Tips Praktis Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Android

tips gunakan aplikasi kasir toko android

Tips Menggunakan Aplikasi Kasir Toko Android

Kenapa harus pakai aplikasi kasir? Sebab, aplikasi kasir toko memudahkan Anda melakukan pencatatan transaksi dan membuat laporan keuangan. Pencatatan keuangan penting Anda lakukan, mengingat banyak bisnis mengalami kegagalan akibat tidak ada catatan keuangan dan laporan transaksi yang bisa diakses kapan pun Anda membutuhkannya. Selain itu, penggunaan aplikasi kasir toko akan membantu Anda memberi layanan terbaik kepada pelanggan. Agar kinerja bisnis meningkat dan mencegah bisnis gagal, simak tips praktis menggunakan aplikasi kasir toko berikut ini.

1. Setting Aplikasi Kasir Toko Sesuai Kebutuhan Usaha

Saat mau menggunakan aplikasi kasir toko, pastikan aplikasi kasir toko tersebut memiliki customer support yang bisa membantu Anda. Selain itu, pastikan pula Anda sudah membaca buku panduan penggunaan. Ini karena Anda perlu melakukan setting awal aplikasi sesuai kebutuhan. Memang nantinya akan ada beberapa kali penyesuaian dalam proses pengaturan sampai Anda menemukan pengaturan yang paling sesuai dengan bisnis. Pada beberapa kasus, Anda bisa jadi membutuhkan support dari tim pengembang aplikasi. Jangan segan untuk menghubungi mereka ya.

2. Fokus Hanya Pada Fitur Penting Sesuai Jenis Bisnis

Dalam aplikasi kasir toko, misalnya aplikasi kasir toko iReap, Anda akan menemukan cukup banyak fitur yang bisa digunakan. Nah, Anda perlu memilih mana saja fitur-fitur penting yang sesuai dengan bisnis. Tujuannya, supaya Anda tidak terdistraksi dengan fitur yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Fokus hanya pada fitur penting sesuai kebutuhan juga membantu Anda dan karyawan Anda untuk mengoperasikan aplikasi kasir toko di android dengan lebih baik. 

Contoh:

  • Bisnis Toko Baju – Fitur yang dibutuhkan: stok barang, profil pelanggan, fitur keranjang pesanan, kode promo diskon, jenis pembayaran, scan barcode, cetak bukti transaksi.
  • Bisnis Restoran – Fitur yang dibutuhkan: daftar harga berdasarkan pelanggan, database pelanggan, product set, fitur resep, penerimaan pesanan penjualan, pencatatan transaksi lengkap, stok bahan baku, scan barcode, dan sebagainya.
Update pada Aplikasi Kasir Toko secara Rutin

3. Lakukan Update pada Aplikasi Kasir Toko secara Rutin

Update yang dimaksudkan di sini bukan hanya update aplikasi, melainkan Anda perlu melakukan pembaharuan secara rutin untuk data atau jenis produk yang dijual, update harga, mengeluarkan produk yang sudah tidak dijual dari daftar produk, dan sebagainya.

4. Aplikasi Kasir Toko di Android Harus Sesuai dengan Uang yang Diterima

Nah, bagian penting dari penggunaan aplikasi kasir toko tentu saja berkaitan dengan uang masuk dan keluar. Sebagai pemilik bisnis, tetap saja perlu kontrol dan melakukan pengecekan secara teratur terhadap laporan di aplikasi kasir toko dengan jumlah uang yang ada. Mengapa? Sebab, bisa saja karyawan toko tak sengaja melakukan kesalahan input atau tidak melakukan update data harga penjualan.

Analisis dengan Aplikasi Kasir Toko

5. Cetak Laporan Keuangan di Akhir Bulan dan Lakukan Analisis

Aplikasi kasir toko seperti iReap Pro memungkinkan Anda memiliki dashboard yang berisi seluruh laporan dan kinerja bisnis. Salah satu laporan yang bisa Anda lihat, yaitu laporan keuangan. Alangkah baiknya setiap akhir bulan cetak saja laporan keuangan dan lakukan analisis. Cara ini akan membantu Anda fokus untuk melihat sejauh mana bisnis Anda berjalan dan menemukan cara untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Teknologi memudahkan kerja manusia. Begitu pula keberadaan aplikasi kasir toko dapat membantu Anda mengelola dan menjalankan toko atau bisnis, baik secara offline maupun online. Selain mengetahui cara menggunakan aplikasi kasir toko, cari tahu juga yuk aplikasi lain yang bisa mendukung kinerja aplikasi kasir toko yang Anda gunakan. Cek di sini ya 5 Aplikasi Pendukung Program Kasir Toko untuk Menjalankan Bisnis.

Banner-ireap-lite-free