Cara Memilih Aplikasi Kasir yang Bagus dan Cocok untuk Bisnis Anda

how-to-choose-a-cashier-application

Cara Memilih Aplikasi Kasir yang Bagus

Menggunakan aplikasi kasir bisa memudahkan proses pembayaran dan pengelolaan inventaris pada bisnis Anda. Tidak hanya itu, aplikasi kasir juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Yuk, cari tahu cara kerja aplikasi kasir dan cara memilih aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis Anda.

Cara Kerja Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir adalah perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengelola bisnis, mulai dari mengefisiensikan proses transaksi hingga mengelola inventaris.

Kalau Anda sudah menggunakan aplikasi kasir, maka ketika pelanggan sudah selesai berbelanja dan melakukan pembayaran, Anda tinggal scan setiap produk dengan barcode scanner.

Lalu, aplikasi kasir akan langsung mencatat nama produk beserta harganya, kemudian mentotal seluruh harga. Jika ada PPN atau diskon, akan langsung tercantum juga.

Jika Anda menggunakan aplikasi yang bagus dan sudah terintegrasi dengan Point of Sale (POS), maka akan tersedia berbagai pilihan pembayaran.

Nanti pelanggan tinggal memilih, mau melakukan pembayaran dengan debit, kartu kredit, e-money, atau secara tunai.

Nah, ketika proses transaksi penjualan terjadi, aplikasi kasir juga akan secara otomatis mengurangi stok barang berdasarkan jumlah barang yang keluar (barang yang laku).

Dengan cara ini, Anda bisa langsung tahu stok barang atau persediaan secara real time tanpa perlu menghitung manual lagi ke gudang.

Tips Memilih Aplikasi Kasir yang Bagus dan Cocok untuk Bisnis Anda

1. Aplikasi Kasir Harus Sesuai Dengan Kebutuhan Bisnis

Anda harus tahu kebutuhan krusial dalam operasional bisnis terlebih dahulu, sebelum bisa memutuskan, mana aplikasi kasir yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Misalnya, apakah bisnis Anda termasuk ritel atau warung kelontong? Jumlah produk, sistem inventarisasi, metode pembayaran yang tersedia, ada tidaknya stok barang, punya cabang usaha atau tidak, dan sebagainya.

Pilih Aplikasi Kasir yang Memiliki Fitur Lengkap

2. Pilih Aplikasi Kasir yang Memiliki Fitur Lengkap

Upayakan aplikasi kasir yang akan digunakan memiliki fitur yang lengkap untuk memudahkan Anda mengelola bisnis.

Beberapa fitur penting dan wajib ada pada aplikasi kasir, antara lain fitur inventory management, tersedia pilihan pembayaran yang beragam, bisa digunakan secara online maupun offline, dan tersedia otomatisasi untuk laporan penjualan dan laporan keuangan lengkap.

3. Aplikasi Kasir Harus Mudah Digunakan

Kemudahan dalam penggunaan aplikasi kasir penting banget lho, terutama kalau Anda juga mempekerjakan karyawan. Sebab, belum tentu karyawan familiar menggunakan aplikasi kasir sehingga Anda perlu melatih mereka.

Untuk itu, pilih aplikasi kasir yang mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang user-friendly. Tujuannya, supaya karyawan bisa mengoperasikannya dengan baik dan terhindar dari kesalahan input data.

4. Aplikasi Kasir Sudah Memiliki Jaminan Keamanan Data dan Privasi

Pastikan memilih aplikasi kasir yang tingkat keamanan dan privasinya terjamin, mengingat data bisnis tak boleh ada kebocoran.

Selain itu, ada baiknya tersedia sistem login (password khusus) untuk masing-masing user. Dengan adanya akses terbatas ini, Anda bisa melakukan pengaturan data mana saja yang bisa dilihat karyawan dan mana yang tidak.

Fitur keamanan lainnya yang juga harus ada, seperti enkripsi data dan backup data transaksi bisnis secara teratur. Hal ini akan meminimalisir risiko kehilangan dan pencurian data.

Layanan Pelanggan 24 Jam

5. Layanan Pelanggan 24 Jam

Penyedia aplikasi kasir harus memiliki layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu kapanpun Anda butuh bantuan teknis. Hal ini penting, mengingat bisa saja terjadi kesalahan sistem atau Anda butuh bantuan terkait input master data.

Lebih bagus lagi kalau ada layanan pelanggan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jadi saat menghadapi kendala tak terduga, Anda bisa mendapatkan bantuan sesegera mungkin.

6. Pertimbangkan Biaya Operasional dan Biaya Langganan

Saat memilih aplikasi kasir, ada baiknya Anda mempertimbangkan juga berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Misalnya, apakah untuk menggunakan aplikasi kasir butuh perangkat khusus? Harga perangkatnya terjangkau tidak? Dan sebagainya.

Dengan kata lain, aplikasi kasir yang Anda pilih sebaiknya memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan berbagai perangkat pendukung. Jangan sampai aplikasi kasirnya ternyata hanya kompatibel dengan satu atau dua perangkat saja yang harganya mahal pula.

Jangan lupa, cek juga biaya berlangganannya, terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis. Jangan sampai bisnis belum untung, tapi Anda sudah harus mengeluarkan banyak biaya operasional dan membayar biaya langganan aplikasi yang lumayan besar.

7. Mudah Terintegrasi dengan Hardware dan Software Lain

Pastikan aplikasi kasir dapat diintegrasikan dengan hardware dan software pendukung lainnya yang Anda gunakan sehingga operasional bisnis lebih efisien. Misalnya, printer bluetooth untuk cetak struk dari aplikasi kasir, barcode scanner, cash drawer, sistem POS, dan sebagainya.

Jika Anda pemilik toko, mengenali fungsi dan kegunaan aplikasi kasir juga akan membantu Anda dalam memilih aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis. Berikut 6 Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Kasir bagi Pemilik Toko. Nanti kalau sudah yakin mau menggunakan aplikasi kasir, cek juga 2 pilihannya di artikel ini: Mengenal 2 Pilihan Aplikasi Kasir untuk Usaha Kecil.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp