Fitur Penting yang Wajib Ada dalam Aplikasi Kasir

fitur aplikasi kasir

Fitur Aplikasi Kasir yang Wajib Ada

Ada banyak pilihan aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pengelolaan bisnis. Supaya penggunaan aplikasi kasir bisa optimal dan membantu Anda menganalisis perkembangan usaha, maka pastikan aplikasi kasir yang Anda gunakan memiliki fitur yang lengkap. Nah, apa saja fitur aplikasi kasir yang wajib ada? Baca selengkapnya di artikel ini, yuk.

7 Fitur yang Wajib Ada dalam Aplikasi Kasir

1. Pencatatan Penjualan Baik Offline Maupun Online

Fitur penting pertama yang harus ada dalam aplikasi kasir adalah fitur yang mencatat semua transaksi penjualan secara detail, baik penjualan secara online maupun penjualan secara offline (untuk bisnis dengan toko fisik).

Adanya fitur ini memungkinkan Anda memantau semua penjualan yang terjadi sekaligus mengetahui produk mana yang laris dan mana yang tidak. Selain itu, fitur penjualan yang detail bisa membantu meminimalkan terjadinya kerugian akibat selisih transaksi atau karena ada transaksi penjualan yang tidak tercatat.

2. Manajemen Inventori dan Stok Barang

Fitur berikutnya yang juga harus ada dalam aplikasi kasir yang Anda gunakan, yaitu fitur manajemen inventori dan stok barang. Fitur ini membantu Anda mendapatkan informasi yang valid mengenai ketersediaan barang, mulai dari jumlah barang masuk, jumlah barang keluar, jumlah barang yang masih tersedia di gudang, bahkan jumlah barang retur atau rusak.

Untuk tahu ketersediaan barang, Anda tidak perlu menghitung stok barang secara manual. Cukup dengan memasukkan kode barang atau nama barang, Anda sudah bisa mengakses semua informasi mengenai barang tersebut. Bahkan sebelum stok habis, Anda sudah bisa melakukan restock agar ketersediaan barang tetap terjaga dan tidak membuat pelanggan kecewa hanya gara-gara kehabisan barang yang mereka butuhkan...

Fitur Database Pelanggan di Aplikasi Kasir

3. Manajemen Pelanggan dan Database Pelanggan

Pelanggan menjadi obyek utama yang memiliki peran besar dalam kesuksesan bisnis Anda. Itu sebabnya, Anda perlu mengelola pelanggan dengan baik dan mengelompokkannya berdasarkan pelanggan potensial, pelanggan musiman, pelanggan tidak aktif, dan sebagainya.

Untuk memudahkan proses pengelolaan pelanggan, pastikan aplikasi kasir yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan fitur pengelolaan pelanggan, termasuk database pelanggan. Ketika terjadi transaksi, fitur ini tidak hanya menyimpan nama, alamat, dan nomor kontak pelanggan, tetapi juga riwayat pelanggan dalam melakukan pembelanjaan, produk yang paling sering mereka beli, berapa kali mereka melakukan pembelian, dan sebagainya.

4. Real time dan Up to Date

Pastikan aplikasi kasir yang Anda gunakan bisa bekerja, mencatat, dan menyajikan data secara real time. Bahkan ketika terjadi transaksi secara offline, semua data transaksi tersebut bisa segera diinput ke aplikasi dan langsung mengupdate secara otomatis laporan keuangan sehingga data keuangan yang tersaji tetap detail, lengkap, dan up to date.

5. Fitur Point of Sale

Point of sale (POS) adalah fitur yang memudahkan proses pembayaran para pelanggan saat melakukan transaksi. Selain itu, fitur ini juga memudahkan pemilik bisnis untuk mengumpulkan semua data terkait penjualan dengan lebih mudah dan lebih akurat.

Pastikan di dalam aplikasi POS yang Anda gunakan, juga sudah tersedia berbagai pilihan metode pembayaran, misalnya pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, OVO, Gopay, Shopeepay, dan sebagainya.

Fitur Multi User di Aplikasi Kasir

6. Fitur Multi User

Fitur multi user akan memudahkan pengelolaan kasir, terutama jika pada bisnis Anda ada beberapa kasir yang bertugas secara shift. Masing-masing kasir bisa menggunakan akun user tersendiri, namun datanya tetap terintegrasi dengan data keseluruhan yang sudah tersedia.

7. Fitur Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan di akhir bulan dengan banyaknya transaksi penjualan yang harus dicatat dan dihitung, stok barang, tagihan, utang, barang retur, dan sebagainya, tentu memakan waktu. Nah, saat ini sudah ada aplikasi kasir yang menyediakan fitur penyediaan laporan keuangan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu membuatnya secara manual lagi. Pastikan aplikasi kasir yang Anda gunakan memiliki fitur ini ya.

Selain memastikan fitur penting yang wajib ada dalam aplikasi kasir, Anda juga perlu tahu fungsi dan kegunaan aplikasi kasir bagi bisnis.

Banner-ireap-pro