Pengertian Organisasi, Fungsi dan Manfaat Serta Jenisnya

pengertian-organisasi-menurut-para-ahli

pengertian organisasi adalah

Organisasi adalah sesuatu yang umum kita temui dalam kehidupan sosial. Apa pengertian organisasi, fungsi serta jenisnya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Sejak usia sekolah sampai dewasa, kita sudah diperkenalkan dengan kehidupan berorganisasi. Secara umum, pengertian organisasi adalah entitas yang terdiri dari satu orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu. Organisasi bisa berupa asosiasi, lembaga atau perusahaan.

Dalam manajemen, organisasi berperan sebagai tulang punggung. Manajemen tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik tanpa ada organisasi yang efisien. Organisasi sendiri memiliki banyak fungsi yang menjadi objek kajian dari para peneliti dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari kajian sosial, politik, psikologi hingga ekonomi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berdasarkan KBBI, Pengertian organisasi adalah sebuah perkumpulan atau kesatuan yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki tujuan untuk dicapai bersama-sama. Sedangkan jika ditinjau dari segi bahasa, organisasi adalah berasal dari bahasa Latin ‘organum’ dan dari bahasa Yunani ‘organon’ yang artinya badan, alat, bagian atau anggota.

Para ahli juga memiliki definisi masing-masing terkait pengertian organisasi. Louis Allen, seorang aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat menyebut bahwa organisasi adalah proses identifikasi, pengelompokan tugas yang wajib dilakukan serta pendelegasian tanggung jawab dan wewenang yang memungkinkan sekelompok orang bekerja bersama dengan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Sementara itu Max Weber mendefinisikan organisasi sebagai kerangka hubungan sosial bersifat terstruktur. Di dalamnya terdapat pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab untuk menjalankan fungsi tertentu.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengertian Organisasi adalah wadah bagi sekumpulan orang yang bekerja sama secara terstruktur sesuai tugasnya masing-masing.

Semua orang yang ada dalam organisasi punya tujuan yang sama dan memiliki interaksi dengan dunia luar. Ini termasuk organisasi OSIS di sekolah, lembaga dan perusahaan yang Anda dirikan.

Salah Satu Fungsi Organisasi Adalah

Organisasi beroperasi untuk melaksanakan berbagai fungsi. Fungsi-fungsi inilah yang pada akhirnya akan membantu semua anggota yang ada di dalamnya untuk mencapai tujuan bersama. Adapun salah satu fungsi organisasi adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tugas dari Masing-masing Anggota

Organisasi apapun baik organisasi masyarakat maupun perusahaan memiliki anggota dengan tugas yang berbeda-beda. Semua individu di dalam perusahaan atau institusi harus mengetahui peran, posisi dan hubungannya dengan anggota lain di departemennya.

Dengan pemahaman ini, semua anggota bisa berkontribusi dalam mencapai tujuan organisasi.

2. Menetapkan Kewenangan

Adanya pembagian tugas dan peran memungkinkan pemberian wewenang yang berbeda. Adanya organisasi diperlukan untuk mendefinisikan otoritas yaitu hak dan kekuasaan yang berbeda-beda dari setiap anggota.

Kewenangan dalam posisi yang berbeda akan membantu semua orang dalam organisasi untuk menjalankan peran yang ditugaskan.

3. Penetapan Tanggung Jawab

Setiap individu dalam organisasi diberi tugas tertentu. Struktur organisasi adalah mendefinisikan kinerja apa yang diharapkan dari seorang anggota ketika tidak ada penentuan atau terjadi kesalahan penentuan tanggung jawab, akan timbul perilaku dan sikap anggota yang merugikan organisasi.

4. Spesialiasi

Tugas dari setiap individu dibagi berdasarkan spesialiasi yang dimiliki oleh masing-masing anggota. Hal ini diperlukan agar berbagai elemen pekerjaan berjalan lancar, efisien dan sesuai dengan tujuan.

5. Koordinasi

Karena pola operasi manajerial dibagi berdasarkan tugas dari setiap komponen, maka akan timbul kebutuhan saling berkoordinasi. Beragam aktivitas inilah yang harus ‘ditenun’ untuk menjadi selembar ‘kain utama’ dalam organisasi.

