Pengertian Manajemen Strategis, Fungsi dan Tujuannya dalam Bisnis

Strategic Management

Pengertian Manajemen Strategis

Upaya mencapai tujuan bisnis memerlukan kesabaran tinggi dan perencanaan matang. Untuk itu, perusahaan perlu menerapkan manajemen strategis biar mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penerapan strategic management memastikan bahwa setiap keputusan penting yang diambil selaras dengan visi dan misi perusahaan.

Karena perannya yang sangat penting dalam dunia usaha, pengetahuan tentang strategic management merupakan aspek krusial. Perusahaan besar biasanya sudah mempunyai sistem yang jelas terkait hal ini. Di waktu bersamaan, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) bisa pula memanfaatkan penerapan manajemen strategis sebagai upaya pengembangan bisnis yang efisien.

Baca juga: Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Gaya, dan Jenisnya

Apa Itu Manajemen Strategis?

Apa Itu Manajemen Strategis
Apa Itu Manajemen Strategis. Image: pexels.com

Strategic management mempunyai kaitan erat dengan upaya mencapai tujuan perusahaan. Keberadaannya dapat menjadi panduan dalam mengantisipasi ketika terdapat gangguan, baik internal ataupun eksternal, yang dapat berdampak pada aktivitas bisnis perusahaan. Selanjutnya, penerapan strategic management dapat menjadi panduan dalam setiap tindakan atau pengambilan keputusan karyawan.

Penerapan manajemen strategis meliputi berbagai aspek, termasuk di antaranya adalah analisis strategi kompetitor, penilaian struktur internal perusahaan, evaluasi strategi, ataupun memastikan bahwa implementasi strategi perusahaan berlangsung dengan baik. Pelaksanaannya berlangsung secara terus-menerus sehingga mampu memberikan efisiensi operasional bisnis yang lebih efisien, market share tinggi, serta mendorong tingkat profit perusahaan.

Fungsi Manajemen Strategis

Fungsi Manajemen Strategis
Fungsi Manajemen Strategis. Image: pexels.com

Strategic management punya lima fungsi utama yang memberi manfaat besar bagi perusahaan, yaitu:

1. Mewujudkan visi dan misi perusahaan

Setiap perusahaan punya visi dan misi yang merupakan esensi utama dari keberadaan bisnis. Dengan adanya strategic management, visi dan misi tidak sekadar menjadi pajangan. Namun, perusahaan dapat merumuskan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan dan diimplementasikan untuk mencapainya.

2. Identifikasi produk dan pasar

Persaingan di dunia bisnis sangat keras. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempunyai produk yang mampu berkompetisi dengan baik di pasaran. Penerapan strategic management dapat membantu perusahaan mengidentifikasi peluang baru yang dapat dimanfaatkan di pasar. Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkannya sebagai sarana evaluasi produk atau pasar yang ada.

Baca juga: Contoh Bisnis Model Kanvas Warung Kopi “Sedhep”

3. Fokus pada brand positioning perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai brand positioning tersendiri di mata konsumen. Penerapan strategic management dapat membantu mempertahankan dan sekaligus memperkuat positioning merek perusahaan. Hal ini dapat dicapai karena setiap strategi yang diterapkan harus selaras dengan citra brand.

4. Keteraturan bisnis

Strategic management juga dapat memastikan kalau setiap divisi dalam perusahaan mampu melakukan sinergi dengan baik. Setiap pengambilan keputusan dilakukan dengan mempertimbangkan pandangan dari setiap divisi. Selanjutnya, divisi-divisi dalam perusahaan mampu bekerja sama dengan baik dalam mencapai tujuan organisasi.

5. Perencanaan dan koreksi

Manajemen strategis merupakan panduan yang memastikan bahwa perusahaan menjalankan aktivitas bisnisnya pada jalur yang tepat. Tanpa adanya strategic management, perusahaan bakal mengalami kesulitan dalam proses perencanaan. Demikian pula ketika terdapat kesalahan yang kemudian berakibat fatal.

Tujuan Manajemen Strategis

Tujuan Manajemen Strategis
Tujuan Manajemen Strategis. Image: pexels.com

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui lima tujuan dalam penerapan strategic management, yaitu:

1. Peluang memenangkan persaingan

Anda dapat membuat perusahaan punya produk atau layanan yang lebih kompetitif di pasaran. Terlebih lagi, Anda mempunyai panduan yang jelas dalam mengantisipasi perubahan kondisi pasar yang dapat terjadi kapan saja.

Baca juga: Apa itu analisis SWOT? Manfaat dan Contohnya

2. Mencapai tujuan

Strategic management dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Keberadaan formulasi tindakan yang jelas di dalamnya dapat menjadi panduan agar perusahaan bisa fokus pada tujuan.

3. Berkembang lebih besar

Penerapan manajemen strategis dalam perusahaan dapat membantu operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu bisnis berkembang jadi lebih besar.

4. Keselarasan organisasi

Adanya strategic management juga bisa mendorong keselarasan dari setiap divisi dalam perusahaan. Pencapaian ini bisa didapatkan karena strategic management menekankan pentingnya komunikasi dan implementasi tujuan bisnis dengan mempertimbangkan sudut pandang yang lebih luas.

5. Meningkatkan managerial awareness

Terakhir, penerapan manajemen strategis dapat membantu masa depan perusahaan. Kalau manajer mempraktikkan strategic management secara konsisten, mereka bisa lebih memahami tren dan tantangan bisnis di masa depan. Selanjutnya, mereka pun dapat melakukan langkah-langkah antisipasi yang sesuai.

Demikianlah pentingnya penerapan manajemen strategi dalam sebuah bisnis. Agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, perusahaan perlu memiliki basis data yang akurat. iREAP Pos adalah aplikasi point of sales yang dapat membantu proses evaluasi dalam strategic management.

Penggunaan layanan iREAP Pos juga sangat mudah. Aplikasi ini dapat Anda jalankan cukup menggunakan smartphone Android. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati seluruh fitur di dalamnya. Cukup dengan uang Rp40 ribuan per bulan, lho!

banner cara mengelola toko dengan ireap