Tips Gunakan Aplikasi Kasir Toko Android

Tips Gunakan Aplikasi Kasir Toko Android

Tips Gunakan Aplikasi Kasir Toko Android

Apakah Anda tertarik menggunakan aplikasi kasir toko Android? Bingung bagaimana menggunakan dengan baik? Sebagai solusi, mari bahas beberapa tips dalam menggunakan aplikasi kasir Android berikut ini:

Download iREAP POS

Lakukan Setting Awal Sesuai dengan Kebutuhan Usaha

Saat menggunakan aplikasi kasir, Anda tentu wajib melakukan setting awal sebelum digunakan. Hal seperti tampilan menu, fungsi yang sering dipakai, menghubungkan aplikasi dengan alat print dan kotak uang serta alat scan barcode.

Setting awal ini biasanya memerlukan test beberapa kali sebelum benar – benar sesuai. Karena itu, pastikan baca dulu panduan dari aplikasi agar Anda bisa melakukan setting dengan baik.

Fokus Pada Fitur yang Paling Sering Dipakai

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah membuat aplikasi ini lebih mudah dipakai. Dalam operasi toko, belum tentu Anda bisa mengoperasikan kasir ini sendiri. Tidak jarang, Anda harus membayar staff untuk keperluan pengoperasian ini.

Jika setiap kali menerima staff baru Anda harus melakukan pelatihan lama untuk kasir ini, tentu Anda bisa rugi waktu. Sebagai solusi, lebih baik pasang fitur seperti menu barang, menu profil pemesan, fitur keranjang pesanan, kode promo diskon dan jenis pembayaran di depan agar jelas digunakan.

Menu – menu ini adalah yang paling sering digunakan. Daripada menjelaskan detail fitur – fitur yang tidak dipakai, tentu lebih cepat mengajarkan hal yang mudah dipakai seperti ini.

Download iREAP POS

Secara Rutin Update Informasi Barang Dalam Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi kasir toko Android, tentu Anda harus melakukan pembaharuan secara rutin soal barang yang akan dijual. Contoh saja saat ada barang yang sudah tidak stock ataupun sudah tidak tersedia di toko Anda, hal ini lebih baik disingkirkan daripada memenuhi menu aplikasi kasir.

Pada mesin kasir online, Anda dengan mudah bisa memasukkan barang baru, mengeluarkan barang yang sudah tidak dijual dan bahkan mengganti list harga yang tertera. Agar tidak bingung saat operasi, pastikan melakukan perbaharuan ini secara rutin.

Selalu Pastikan Data Dalam Aplikasi Sesuai dengan Uang yang Didapat

Seperti yang Anda tahu, penggunaan aplikasi kasir ini dapat mempermudah catatan keuangan pada toko Anda. Tapi catatan ini tetap bisa menghasilkan error. Input dari manusia terkadang membuat kesalahan.

Hal seperti salah input diskon, salah input uang yang diterima dan lain sebagainya bisa terjadi. Kesalahan ini tentu bisa dihindari jika menggunakan staff yang baik, tapi terkadang musibah bisa terjadi.

Untuk menghindari masalah salah perhitungan, jangan langsung percaya pada data yang terekam pada program ini. Lakukan cek ulang dengan menghitung uang yang tersisa secara fisik. Jika jumlah uang dan data sudah seimbang, barulah Anda bisa tenang.

Lakukan pengecekan hal ini setiap hari daripada kecolongan saat laporan keuangan harus dibuat pada akhir bulan.

Sekian bahasan mengenai tips dalam menggunakan aplikasi kasir toko Android. Mudah – mudahan bahasan ini dapat membuat operasi toko Anda menggunakan program ini berjalan baik. Terima kasih sudah membaca dan selamat menggunakan tips – tips-nya!

Download iREAP POS

Tips Gunakan Aplikasi Kasir Toko Android