11 Alasan Pebisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Kasir

business people-need-to-use-cashier-application

11 Alasan Pebisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Kasir

Ketika bisnis terlalu ramai dan kasir sibuk melayani secara manual, rentan sekali kasir melakukan salah hitung sehingga bisa menyebabkan minus atau rugi.

Bagaimana cara agar kasir tidak minus? Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi kasir, yang memungkinkan Anda mengelola transaksi penjualan dengan lebih efisien dan akurat.

Untuk tahu alasan lain pebisnis perlu menggunakan aplikasi kasir, baca ulasan lengkapnya di artikel ini, yuk.

11 Alasan Pebisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Kasir

1. Meningkatkan Efisiensi dan Keakuratan dalam Pengelolaan Semua Transaksi

Dalam operasional bisnis sudah tentu ada banyak transaksi yang terjadi dalam satu hari. Mulai dari transaksi penjualan, pembelian, stok barang dan persediaan, retur, pajak, biaya, diskon, dan sebagainya.

Jika harus dicatat satu persatu, tentu akan memakan waktu dan hasil pencatatan belum tentu akurat.

Untuk itu, Anda sebagai pebisnis perlu menggunakan aplikasi kasir. Sebab, integrasi datanya sudah berlangsung secara otomatis, seperti:

  • Anda cukup memasukkan nama produk, kemudian harga produk langsung otomatis tercantum, termasuk jika ada diskon khusus maupun PPN.
  • Ketika ada produk yang laku, maka secara otomatis akan langsung mengurangi jumlah stok barang. Begitupun ketika terjadi pembelian, sudah tentu akan langsung menambah jumlah persediaan barang.
  • Pada akhir hari ketika sudah waktunya bisnis tutup, Anda bisa langsung melihat laporan seluruh transaksi beserta keuntungan yang didapatkan pada hari tersebut.

Seluruh manfaat penggunaan aplikasi di atas bisa Anda dapatkan asalkan pada awal penggunaannya, Anda sudah melakukan pengaturan secara terperinci dan rutin melakukan update master data.

2. Meminimalkan Risiko Human Error

Bagian kasir rentan mengalami kesalahan perhitungan penjualan atau pengembalian uang dalam transaksi tunai.

Agar masalah ini tak terjadi, lengkapi bisnis Anda dengan penggunaan aplikasi kasir sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kesalahan pencatatan dan perhitungan keuangan.

Anda bahkan masih bisa memeriksa ulang semua input transaksi yang dilakukan sebelum melakukan cetak struk.

3. Tersedia Fitur Manajemen Inventori untuk Mengontrol Stok Barang dan Persediaan

Aplikasi kasir biasanya telah dilengkapi dengan fitur manajemen inventori, yang memungkinkan pebisnis bisa lebih praktis dalam mengelola stok barang, persediaan, dan inventaris.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengontrol dan memeriksa stok barang yang tersedia, tanpa perlu memeriksanya secara manual ke gudang.

Selain itu, setiap terjadi transaksi, jumlah barang secara otomatis akan langsung diperbaharui.

4. Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

Penggunaan aplikasi kasir dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja. Mengapa?

Karena Anda tak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk melakukan pencatatan transaksi, stock opname, mengelola jadwal karyawan, atau membuat laporan keuangan. Semua aktivitas ini sudah bisa dilakukan aplikasi kasir.

Jadi, Anda akan punya lebih banyak waktu untuk memfokuskan perhatian pada hal-hal penting terkait pengembangan bisnis, inovasi produk, atau menemukan peluang baru.

5. Mempermudah Proses Penjualan dan Layanan Pelanggan

Aplikasi kasir akan memudahkan proses penjualan, terutama pada saat pelanggan mau melakukan pembayaran.

Transaksi yang dilakukan dengan cepat dan efisien dapat menghindarkan terjadinya antrian di meja kasir. Selain itu, layanan yang cepat dan baik kepada pelanggan akan meningkatkan kepuasaan dan loyalitas pelanggan.

6. Laporan Transaksi & Laporan Keuangan Langsung Tersedia di Aplikasi

Anda pasti sudah paham kan kalau untuk membuat laporan keuangan adalah hal yang paling merepotkan dan menghabiskan waktu. Nah, supaya hal ini tak perlu Anda lakukan lagi, lebih baik gunakan saja aplikasi kasir.

Contohnya, Anda menggunakan aplikasi kasir iReap. Aplikasi tersebut akan secara otomatis membuatkan laporan transaksi, baik transaksi penjualan maupun pembelian. Begitu pula dengan laporan keuangan akan langsung jadi, bahkan lengkap dengan laba dan ruginya.

Jadi, kapan pun Anda butuh melihat data atau laporan transaksi penjualan maupun keuangan dalam periode tertentu, tinggal membuka aplikasi dan laporan transaksi maupun laporan keuangan sudah tersaji dengan rapi, akurat, dan lengkap.

Sistem Keamanan yang Lebih Baik

7. Sistem Keamanan yang Lebih Baik untuk Keuangan maupun Data

Aplikasi kasir menyimpan data transaksi dan laporan keuangan dalam server yang aman dan terlindungi. Hal ini dapat menghindari kebocoran data dan mencegah kerugian bisnis.

Selain itu, proses pencatatannya juga terperinci setiap hari. Di akhir hari, Anda bisa langsung mengetahui jumlah uang dari hasil penjualan tunai dan non-tunai, termasuk berapa banyak barang yang terjual, sisa stok barang, bahkan retur produk (jika ada).

Semua data tersebut mempercepat proses pencocokan data dengan jumlah uang yang tersedia. Jika pun Anda menggunakan karyawan, maka kecil sekali kemungkinan karyawan akan melakukan manipulasi data, kecurangan, bahkan pencurian uang.

Biaya Operasional Jadi lebih Hemat

8. Biaya Operasional Jadi lebih Hemat

Anda tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan lagi untuk bagian kasir, bagian gudang, bahkan bagian pembukuan dan keuangan. Karena sebagian besar tugas pencatatan transaksi, manajemen inventori, pembukuan, dan keuangan sudah dilakukan aplikasi kasir.

Selain itu, Anda tidak perlu lagi membeli perangkat kasir konvensional, seperti mesin kasir yang harganya mahal dan butuh perawatan rutin, pembelian alat-alat tulis, hingga kertas. Tetapi jika tetap mau menyediakan struk fisik, maka harga printer bluetooth untuk cetak struk jauh lebih murah dibandingkan printer untuk mesin kasir konvensional.

9. Sistem Point of Sale (POS) yang Lebih Terorganisir

Biasanya sudah tersedia sistem Point of Sale (POS) yang lebih terorganisir. Anda pun jadi dimudahkan dalam penyediaan dan pengelolaan transaksi. Terutama jika pelanggan ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit, e-money, transfer, atau tunai.

10. Mudah Dihubungkan ke Perangkat Tambahan

Ketersediaan fitur koneksi dalam aplikasi akan memudahkan Anda menghubungkannya ke perangkat tambahan. Misalnya ke barcode scanner, printer untuk cetak struk, bahkan ke cash drawer.

Cara ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan mesin kasir konvensional yang harus melakukan instalasi dan sebagainya untuk penggunaan yang lebih praktis.

11. Monitoring Performa dan Kinerja Karyawan

Anda akan lebih mudah mengelola dan memantau kinerja para karyawannya. Misalnya, menggunakan fitur login staf sehingga karyawan hanya bisa mengakses data tertentu saja. Lalu ada fitur absensi karyawan. Dengan cara ini, proses monitoring dan pemantauan performa serta kinerja karyawan jauh lebih efisien.

Hmm… banyak ya kegunaan aplikasi kasir bagi pebisnis. Setelah mengetahui 11 alasan pebisnis perlu menggunakan aplikasi kasir di atas, sekarang waktunya Anda mencari tahu fitur-fitur yang wajib ada di aplikasi kasir. Langsung baca di sini ya: Fitur Penting yang Wajib Ada dalam Aplikasi Kasir. Lalu, jangan lupa baca juga Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Bagus dan Cocok untuk Bisnis Anda.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp