Aplikasi Kasir: Keuntungan dan Manfaatnya bagi Pebisnis

cashier-application-advantages

Keuntungan dan Manfaat Aplikasi Kasir

Apa itu aplikasi kasir digital? Aplikasi kasir digital adalah aplikasi berbentuk digital atau program yang berguna untuk membantu memudahkan tugas kasir dalam memproses transaksi bisnis. Pada artikel ini, Anda bisa mencari tahu lebih banyak keuntungan menggunakan aplikasi kasir dan manfaatnya bagi pebisnis. Yuk, baca sampai selesai.

Apa Itu Aplikasi Kasir?

Aplikasi kasir adalah program yang dirancang untuk membantu pemilik bisnis memproses dan mengelola transaksi bisnis. Umumnya, aplikasi kasir yang bagus sudah terintegrasi dengan perangkat keras, seperti cash drawer, scanner barcode, dan printer untuk cetak struk.

Dalam aplikasi kasir, pemilik bisnis dapat memasukkan informasi produk, rumus HPP, harga jual, detail promosi yang sedang berlangsung, data pelanggan, dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

1. Proses Transaksi Jadi Lebih Mudah dan Efisien

Untuk pengelolaan bisnis konvensional, semuanya dilakukan secara manual. Anda mau tidak mau harus mencatat satu persatu produk yang pelanggan beli, dan memasukkan nominal harga jual untuk masing-masing produk.

Lalu, Anda harus menghitung seluruh harga produk. Baru kemudian mendapatkan harga total yang harus dibayar pelanggan. Tentunya keseluruhan proses ini memakan waktu dan pelayanan pelanggan di meja kasir jadi lama.

Sementara jika Anda sebagai pebisnis sudah menggunakan aplikasi kasir, maka seluruh proses pencatatan transaksi penjualan akan berlangsung secara otomatis hanya dengan beberapa kali klik.

Anda cukup memindai barcode produk. Lalu secara otomatis, aplikasi kasir akan mencatat nama produk, harganya, sekaligus menghitung harga total pembelian yang harus dibayar oleh pelanggan. Bahkan harga totalnya bisa diprogram sudah termasuk pajak, diskon, dan sebagainya.

Struk penjualan pun langsung jadi. Anda bisa mengirimkan struk penjualan melalui email, nomor ponsel pelanggan, atau melakukan cetak struk menggunakan printer bluetooth.

Dari proses pencatatan transaksi secara manual dan otomatis di atas sudah bisa Anda lihat perbedaannya, kan? Ya, aplikasi kasir mempercepat dan mengefisiensikan proses transaksi bisnis.

Proses Transaksi Jadi Lebih Mudah dan Efisien

2. Meminimalkan Risiko Terjadinya Kesalahan Transaksi

Kasir yang sibuk melayani pelanggan sembari melakukan proses pencatatan transaksi secara manual, rentan sekali melakukan kesalahan.

Misalnya, salah memasukkan nama produk, salah menghitung jumlah uang yang harus dibayar, atau salah memberikan kembalian uang. Kalau hal ini sampai terjadi berulang kali, ya Anda bisa mengalami kerugian.

Itu sebabnya, Anda perlu mulai menggunakan aplikasi kasir. Sebab, penggunaan aplikasi kasir dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan kasir memasukkan data transaksi.

Aplikasi kasir juga akan membantu mempercepat dan melakukan otomatisasi saat input informasi transaksi, seperti nama dan harga produk, jumlah pembelian, serta total biaya yang harus pelanggan bayar.

Hasil pencatatan otomatis ini pun jauh lebih akurat karena bisa include nilai PPN, diskon, dan sebagainya, sesuai pengaturan yang Anda lakukan.

3. Mencegah Terjadinya Antrian dan Memberi Pelanggan Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Saat bisnis ramai pelanggan, besar kemungkinan akan terjadi antrian di meja kasir kalau pengelolaan transaksi bisnis masih secara manual.

Antrian yang panjang bisa membuat pelanggan merasa kesal dan akhirnya urung melakukan pembelian. Sayang banget kan kalau pelanggan tak jadi beli gara-gara tak mau antri di meja kasir.

Solusinya, ya menggunakan aplikasi kasir yang bisa membuat proses pengelolaan transaksi penjualan jadi lebih cepat. Pelanggan pun tak sampai antri hanya untuk melakukan pembayaran.

Dengan cara ini, Anda bisa membuat pelanggan puas serta nyaman berbelanja di bisnis Anda.

4. Pengelolaan Stok Barang dan Persediaan yang Lebih Mudah

Dalam bisnis ketersediaan stok barang dan pengelolaan persediaan menjadi salah satu faktor yang menentukan kelangsungan bisnis. Jika stok barang sering kehabisan, pelanggan tentu kecewa karena sulit mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Sebaliknya, jika terlalu banyak stok barang di gudang, maka perputaran uang menjadi lambat dan membuat bisnis sulit berkembang. Itu makanya, para pebisnis mau tak mau melakukan stock opname.

Namun stock opname yang dilakukan secara manual sudah pasti akan menghabiskan banyak waktu, menyebabkan produktivitas bisnis jadi terganggu, dan sangat tidak praktis.

Lain halnya kalau Anda menggunakan aplikasi kasir. Pengelolaan persediaan dan stok barang menjadi lebih praktis. Sebab, setiap ada barang yang keluar maupun masuk, maka jumlah barang akan terupdate secara real time.

Dengan cara ini, Anda bisa langsung tahu persediaan, stok barang, bahkan inventaris lainnya, kapan pun membutuhkan datanya.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Kasir Bagi Pebisnis

1. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Dalam bisnis, waktu adalah uang. Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih efisien, cepat, dan akurat. Sebab, seluruh informasi terkait bisnis bisa Anda pantau secara real time.

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

2. Hemat Biaya Operasional

Penggunaan aplikasi kasir dapat membantu pemilik bisnis menghemat biaya operasional. Anda tak perlu lagi menggaji banyak karyawan yang khusus berada di gudang untuk mengawasi stok barang dan persediaan.

Biaya kerugian akibat kesalahan hitung yang terjadi pada bagian kasir juga bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, tak perlu ada budget khusus untuk membeli kertas cetak struk, mesin kasir, perawatan mesin kasir yang mahal, tinta, dan sebagainya.

Dalam jangka panjang, keseluruhan biaya operasional usaha yang dijalankan dengan otomatisasi dan memanfaatkan aplikasi kasir jauh lebih hemat.

3. Kemudahan dalam Pengelolaan dan Analisis Bisnis

Aplikasi kasir yang dapat terintegrasi secara real time dengan berbagai perangkat atau tools manajemen bisnis memungkinkan pebisnis bisa mengelola bisnisnya dengan lebih baik, efektif, dan efisien.

Apalagi seluruh proses transaksi, baik penjualan, pembelian, retur, barang rusak, stok barang, inventory, data pelanggan, dan sebagainya, secara otomatis langsung terhubung dengan laporan transaksi maupun laporan keuangan secara keseluruhan.

Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan sebagai pemilik bisnis yang menggunakan aplikasi kasir, antara lain:

  • Lebih cepat dan lebih mudah untuk mendapatkan data penjualan harian, mingguan, bulanan, atau dalam periode tertentu.
  • Bisa langsung tahu laba atau rugi usaha secara real time.
  • Memudahkan dalam proses pengambilan keputusan penting yang berkaitan dengan persediaan dan stok barang.
  • Tersedia laporan penjualan, laporan keuangan, hingga laporan rugi laba.

Dengan ketersediaan informasi maupun data transaksi bisnis yang akurat dan real time ini, Anda akan lebih mudah pula dalam melakukan analisis kinerja bisnis, sekaligus dapat membuat strategi yang lebih baik di masa depan.

4. Memudahkan Pajak dan Audit

Aplikasi kasir juga memudahkan Anda untuk urusan pajak dan audit lho. Hal ini karena semua data transaksi tercatat dengan baik. Anda bisa langsung mengaksesnya dalam bentuk dokumen jika dibutuhkan untuk pelaporan pajak atau kebutuhan audit usaha.

Jika ingin bisnis berjalan lebih efektif dan efisien, Anda perlu mempertimbangkan untuk segera menggunakan aplikasi kasir. Untuk lebih meyakinkan Anda, baca juga artikel ini, yuk: Alasan Pebisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Kasir.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp