7 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Toko Sembako Agar Menguntungkan

usaha toko sembako

7 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Toko Sembako

Menjalankan usaha toko sembako berpeluang mendatangkan keuntungan yang besar dan bisa lebih cepat berkembang, asalkan Anda memberikan jaminan produk yang berkualitas, dan menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga perlu memanfaatkan teknologi untuk efisiensi, mengikuti tren pembelian, mengelola database pelanggan, menerapkan strategi promosi yang tepat sasaran, dan memantau keuangan serta melakukan analisis kinerja secara rutin.

Agar bisa menerapkan 7 kunci sukses menjalankan usaha toko sembako agar cepat berkembang dan menguntungkan, baca penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

7 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Toko Sembako Agar Menguntungkan

1. Jaminan Produk yang Berkualitas

Memastikan kualitas produk sembako yang Anda jual dalam keadaan yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dan jadi senang berbelanja di toko sembako Anda.

Nah, untuk mendapatkan produk berkualitas, tentu saja Anda perlu bekerja sama dengan supplier yang juga berfokus pada kualitas produk.

Cara berikutnya yang perlu anda terapkan untuk dapat memberikan jaminan produk yang berkualitas kepada pelanggan, antara lain:..

  • Bekerja sama dengan berbagai merek produk yang memang terkenal akan kualitasnya.
  • Mendapatkan sertifikasi kualitas yang bisa menjadi nilai tambah bagi toko sembako Anda.
  • Melakukan pemeriksaan secara berkala berkaitan dengan masa kadaluarsa produk sembako yang dijual.
  • Berani mengganti rugi produk rusak yang tak sengaja terjual kepada pelanggan (untuk poin ini, Anda perlu menemukan syarat dan ketentuan khusus ya).

2. Menciptakan Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Agar dapat menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan dan membuat pelanggan menjadi semakin loyal berbelanja di toko sembako milik Anda, mulailah dengan melayani pelanggan secara personal.

Ini bukan berarti harus Anda yang melakukannya terhadap setiap pelanggan, melainkan coba latih semua karyawan di toko untuk bisa mengenali kebutuhan dan preferensi tiap-tiap pelanggan, menjalin komunikasi yang baik, mengenali pelanggan (misalnya mengenal namanya atau kebiasaannya berbelanja), bahkan mendengarkan masukan serta keluhan mereka.

Selain itu, ada beberapa poin penting berikutnya yang juga perlu Anda perhatikan supaya pelanggan senang, seperti:

  • Latih karyawan di toko untuk bisa berinteraksi dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Berikan pelayanan yang ramah, sopan, cepat, dan efisien.
  • Pastikan stok barang terjaga dengan baik, terutama produk laris yang biasa dibeli pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tak merasa kecewa karena tak bisa mendapatkan produk yang mereka butuhkan.
  • Tanggapi keluhan pelanggan dan berikan solusi terbaik.
  • Sediakan variasi produk yang lengkap untuk mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak.
  • Lakukan survei harga yang diterapkan kompetitor dan pastikan harga sembako di toko Anda kompetitif.
Memanfaatkan Teknologi untuk Efisiensi

3. Memanfaatkan Teknologi untuk Efisiensi

Teknologi saat ini semakin canggih dan bisa membantu Anda menjalankan toko sembako dengan efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang seharusnya Anda gunakan untuk mengelola dan menjalankan toko sembako, yaitu aplikasi kasir yang sudah lengkap dengan fitur point of sale (POS).

Penggunaan aplikasi kasir POS mempermudah pencatatan semua transaksi yang terjadi di toko, membantu mengelola inventaris, melacak penjualan, bahkan bisa mempercepat pelayanan di meja kasir.

Selain itu, aplikasi kasir POS biasanya sudah dilengkapi dengan fitur payment, di mana Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran bagi pelanggan. Mulai dari penggunaan QRIS, e-money (OVO, Gopay, DANA, ShopeePay, dan sebagainya), atau pembayaran dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Hal penting berikutnya, penggunaan teknologi yang tepat, misalnya menggunakan aplikasi kasir POS iReap, dapat memudahkan manajemen inventori, persediaan, dan stok barang. Anda tidak perlu lagi melakukan stock opname manual hanya untuk tahu kondisi terkini jumlah barang yang tersedia.

Cukup buka aplikasi kasir iReap POS, maka Anda akan tahu stok barang laku, kebiasaan pembelian produk per pelanggan, kapan harus melakukan restock produk yang laris, dan sebagainya.

Bahkan, Anda bisa meminimalkan kemungkinan terjadi overstock yang berpotensi menyebabkan kerugian. Semua data terkait stok barang ini bisa Anda dapatkan secara real time, kapan pun Anda membutuhkannya.

4. Mengikuti Tren Pembelian

Selain memperhatikan kebiasaan pelanggan dalam berbelanja serta produk yang biasa mereka beli, Anda juga perlu lho memperhatikan tren pembelian yang sedang berlangsung dalam masyarakat. Misalnya:

  • Mendekati hari raya atau hari libur tertentu di mana kebutuhan pelanggan akan produk tertentu meningkat. Contoh: di bulan Ramadhan dan mendekati Lebaran, pelanggan akan banyak membutuhkan kue kaleng, sirup, kurma, dan sebagainya.
  • Menyediakan hampers atau paket produk yang biasanya dibutuhkan oleh pelanggan saat mendekati hari raya keagamaan, tahun baru, dan lainnya.
  • Melayani permintaan khusus, dari personal maupun instansi, untuk paket sembako berkualitas dengan harga terjangkau.

Pastikan ketika terjadi tren tertentu, atau saat produk musiman meningkat, stok produk di toko sembako Anda tersedia dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dengan cara ini, pelanggan akan menjadikan toko Anda sebagai pilihan pertama ketika membutuhkan sesuatu. Selain itu, ini juga jadi cara terbaik untuk meningkatkan angka penjualan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

5. Mengelola Database Pelanggan

Pastikan Anda mengumpulkan dan mengelola database pelanggan. Sebab nantinya database pelanggan ini bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi promosi yang tepat sasaran.

Beberapa data pelanggan yang perlu Anda miliki, seperti informasi kontak pelanggan, preferensi pembelian, riwayat transaksi, produk yang paling sering dibeli, dan sebagainya.

Nah, cara termudah mengumpulkan dan mengelola database pelanggan bisa dengan menggunakan aplikasi kasir yang sudah memiliki fitur database pelanggan.

Menerapkan Strategi Promosi yang Tepat Sasaran

6. Menerapkan Strategi Promosi yang Tepat Sasaran

Karena sudah memiliki database pelanggan yang terkelola dengan baik, Anda bisa memanfaatkan database tersebut untuk menerapkan strategi promosi yang tepat sasaran.

Misalnya, Anda bisa mengirimkan informasi produk sembako yang sedang promosi di toko sembako Anda melalui fitur Whatsapp chat ke nomor kontak pelanggan. Bisa pula mengirimkan email marketing mengenai promosi, diskon, atau event yang sedang berlangsung pada bulan ini ke email pelanggan.

Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada (yang rutin berbelanja di toko Anda), sekaligus mengajak pelanggan yang sudah jarang berbelanja di toko Anda untuk kembali berbelanja.

Selain itu, coba manfaatkan media sosial, brosur, spanduk, atau program loyalitas pelanggan untuk meningkatkan brand awareness serta untuk menarik lebih banyak pelanggan baru.

7. Memantau Keuangan dan Melakukan Analisis Kinerja Secara Rutin

Cara terakhir yang akan membantu meningkatkan keuntungan toko sembako yang Anda jalankan adalah memantau keuangan dan rutin melakukan analisis kerja.

Jadi karena sudah menggunakan aplikasi kasir iReap, Anda perlu rajin memantau pendapatan harian, mingguan, maupun jangka waktu tertentu secara real time.

Jangan lupa, pantau juga biaya operasional. Jangan sampai biaya operasional mengurangi keuntungan atau malah membuat rugi. Lalu, lakukan pula analisis kinerja, mulai dari absensi karyawan, produktivitas masing-masing karyawan, target penjualan yang dicapai sales, dan sebagainya.

Memantau dan melakukan evaluasi berdasarkan angka hasil penjualan, pembelian, laba/rugi, kinerja keseluruhan toko, juga biaya-biaya, akan membantu Anda mengidentifikasi peluang pertumbuhan dan mengatur strategi yang lebih baik untuk pengembangan usaha.

Ingin toko sembako Anda mengalami perkembangan yang lebih cepat dan menghasilkan keuntungan? Jika iya, terapkan 7 kunci sukses mengelola dan menjalankan usaha toko sembako di atas. Jangan lupa, gunakan juga aplikasi kasir iReap POS. Klik banner di bawah ini untuk langsung mencoba aplikasi kasir iReap POS secara gratis.

Banner-ireap-lite-free

About

contact whatsapp
contact whatsapp