Digital Marketing Adalah Strategi Efektif Untuk Bisnis Online Anda

advantages of digital marketing to improve your online business


Digital Marketing Adalah Strategi Efektif Untuk Bisnis Online Anda

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang saat ini sering digunakan oleh para pengusaha, hal ini akibat dari perkembangan bisnis di masa sekarang yang telah mengalami banyak perubahan pesat, jika dahulu banyak pengusaha yang menggunakan teknik penjualan door to door sebagai strategi marketing.

Strategi pemasaran digital saat ini menjadi senjata ampuh dalam memasarkan bisnis. Dengan mempelajari ilmu marketing ini, maka seorang pelaku bisnis bisa mengembangkan bisnisnya secara efektif.

Apa itu Digital Marketing?

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi yang dilakukan untuk mempromosikan brand produk atau jasa menggunakan media digital. Bentuk promosi atau iklan yang dilakukan yaitu melalui aplikasi, email, media sosial, website, atau bahkan mesin pencarian yang biasa Anda gunakan seperti google.

Dengan begitu, semua pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan perangkat elektronik serta internet.

Tujuan pemasaran digital ini dilakukan sebagai upaya untuk menarik konsumen maupun calon konsumen dengan cepat. Melalui kecanggihan teknologi dan ilmu pemasaran digital yang tepat, maka upaya ini mampu mencapai sasaran dengan mudah.

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Brand Ternama

Tak heran jika hal ini memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis, baik skala kecil maupun besar. Akibatnya, banyak pelaku bisnis yang saling berkompetisi untuk membuat konten yang kreatif dan menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Keunggulan Digital Marketing dalam Bisnis Online

Keunggulan Digital Marketing dalam Bisnis Online

Setelah mengetahui tentang pengertian digital marketing itu sendiri, tentu Anda sudah tak asing dengan berbagai iklan atau promosi yang muncul pada media sosial Anda, bukan?

Dari berbagai strategi digital marketing yang digunakan, tentu saja hal ini sama-sama dilakukan untuk mencapai target pemasaran yang lebih luas. Lalu, apa sih sebenarnya keunggulan yang dimiliki digital marketing itu? Berikut penjelasannya :

  1. Lebih Hemat Biaya
    Keunggulan pertama yang dimiliki oleh strategi marketing ini adalah dapat menekan biaya pemasaran dibandingkan dengan teknik konvensional yang dulu digunakan.

    Di awal proses branding, Anda bisa saja harus menyiapkan anggaran yang cukup besar. Akan tetapi setelah branding bisnis Anda terbangun dan banyak calon konsumen yang mengenalnya, maka Anda akan semakin mudah untuk mempromosikan bisnis Anda.

  2. Tidak Membutuhkan Tim Penjualan yang Banyak
    Dengan memasarkan produk secara digital, maka Anda tidak membutuhkan tim penjualan yang banyak untuk menjajakan produk Anda di jalanan atau bahkan dari rumah ke rumah.

    Hanya dengan menyiapkan tim penjualan yang bisa belajar digital marketing dengan baik melalui kursus digital marketing, maka Anda cukup menyiapkan beberapa orang ahli untuk membuat promosi produk dengan media digital.

  3. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan
    Jika sebelumnya pemasaran produk dilakukan dengan mencari konsumen di berbagai tempat keramaian, maka saat ini tim pemasaran produk Anda hanya perlu memanfaatkan internet dan perangkat elektronik untuk mempromosikan produk Anda.

    Tim pemasaran Anda bisa membagikan berbagai konten kreatif untuk menarik para konsumen agar mampu menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi toko online Anda.

  4. Proses Branding Produk Lebih Mudah
    Keunggulan selanjutnya adalah Anda dalam melakukan proses branding produk dengan mudah melalui digital marketing. Hanya dengan posting iklan yang menarik, maka Anda bisa dengan mudah untuk menjangkau konsumen yang Anda inginkan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

    Hal ini akan memudahkan calon konsumen untuk mengenali produk Anda melalui iklan yang Anda bagikan melalui media sosial. Tentu saja, pengguna media sosial dan internet saat ini sangat berpengaruh terhadap viewers toko Anda.

  5. Pertumbuhan Bisnis Lebih Optimal
    Keunggulan selanjutnya adalah menjadikan pertumbuhan bisnis Anda lebih optimal. Hal ini karena pemanfaatan strategi digital marketing yang tepat bisa membuat pemasaran produk Anda lebih cepat.

    Jika tim Anda belum memiliki kemampuan analisis strategi digital marketing yang baik, maka Anda bisa memanfaatkan jasa digital marketing atau agency digital marketing yang ada. Dengan begitu, pertumbuhan bisnis Anda bisa lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Baru

Apa Strategi Digital Marketing yang Efektif?

Apa Saja Strategi Digital Marketing yang Efektif

Setelah Anda mengetahui bagaimana keunggulan pemasaran digital dalam meningkatkan bisnis, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana strategi digital marketing yang efektif digunakan oleh para pelaku bisnis.

Berikut strategi dan contoh digital marketing adalah:

  1. Search Engine Optimization (SEO)
    Strategi pertama yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pemasaran digital ini adalah melalui SEO. Apa itu SEO? Nah, Search Engine Optimization ini singkatnya disebut sebagai SEO, yaitu upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi situs agar bisa mendapatkan peringkat teratas dalam sebuah hasil pencarian di internet.

    Untuk menjadi peringkat teratas ini, maka Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari ini bekerja. Dengan begitu, situs Anda akan mendapatkan pengunjung secara organic tanpa memasang iklan.

    Contoh marketing SEO adalah pembuatan artikel, optimasi, kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.

  2. Membagikan konten Marketing Melalui media Sosial
    Saat ini telah banyak media sosial yang dapat memudahkan Anda untuk meningkatkan bisnis atau penjualan Anda, seperti halnya Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan lainnya.

    Anda bisa memanfaatkan media sosial tersebut dengan merencanakan, membuat, serta membagikan konten marketing tentang produk atau perusahaan dengan menarik.

    Hal ini nantinya bisa menarik para pembaca untuk mengetahui bisnis atau produk tersebut dan menarik mereka untuk membelinya. Contohnya adalah dengan rutin mengunggah konten di media sosial, melakukan endorsement, dan lainnya.

  3. Knowledge Marketing
    Strategi pemasaran digital yang satu ini adalah dengan memberikan informasi atau ilmu baru yang bermanfaat bagi calon konsumen. Dengan rasa keingintahuan yang tinggi, maka para calon konsumen pun tertarik untuk mengunjungi bisnis atau produk yang sedang dipasarkan.

    Contohnya adalah dengan melakukan email marketing yang dilakukan secara berulang-ulang serta dengan pembuatan ebook gratis.

  4. Analisis dan Penelusuran Data
    Dalam menerapkan strategi pemasaran digital, maka sangat penting untuk melakukan analisis dan penelusuran data dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, setiap keputusan yang diambil dalam pemasaran digital ini dapat disesuaikan pada data, baik data media sosial hingga kampanye iklan online.
  5. Metode Hard Selling, Soft Selling, dan Hypnoselling
    Strategi lain dalam pemasaran digital yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan tiga istilah penjualan yang paling sering digunakan, yaitu hard selling, soft selling, dan hypnoselling.
  6. Google dan Social Media Ads
    Strategi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan Google dan Social Media Ads. Dalam hal ini Anda bisa menyiapkan konten yang berisi iklan yang menarik untuk bisa mencapai target konsumen yang diinginkan. Hal ini nantinya akan menghasilkan penjualan yang sesuai dengan harapan Anda.
  7. Leads generation
    Strategi pemasaran digital selanjutnya adalah dengan menggunakan leads generation. Anda bisa menyiapkan konten-konten lead magnet seperti seminar atau buku gratis untuk menarik konsumen Anda.

Bagaimana Memulai Digital Marketing?

Cara Memulai Digital Marketing

Melalui strategi yang tepat, maka pemasaran digital yang Anda lakukan dapat berpengaruh terhadap penjualan produk Anda. Jadi, Anda dan tim Anda bisa saling belajar untuk mengembangkan ilmu agar tidak tertinggal dengan kompetitor Anda.

Maka, berikut adalah langkah awal memulai pemasaran digital :

  1. Memiliki Media Promosi Digital
    Sebagai sarana promosi, Anda perlu memiliki media yang tepat untuk menuangkan iklan produk Anda kepada calon konsumen. Dalam hal ini, Anda bisa membangun akun media sosial toko, marketplace, website, hingga Whatsapp Business.

    Media-media ini menjadi tempat utama bagi Anda yang akan menjalankan pemasaran secara digital. Apakah toko Anda sudah memiliki media-media tersebut?

  2. Menyusun Rencana Promosi
    Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyusun rencana promosi pada media promosi yang Anda miliki. Anda bisa fokus untuk promosi melalui salah satu media yang ingin dioptimalkan dengan membuat konten yang menarik.

    Konten yang Anda buat bisa berupa foto, video, tulisan, atau lainnya. Dengan menyusun rencana promosi yang matang, maka Anda juga bisa menentukan tujuan pemasaran serta target pasar yang sesuai dengan produk yang Anda promosikan.

  3. Membuat Konten Sesuai Platform
    Anda memang bisa memilih untuk membuat konten seperti apa. Akan tetapi Anda juga perlu menyesuaikannya dengan platform yang dipilih. Jangan sampai, konten dan platform tidak sejalan karena akan membuat calon konsumen cenderung bosan.

    Jika ingin mengunggah konten visual seperti gambar atau video, maka Anda bisa menggunakan Instagram. Lain lagi jika Anda ingin menggunakan TikTok, maka Anda perlu menyiapkan konten berupa video pendek yang menarik dan to the point.

  4. Menyiapkan Biaya
    Dalam menjalankan pemasaran digital, tentu saja tetap akan ada biaya yang perlu Anda anggarkan, apalagi untuk kepentingan bisnis Anda. Dalam hal ini Anda bisa memasang iklan melalui Facebook, Instagram, maupun Google, atau bahkan melalui influencer.

    Anda perlu memperhitungkan anggaran yang tepat untuk menjalankan pemasaran digital ini meskipun bisnis Anda masih merintis. Pastinya, jangan sampai Anda terlalu banyak membuang uang dalam memasarkan produk Anda akan tetapi tidak tepat sasaran.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Digital Marketing

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Digital Marketing

Dari berbagai strategi pemasaran digital yang ada, tentu saja diperlukan konsep dan pertimbangan yang matang agar strategi yang dilakukan sesuai dengan harapan. Akan tetapi, sebagian orang yang menjalankan strategi ini telah melakukan beberapa kesalahan umum yang tanpa disadari.

Berikut adalah kesalahan umum yang sering terjadi pada pemasaran digital :

  • Strategi tidak tepat sasaran
    Merencanakan dan menyusun strategi menjadi langkah awal yang perlu Anda lakukan dalam menentukan arah perkembangan bisnis Anda. Oleh karenanya, Anda perlu bisa menyesuaikannya dengan trend dan perkembangan teknologi saat ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

    Kesalahan umum yang sering dilakukan para pengelola bisnis dalam menjalankan strategi pemasaran digital adalah untuk memperoleh cakupan konsumen yang banyak sehingga sering kali sembrono dalam menentukan target pasarnya.

    Hal ini dapat mempersulit proses pemasaran digital terutama dalam proses analisis audiens yang menjangkau produk Anda. Maka, penting bagi Anda untuk menentukan tujuan dan rencana pemasaran terlebih dahulu agar tepat sasaran dan dapat dijangkau dengan mudah oleh target pasar.

  • Tidak memahami calon konsumen
    Dalam menjalankan bisnis, maka tujuan Anda selain mengembangkan bisnis, maka perlu adanya upaya untuk menjadi solusi atas kebutuhan calon konsumen Anda.

    Hal ini masih sering diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis sehingga produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan permintaan pasar. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui kebutuhan pasar sebelum menyusun strategi pemasaran digital yang dilakukan.

    Dalam memahami calon konsumen, Anda bisa tidak perlu mengubah produk yang Anda jual, tetapi cukup menyesuaikan desain kemasan produk, konten promosi, dan juga pemilihan key opinion leader yang tepat.

    Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Google Trends untuk mendapatkan tren produk yang sedang berkembang di masyarakat. Cukup dengan memasukkan nama produk di kolom pencarian, maka Google Trend akan menunjukkan grafik permintaan produk yang dimaksud.

  • Mengabaikan pengukuran kinerja digital marketing
    Para pelaku bisnis menggunakan pemasaran digital tentunya untuk melihat bagaimana kinerja pemasaran melalui analisis angka. Akan tetapi tidak hanya berfokus pada fitur promosinya saja, melainkan juga terukur.

    Dengan begitu, Anda bisa mengetahui audiens yang mengetahui brand Anda, mengunjungi website, atau bahkan klik iklan Anda di mesin pencarian.

  • Mengabaikan Story-telling dan Copywriting
    Hal yang erat kaitannya dengan pembuatan konten pemasaran digital adalah tulisan, baik dalam video maupun desain. Dalam hal ini, copywriting memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan pesan yang akan diberikan kepada calon konsumen.

    Tulisan yang Anda buat juga harus dapat memberikan kesan yang bagus kepada calon konsumen. Selain itu, akan lebih menarik jika tulisan yang dibuat dapat mengedukasi para calon konsumen sehingga produk yang ditampilkan dapat disadari dengan mudah.

  • Halaman Website yang tidak rapi dan tidak Lengkap
    Tanpa Anda sadari memiliki website saja untuk menunjang bisnis Anda ternyata tidak cukup, lho!
    Tentu saja, halaman website yang rapi dan lengkap menjadi elemen utama yang dituju para calon konsumen dalam mendapatkan informasi produk melalui mesin pencarian.

    Tak heran jika website dalam dunia bisnis bisa menjadi wajah bagi bisnis Anda. untuk itu, penting bagi Anda untuk memastikan kembali tampilan website yang mampu mengakomodasi kebutuhan para calon konsumen Anda.

    Website bisnis yang baik biasanya menghadirkan berbagai informasi, call to action, dan landing page yang jelas, singkat, dan informatif. Pastikan website Anda juga memiliki blog, dan kontak yang dapat memudahkan calon konsumen Anda dalam mendapatkan informasi.

    Selain itu, Anda juga perlu memastikan website bisnis Anda dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti PC, mobile, dan lainnya sehingga calon konsumen dapat mengaksesnya dengan mudah.

  • Iklan dan landing page yang tidak sesuai
    Kesalahan umum lainnya yang biasa terjadi pada penggunaan digital marketing adalah iklan dan landing page yang tidak sesuai. Tentu saja hal ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan calon konsumen terhadap toko Anda.

    Untuk mencegah hal ini, maka Anda perlu memeriksa dan menganalisis kembali elemen apa saja yang akan ditampilkan di landing page.

    Konten landing page juga harus sesuai dengan iklan yang Anda pasang di Google, Facebook, YouTube, Instagram, atau yang lainnya.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Penutup

Nah, itulah seluk beluk tentang digital marketing yang perlu Anda ketahui dalam mengembangkan bisnis di era digital. Dengan mengetahui strategi pemasaran digital yang tepat, makan perkembangan bisnis Anda akan semakin optimal.

Untuk mendukung perkembangan bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi pendukung yang mampu memudahkan pelayanan Anda kepada konsumen, salah satunya dalam mengelola toko Anda melalui genggaman.

Melalui aplikasi iReap Pos, Anda bisa mengelola toko maupun keuangan toko Anda dengan mudah dan praktis. Berbagai fitur yang ada pada iReap Pos membuat Anda dan tim akan lebih mudah untuk mengatur dan menjalankan operasional toko Anda, seperti sistem kasir dan sistem pengelolaan barang. Sangat menarik, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Segera download aplikasi iReap Pos melalui Play Store dan coba gratis selama 14 hari. Selanjutnya Anda bisa menggunakan aplikasi ini sesuai dengan budget Anda, baik untuk bisnis berskala kecil maupun besar.

Banner-ireap-pro