebaran, mengingat akan ada banyak orang yang berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang kampung.

Ide Jualan Bulan Puasa Lain dan Cara Agar Bisnis Untung

Selain ide jualan bulan puasa yang sudah Anda baca di atas, masih banyak ide jualan yang bisa Anda realisasikan untuk mendapatkan penghasilan di bulan Ramadhan. Beberapa contoh ide bisnis lainnya, misalnya:

  • Jualan kembang api.
  • Jual bumbu siap masak untuk sahur dan berbuka puasa.
  • Jual takjil di kompleks perkantoran dan pusat perbelanjaan.
  • Bisnis amplop lebaran
  • Dan sebagainya.

Lalu, agar bisnis bisa berkembang dan produk yang dijual bisa mendatangkan keuntungan, maka ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, antara lain:

  • Memahami dengan baik siapa yang menjadi target market dan calon pelanggan potensial Anda.
  • Menggunakan cara terkini untuk melakukan promosi dan pemasaran, termasuk memilih platform media sosial yang tepat untuk berpromosi.
  • Menentukan harga pokok penjualan (HPP), untuk menentukan harga jual produk yang sesuai untuk pelanggan.
  • Melakukan pencatatan transaksi penjualan, misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir gratis atau menggunakan aplikasi kasir toko yang bisa unduh di Playstore.

Semoga ide jualan bulan puasa dalam artikel ini bisa menginspirasi Anda dan membantu Anda merealisasikan bisnis yang bisa mendatangkan banyak untung ya. Selamat berjualan!

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp ireap pos