Home » Tips Bisnis » Branding Tidak Sama dengan Marketing. Ini Perbedaannya!

Branding Tidak Sama dengan Marketing. Ini Perbedaannya!

beda branding dan marketing

Perbedaaan Branding dengan Marketing

Bedanya branding dan brand terletak pada proses pembentukannya. Branding adalah proses membentuk identitas perusahaan, produk, maupun layanannya. Sementara brand adalah keseluruhan persepsi dan reputasi perusahaan. Lalu, apa bedanya branding dan marketing?

Sabar, Anda perlu memahami satu persatu mengenai branding, brand, dan juga marketing dari penjelasan di artikel ini. Yuk, baca sampai selesai.

Branding Adalah …

Branding merupakan istilah yang berasal dari kata bahasa Inggris, “brand” yang artinya merek. Pengertian branding adalah proses strategis yang melibatkan penciptaan, pengenalan, dan pengelolaan identitas unik yang membedakan suatu produk, layanan, maupun perusahaan dari pesaingnya.

Dalam prosesnya, branding meliputi kegiatan perencanaan hingga pelaksanaan menciptakan identitas merek yang konsisten. Misalnya, menetapkan elemen desain yang solid, seperti warna, logo, tipografi, penggunaan font, bahkan gaya komunikasi dalam penyampaian pesan.

Tujuannya tentu saja agar konsumen lebih mudah mengingat produk, layanan bisnis, bahkan segala sesuatu mengenai perusahaan yang melakukan branding tersebut.

Namun dalam praktiknya, branding sering disamakan dengan brand. Padahal kedua istilah ini berbeda lho. Lanjutkan membaca untuk tahu beda branding dan brand di bawah ini...

Beda Branding dan Brand

Branding berbeda dengan brand. Jika branding adalah proses membangun identitas suatu merek, maka brand adalah hasil dari branding, yaitu berupa persepsi, emosi, bahkan reputasi merek. Berikut penjelasannya:

Beda Branding dan Brand

Branding

Sederhananya, branding adalah proses menciptakan identitas suatu bisnis, baik untuk produk, layanan bisnis, maupun perusahaannya.

Branding mencakup berbagai elemen, seperti logo perusahaan, warna, tipografi, slogan, jingle, dan sebagainya.
Anda pasti pernah melihat iklan yang hanya menampilkan logo, kemudian Anda langsung tahu logo tersebut milik perusahaan yang mana, kan? Nah, menampilkan logo tersebut merupakan upaya membangun branding.

Brand

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, brand merupakan hasil dari branding. Brand adalah keseluruhan persepsi dan reputasi suatu perusahaan, produk, maupun layanan bisnis yang sudah dikenal masyarakat, hasil dari proses branding yang telah dilakukan.

Brand tidak sekadar logo atau representasi visual layaknya branding, namun merupakan hasil yang berwujud di mana ada perasaan, pemikiran, dan anggapan yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Mudahnya, coba Anda bayangkan perusahaan A dan perusahaan B. Apa yang muncul dalam pikiran dan perasaan Anda saat membayangkan kedua perusahaan tersebut?

Pastinya ada perasaan dan pemikiran khusus yang tertuju pada perusahaan tertentu yang membedakannya dengan perusahaan lain, kan? Nah, inilah hasil dari proses branding yang menciptakan brand image yang kuat di dalam benak konsumen.

Selain sering disamakan dengan brand, branding juga sering disamakan dengan marketing. Padahal keduanya jauh berbeda lho.

Beda Branding dan Marketing

Perbedaan Branding dan Marketing

Istilah branding dan marketing sering digunakan dalam penyebutan strategi pemasaran bisnis. Meskipun keduanya berbeda secara tujuan dan cara melakukannya, namun tetap masih saling berhubungan. Penjelasan berikut mengenai perbedaan branding dan marketing:

1. Branding

Branding adalah upaya mengenalkan produk, layanan bisnis, maupun perusahaan, yang berfokus untuk membangun reputasi atau nama baik perusahaan. Akhir dari upaya ini adalah mendapatkan dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Bagaimana cara melakukan branding? Anda bisa menggunakan berbagai media visual untuk menggambarkan image yang mau Anda ciptakan.

Misalnya dari pemilihan nama bisnis, pembuatan logo yang unik dan mudah diingat, slogan, maskot, penggunaan warna tertentu, dan lainnya. Semua ini nantinya menjadi identitas unik yang hanya dimiliki oleh perusahaan Anda.

Dengan adanya keunikan tersebut, konsumen jadi lebih mudah mengenali, bahkan mengingat produk bisnis yang Anda tawarkan saat mereka melihat logo, misalnya, atau ketika mereka membutuhkan suatu produk.

Jika diringkas, maka tujuan branding, antara lain:

  • Mengenalkan identitas suatu bisnis, terutama kalau bisnisnya masih baru dan belum dikenal masyarakat luas.
  • Menciptakan persepsi, rasa percaya, dan rasa cinta masyarakat terhadap brand yang Anda miliki.

Saat bisnis sudah dikenal, dipercaya, serta memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat, perusahaan Anda akan lebih mudah mendapatkan penjualan.

Nah, kalau Anda ingin bisnis jadi terkenal dan penjualan terus meningkat, lakukan investasi dalam bentuk membangun branding ini. Sebab, prospeknya akan membuat bisnis Anda akan semakin untung di masa depan.

Banner-ireap

2. Marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda sudah sepakat, kan, kalau branding tidak sama dengan marketing. Marketing berasal dari bahasa Inggris, yaitu “market” yang berarti pasar.

Pengertian marketing adalah kegiatan pemasaran untuk membentuk suatu ‘hubungan’ antara konsumen dan penjual.

Hubungan tersebut akan terbangun melalui pencitraan produk, penyampaian iklan dan promosi produk, atau melakukan penjualan produk secara langsung kepada target konsumen.

Tujuan utama dari marketing adalah mampu menjualkan produk bisnis agar banyak dibeli konsumen sehingga meningkatkan nilai penjualan dan keuntungan bisnis.

Dari penjelasan di atas sudah terlihat jelas bahwa branding tidak sama dengan marketing. Branding lebih berfokus pada proses membangun dan mengenalkan brand, sedangkan marketing lebih menekankan pada aspek market, yakni melakukan penjualan produk kepada target pasar.

Selain itu, perbedaan yang paling kentara antara branding dan marketing adalah jangka waktu pelaksanaan. Branding memerlukan waktu pelaksanaan yang cukup lama, sementara marketing dapat menghasilkan suatu tujuan bisnis dalam waktu yang relatif singkat.

Mengapa branding memerlukan waktu yang lama? Karena membangun suatu brand agar bisa dikenal oleh banyak orang merupakan hal yang tidak bisa dicapai dalam waktu singkat. Di sisi lain, kegiatan marketing bisa mencapai hasil cepat asalkan menerapkan strategi penjualan yang tepat. Misalnya dengan promo pembelian atau diskon khusus.

Nah, bagaimana, Anda sudah paham kan sekarang perbedaan antara branding, brand, dan marketing? Jika sudah, maka kenali juga apa itu promosi dengan membaca Promosi: Definisi, Bauran Promosi, dan Manfaatnya Bagi Bisnis.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos