Home » Tips Bisnis » 7 Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis

7 Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis

cara jualan sembako

7 Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis

Gimana cara jualan sembako? Cara jualan sembako biar laris, misalnya hanya menjual produk sembako yang berkualitas, menata produk semenarik mungkin, menjual produk sembako sistem paket atau bundle, menyediakan layanan pesan antar, program referral, menyediakan produk organik, dan sebagainya. Cek di sini cara jualan sembako agar laris dan mendatangkan banyak keuntungan.

7 Cara Jualan Sembako Biar Laris Manis

Jika dapat menjual banyak produk dan jualan sembako Anda laris, tentunya akan mendatangkan keuntungan sesuai yang Anda harapkan. Untuk itu, lakukan cara jualan sembako berikut ini:

1. Menjual Produk Sembako yang Berkualitas

Pastikan produk sembako yang Anda jual berkualitas terbaik dan aman bagi pelanggan. Ada baiknya menyediakan produk dari merek favorit yang sudah banyak dikenal pelanggan, namun tetap bisa Anda jual dengan harga terjangkau.

Untuk bisa mendapatkan produk yang segar dan berkualitas, tentu Anda perlu menjalin kerja sama dengan supplier atau pemasok yang terpercaya serta memiliki standar kualitas yang tinggi.

Dengan menyediakan produk yang berkualitas, pelanggan akan merasa puas dan cenderung kembali membeli ke toko sembako Anda...

2. Menata Produk Semenarik Mungkin

Penataan produk yang rapi dan menarik akan memudahkan pelanggan dan membuat mereka senang berbelanja di toko sembako Anda.

Untuk itu, cobalah menata produk semenarik dan serapi mungkin. Caranya, Anda bisa mengelompokkan produk sembako berdasarkan kategori, seperti kategori bumbu dapur, beras, kategori gula, susu, dan minuman instan, produk mie instan, dan sebagainya.

Jangan lupa, cantumkan label nama produk lengkap dengan harganya sehingga pelanggan bisa mengetahui harga setiap produk sesuai budget mereka.

Oh ya, Anda juga bisa menyediakan satu area khusus untuk memajang produk favorit yang sedang promo pada posisi yang mudah terlihat pelanggan. Ini cara terbaik untuk mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak produk.

Jualan Sembako Sistem Paket atau Bundle

3. Jualan Sembako Sistem Paket atau Bundle

Ingin pelanggan berbelanja lebih banyak produk? Coba jualan sembako sistem paket atau bundle. Anda bisa mengkombinasikan beberapa produk dalam satu paket, misalnya beras 2kg, gula 1kg, mie instan 5 bungkus, kopi, susu, sirup, dan 2 makanan kaleng.

Untuk harganya, buat sedikit lebih rendah dari harga pembelian satuan. Lalu, buat lagi paket lain dengan isi yang lebih banyak. Ini cara menarik yang akan mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak.

Apalagi saat ini cukup banyak orang atau instansi yang menyelenggarakan program berbagi sembako. Anda bisa bekerja sama dengan mereka untuk pengadaan paket sembako sesuai permintaan dan budget yang tersedia.

Biasanya untuk bisa bekerja sama, Anda perlu membuat penawaran pengadaan produk beserta harga yang kompetitif, mengingat pasti banyak pula pebisnis sembako lain melakukan cara ini.

4. Menyediakan Layanan Pesan Antar

Menyediakan layanan pesan antar untuk memberikan kemudahan berbelanja bagi pelanggan juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Cara ini juga akan mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak sehingga produk sembako di tok Anda pun lebih laris.

Skemanya bisa dengan menyediakan hotline service atau nomor telepon khusus untuk pemesanan produk. Bisa pula menyediakan website atau aplikasi sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online.

Setelah daftar pesanan masuk, lakukan pengiriman produk secara tepat waktu demi meningkatkan kepercayaan pelanggan. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa menyediakan layanan antar gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

5. Program Referral

Tahu tidak, kesuksesan bisnis itu tergantung pada seberapa banyak orang merekomendasikan bisnis Anda kepada lebih banyak orang dalam lingkungan pergaulan mereka.

Artinya, ketika ada satu pelanggan merekomendasikan toko sembako Anda kepada 5 orang kenalan mereka, maka Anda sudah pasti akan mendapatkan 5 pelanggan baru.

Ini baru satu pelanggan lho ya. Bisa bayangkan kan, berapa banyak pelanggan baru yang akan Anda dapatkan kalau semua pelanggan Anda melakukan hal yang sama?

Untuk mendorong pelanggan loyal yang sudah Anda miliki merekomendasikan toko sembako milik Anda, buatlah program referal dengan benefit yang membuat pelanggan bersemangat untuk mengajak sebanyak mungkin kenalan mereka berbelanja di toko Anda.

Bentuk benefit yang bisa Anda berikan, misalnya voucher belanja, tambahan diskon khusus, tambahan poin reward untuk ditukarkan produk tertentu, hadiah undian, dan sebagainya.

Dengan penyelenggaraan program referal ini, Anda tak hanya meningkatkan jumlah pelanggan baru, tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan, membuat mereka merasa diuntungkan, dan akhirnya meningkatkan angka penjualan sekaligus keuntungan bagi toko sembako Anda.

Jualan Sembako Organik

6. Jualan Sembako Organik

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh berdampak pada perubahan kebiasaan berbelanja. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih membeli dan mengonsumsi produk organik dengan alasan kesehatan.

Maka tak ada salahnya Anda juga mulai menyediakan berbagai produk sembako organik. Misalnya, beras organik, sayur dan buah organik, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan produk organik berkualitas, Anda perlu bekerja sama dengan petani lokal atau supplier yang memang menyediakan produk organik lokal.

Jangan lupa, promosikan produk-produk ini sebagai opsi yang lebih sehat, ramah lingkungan, atau untuk mendukung ekonomi lokal. Hal ini dapat menarik segmen pelanggan yang khusus mencari produk sembako yang berkualitas tinggi dan memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar.

7. Program Loyalitas Pelanggan dan Diskon Berkala

Membangun hubungan baik dengan pelanggan menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan kalau ingin membangun loyalitas dan mendorong lebih banyak pembelian.

Caranya, Anda bisa membuat program loyalitas di mana setiap pelanggan berbelanja sembako di toko mereka akan mendapatkan poin khusus.

Nantinya poin tersebut bisa ditukarkan dengan produk menarik, voucher belanja, diskon khusus, atau bisa membeli produk tertentu dengan diskon yang lebih besar.

Program loyalitas ini akan membantu meningkatkan retensi pelanggan dan mendorong mereka untuk terus memilih toko sembako Anda daripada pesaing.

Atau bahkan dapat mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak demi mendapatkan produk impian melalui kegiatan pengumpulan poin.

Cara berikutnya agar jualan sembako laris manis, selenggarakan program belanja diskon secara berkala. Diskon di sini bisa berupa potongan harga untuk produk tertentu, pembelian buy one get one, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan pelanggan lama, mendapatkan lebih banyak pelanggan baru, dan bisa terus meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Masih butuh tips jualan sembako yang bisa bikin toko sembako Anda lebih sukses dan lebih cepat berkembang? Jika iya, terapkan 7 Kunci Sukses Dalam Menjalankan Usaha Toko Sembako.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos