Pengertian Manajemen Pemasaran, Tujuan, dan Konsepnya dalam Bisnis

Definition of Marketing Management

pengertian manajemen pemasaran

Manajemen Pemasaran menjadi salah satu aktivitas penting dalam sebuah bisnis. Bahkan, pencapaian kesuksesan sebuah perusahaan dipengaruhi oleh upaya mereka dalam mengelola aktivitas ini. Tanpa adanya pengelolaan penjualan yang baik, tak menutup kemungkinan kalau proses penjualan tidak berjalan secara efisien. Dalam situasi terburuk, kondisi tersebut dapat menimbulkan perusahaan merugi.

Dengan memperhatikan peran penting manajemen pemasaran tersebut, seorang pebisnis perlu memahami aspek ini secara cermat. Pengetahuan ini pun diperlukan tidak hanya oleh pengusaha besar, tetapi juga oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selanjutnya, Anda bisa menempatkan sosok dan menggunakan perangkat yang tepat untuk mendukung pengelolaan penjualan produk perusahaan dengan baik.

Baca juga: Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Gaya, dan Jenisnya

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian manajemen pemasaran adalah sekumpulan aktivitas meliputi proses perencanaan, pengontrolan, serta analisis berkaitan dengan penjualan produk. Selanjutnya, pihak perusahaan dapat melakukan implementasi strategi yang tepat agar produk bisa terdistribusi ke tangan konsumen dengan baik dan menghasilkan profit.

Lebih lanjut, beberapa ahli ekonomi juga mempunyai pengertian manajemen pemasaran secara tersendiri, di antaranya:

Prof. Dr. Sofjan Assauri

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Sofjan Assauri, menyebutkan pengertian manajemen pemasaran merupakan proses analisis, perencanaan, pengendalian, dan pelaksanaan program pengelolaan perusahaan. Sekumpulan program tersebut dilaksanakan dengan tujuan memperoleh dan memelihara profit dalam upaya memenuhi pencapaian jangka panjang perusahaan.

Philip Kotler

Ada pula penjelasan mengenai pengertian manajemen pemasaran dari Philip Kotler yang merupakan Profesor International marketing di Kellog School of Management Northwestern University. Kotler mengungkapkan bahwa manajemen pemasaran adalah kombinasi antara seni dan ilmu pengetahuan dalam memilih target pasar yang tepat sehingga bisa memperoleh profit.

Dalam pelaksanaannya, Kotler mengatakan bahwa pengelolaan penjualan melibatkan berbagai kegiatan, termasuk di antaranya adalah perencanaan, analisis, pengontrolan, serta implementasi kebijakan terkait penjualan produk. Selanjutnya, pengelolaan penjualan yang baik dapat memberi kepuasan kepada pihak-pihak yang terkait.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Baru

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan Manajemen Pemasaran

Terdapat lima tujuan utama terkait penerapan dari pengertian manajemen pemasaran dalam bisnis, yaitu:

1. Membuka peluang baru

Tujuan pertama dari manajemen pemasaran adalah kesempatan mendapatkan peluang baru. Anda bisa mencapai tujuan ini dengan menyediakan produk sesuai kebutuhan atau selera konsumen.

2. Mendorong kepuasan konsumen

Pengelolaan penjualan juga mempunyai kaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Alih-alih mementingkan angka penjualan, perusahaan perlu menitikberatkan pada tingkat kepuasan konsumen.

3. Meningkatkan market share

4. Meraih keuntungan lebih banyak

Keberadaan divisi penjualan bertujuan untuk memberi sumber pemasukan bagi perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaannya harus dapat memastikan bahwa setiap produk punya angka penjualan memuaskan dan mampu memberikan laba bagi
perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Harga Jual Produk Anda agar Mendapatkan Untung Besar?

5. Pencitraan

Tidak ketinggalan, pengelolaan penjualan bertujuan sebagai sarana pencitraan. Citra yang positif dapat membantu kelancaran penjualan produk dari perusahaan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep Manajemen Pemasaran

Dalam upaya penjualan, perusahaan perlu mengetahui konsep marketing. Tujuannya adalah sebagai bahan analisis tingkat kebutuhan konsumen dan landasan pengambilan keputusan. Ada banyak konsep marketing yang diadopsi oleh perusahaan modern. Namun, ada tiga konsep marketing utama yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Konsep produksi

Dalam pemahaman konsep ini, perusahaan perlu memfokuskan pada produk. Pastikan bahwa proses produksi berjalan efisien dan memperoleh suplai bahan baku yang terjangkau.

2. Konsep penjualan

Sementara itu, konsep penjualan tidak hanya mendorong perusahaan untuk memproduksi produk. Namun, mereka juga berupaya meyakinkan konsumen dengan berbagai cara, termasuk iklan.

3. Konsep pemasaran

Terakhir, ada konsep penjualan yang berfokus pasar. Anda perlu mengetahui segmen pasar, ukurannya, serta apa saja yang diperlukan memulai aktivitas penjualan di sana. Sederhananya, konsep ini lebih menekankan tingkat kepuasan pelanggan.

Nah, itulah pemahaman tentang pengertian manajemen pemasaran yang perlu Anda ketahui. Untuk membantu kelancaran dalam melakukan aktivitas penjualan, Anda perlu dukungan perangkat yang tepat. iREAP POS adalah software canggih yang membantu Anda dalam melakukan pengelolaan penjualan yang lebih baik.

Aplikasi ini tidak sekadar berguna melakukan pencatatan penjualan. Namun, Anda bisa pula memanfaatkannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Menarik, kan?

IREAP POS PRO membantu memonitor toko Anda yang tersebar