6. Pemanfaatan Sumber Daya Manusia Secara Tepat Guna

Organisasi yang baik harus mampu memanfaatkan SDM-nya dengan baik. Tidak boleh ada pemborosan dan penyalahgunaan. Jika ada yang kurang, maka organisasi dapat memberikan tambahan skill atau pengetahuan agar semua anggota dapat memenuhi segala tugasnya dengan baik.

Baca juga: Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

7. Efisiensi Fungsi

Jalannya semua fungsi di atas bisa menciptakan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan. Organisasi harus menghindari duplikasi pekerjaan, hal-hal yang tumpang tindih dan pemborosan. Dengan begitu, fungsi perusahaan bisa berjalan cepat, lancar dan efisien.

Manfaat Organisasi Adalah

Manfaat Organisasi AdalahSebagai makhluk sosial, organisasi memiliki peran penting dan manfaat yang banyak bagi manusia. Ada berbagai manfaat organisasi yang bisa Anda peroleh antara lain:

  • Mencapai tujuan yang diinginkan bersama.
  • Membantu setiap anggota bekerja sama dalam menyikapi masalah yang ada di dalam organisasi.
  • Perkembangan organisasi yang baik akan membawa dampak yang bagus untuk semua anggotanya, termasuk dalam peningkatan pengetahuan.
  • Menumbuhkan semangat kerja sama, baik dalam mencapai tujuan bersama maupun memecahkan semua masalah yang muncul.
  • Mengembangkan kemampuan public speaking dari semua anggota.
    Anda dituntut untuk bisa menyampaikan pendapat, mencari solusi dan lain sebagainya untuk organisasi.
  • Membangun jiwa kepimpinan.
    Dalam organisasi, semua anggota harus bisa mengutamakan kepentingan bersama dibanding pribadi. Ini akan memupuk jiwa solidaritas dan kepemimpinan dari setiap individu.
  • Membantu membentuk kecerdasan emosional.
    Dalam organisasi, Anda akan berhadapan dengan berbagai macam individu dengan beragam karakter.Ini merupakan bentuk latihan agar kita bisa lebih baik dalam bergaul dan menghadapi banyak orang. Anda akan memperoleh dampak positif berupa perkembangan emosi yang baik dan lebih stabil dengan berorganisasi.
  • Kemampuan membagi waktu.
    Dalam organisasi ada beragam jadwal yang harus ditaati. Anda bisa menjadikan organisasi sebagai tempat untuk melatih kemampuan dalam mengatur dan menghargai waktu.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Jenis-jenis Organisasi Adalah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak organisasi yang dibentuk di tengah masyarakat kita. Masing-masing organisasi memiliki peran, fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Setidaknya ada 4 jenis organisasi yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Organisasi Politik

Organisasi politik bertugas untuk menyelenggarakan aktivitas sebuah negara. Beberapa contoh organisasi politik adalah pemegang kekuasaan eksekutif, legislatif, yudikatif, partai politik, TNI dan lain sebagainya.

2. Organisasi Bisnis

Organisasi bisnis atau perusahaan merupakan jenis organisasi yang bekerja dalam kegiatan ekonomi untuk meraih keuntungan atau profit. Organisasi bisnis ada yang berskala kecil sampai global.

3. Organisasi Profesi

Sekumpulan orang-orang yang memiliki profesi yang sama umumnya membentuk satu kumpulan dengan tujuan tertentu merupakan pengertian organisasi profesi. Dalam pelaksanaan kegiatan organisasi atau profesi, semua anggota harus bekerja berdasarkan kode etik.

Contoh organisasi profesi adalah IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Parfi (Perhimpunan Artis Film Indonesia) dan lain sebagainya.

4. Organisasi Sosial

Organisasi sosial dibentuk oleh masyarakat dengan berbagai tujuan. Ada yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, kekeluargaan, ilmiah, agama dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui tentang pengertian organisasi adalah, fungsi dan manfaatnya, Anda juga harus memiliki rencana dan strategi yang tepat agar semua tujuan perusahaan bisa tercapai. Bagi Anda yang memiliki organisasi bisnis, ada aplikasi IREAP LITE yang bisa memudahkan kegiatan operasional Anda. Simak informasi selengkapnya di www.ireappos.com

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp